Perbedaan WhatsApp dan Telegram yang Harus Diketahui

Ulasan perbedaan WhatsApp dan Telegram mulai mencuat akibat popularitas keduanya yang kian meningkat sehingga dipandang sebagai persaingan yang relevan.

Baik WhatsApp dan Telegram sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini akan coba diulas dalam artikel kali ini. Ada beberapa faktor yang akan diangkat, yaitu jumlah pengguna, keamanan privasi, serta beberapa fitur utama dari sebuah aplikasi messenger.

Perbedaan WhatsApp dan Telegram yang Harus Anda Ketahui

Meski WhatsApp dan Telegram terlihat sama secara fungsi, tapi keduanya memiliki sejumlah perbedaan. Berikut beberapa perbedaan WhatsApp dan Telegram yang harus Anda ketahui.

Jumlah Pengguna

Jumlah Pengguna

Secara popularitas mungkin WhatsApp masing lebih layak untuk disebut lebih populer. Alasannya adalah karena jumlah penggunanya yang masih jauh diatas Telegram, setidaknya hingga artikel ini ditayangkan.

Laporan tahunan 2020 tentang perbandingan pengguna media social messenger dari KataData menjelaskan bahwa pengguna aktif bulanan WhatsApp mencapai 2 miliar pengguna. Disisi lain, Telegram “hanya” memiliki 525 juta pengguna aktif bulanan.

Hal ini tentu tidak lepas dari popularitas induk dari WhatsApp yaitu Facebook. Ya, WhatsApp memang telah diakuisisi Facebook pada tahun 2014 lalu dan resmi berada dibawah naungan Facebook. Sebagai raksasa media sosial, Facebook tentu tahu bagaimana cara mengembangkannya.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Stalker Instagram Tanpa Aplikasi Terbaru

Telegram sendiri cenderung memiliki jalan yang lebih “terjal” dalam perkembangannya. Catatan merah dalam sejarah Telegram sering kali ditemukan seperti ketika mereka diblokir oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2017 lalu.

Adapun hal yang membuat Telegram seketika mampu bangkit adalah fiturnya yang cukup revolusioner untuk sebuah aplikasi messenger. Perbedaan WhatsApp dan Telegram dari segi fitur akan kita bahas pada bagian selanjutnya.

Keamanan Privasi

Keamanan Privasi

Perdebatan utama dari sebuah aplikasi messenger saat ini adalah bagaimana pengembangnya mampu menjaga keamanan privasi pengguna.
WhatsApp sempat membuat gempar public pasca mengumumkan akan membagikan data penggunanya secara lintas aplikasi, yaitu dari

WhatsApp ke induknya, Facebook. Ini membuat para penggunanya geram dan melencarkan aksi protes besar-besaran di media sosial.
Efek dari hal ini adalah munculnya aksi “boikot” terhadap WhatsApp karena dianggap membahayakan privasi dari penggunanya. Beberapa penggunanya pun diketahui mulai beralih ke aplikasi lain, salah satunya Telegram.

Memilih Telegram sebagai alternatif WhatsApp nyatanya bukan pilihan yang salah. Bila melihat dari aspek keamanan privasi pengguna, sistem enkripsi yang digunakan Telegram diketahui merupakan salah satu yang paling canggih dari sebuah aplikasi messenger.

Pesan Telegram diketahui sangat sulit untuk diakses oleh hacker sehingga kebocoran data penggunanya sangat jarang terjadi. Berbanding terbalik dengan WhatsApp yang beberapa kali didapati mengalami kebocoran privasi pengguna.

Bisa disimpulkan bahwa dari aspek keamanan data pengguna, Telegram jauh lebih unggul dari WhatsApp.

Fitur

Fitur

Poin perbedaan WhatsApp dan Telegram terakhir yang akan dibahas dalam artikel ini yaitu fiturnya. Baik WhatsApp maupun Telegram memiliki fitur unik masing-masing.

Baca Juga:  5 Rekomendasi DNS Tercepat dan Terbaik 2021

Grup

Baik WhatsApp maupun Telegram sama-sama memiliki fitur grup diaplikasinya. Namun perbedaannya terdapat pada jumlah maksimal anggota grup. Hingga saat ini, WhatsApp diketahui membatasi jumlah anggota grupnya hingga 256 anggota.

Untuk aspek ini rasanya Telegram unggul jauh dibandingkan WhatsApp, dimana anggota grupnya dapat terus bertambah hingga 200.000 anggota.

Kalau kamu membutuhkan sebuah grup untuk komunitas yang luas, jelas Telegram adalah pilihannya. Namun apabila ingin grup yang lebih kondusif, mungkin WhatsApp saja sudah cukup.

Selain jumlah anggota grup, keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan dari segi ini. Grup WhatsApp dan Telegram sama-sama dapat membagikan pesan, mention dan berbagi dokumen hingga stiker ke sesame anggota dalam ruang obrolan grup.

Bot

Tidak hanya unggul dalam segi jumlah anggota grup, Telegram juga menghadirkan fitur bot. Ini menjadi salah satu langkah revolusioner dari Telegram, dimana sangat jarang aplikasi sejenis memiliki fitur ini.

Mungkin masih banyak yang asing tentang fitur ini. Tidak masalah, kamu bisa membaca penjelasannya dalam artikel Apa Itu Bot Telegram.

Bot Telegram mampu dikembangkan untuk mengeksekusi suatu hal secara otomatis sehingga banyak dimanfaatkan untuk menciptakan aplikasi yang berguna untuk entertainment, edukasi hingga bisnis.

Belum ada kabar dari WhatsApp tentang bagaimana mereka merespon fitur Telegram satu ini. WhatsApp hingga saat ini belum memiliki fitur sejenis ataupun saingannya.

Baca Juga:  4 Aplikasi Belajar Bahasa Arab Terbaik 2021

Story

Meskipun terlihat tertinggal pada pembahasan dua fitur sebelumnya, bukan berarti WhatsApp tertinggal disegala aspek fitur dari Telegram. Salah satu fitur yang ada di WhatsApp tetapi tidak ada di Telegram adalah Story.

Ya, fitur ini mengadopsi gaya Instagram yang seperti apa yang kita ketahui pula merupakan salah satu anak dari Facebook. Nampaknya memang Facebook benar-benar coba mengembangkan aplikasi-aplikasinya secara selaras dari segi fitur karena Facebook sendiri juga memiliki fitur ini.

Video Call

Banyak yang mengeluhkan bahwa Telegram masih belum sebaik WhatsApp dari kemudahan video call nya. Fitur ini memang menjadi sangat penting di era sekarang ini. Baik urusan pekerjaan, pendidikan hingga kegiatan sehari-hari pun tidak lepas dari penggunaan video call.

Sayangnya Telegram memang masih belum memiliki “pakem” yang jelas dari fitur ini. Video call Telegram masih kurang memuaskan karena hanya terbatas pada 1 orang saja per panggilan.

Fitur video call ini memang diketahui baru diluncurkan Telegram pada 2020 lalu sehingga masih membutuhkan lebih banyak pengembangan.

Disisi lain, WhatsApp telah memiliki fitur video call yang jauh lebih stabil. Dikabarkan, WhatsApp telah menambah kapasitas panggilan hingga mencapai 8 orang pada setiap sesinya untuk semakin memanjakan pengguna.

Kesimpulan

Seperti itulah perbedaan WhatsApp dan Telegram, masing-masing memiliki kelebihan dan kurangan tersendiri. Semoga ini bisa jadi petimbangan mu dalam menggunakan kedua aplikasi ini ya.

Tinggalkan komentar