Wow! Ini Dia Agama Terbesar di Inggris yang Jarang Diketahui!

Agama Terbesar di Inggris yang Jarang Diketahui

Selamat datang para pembaca setia! Kita semua pasti sudah tahu bahwa di Inggris mayoritas penduduknya memeluk agama Kristen. Namun, tahukah kamu bahwa ada agama lain yang tak kalah besar dan jarang diketahui orang? Ya, agama Hindu ternyata menjadi agama terbesar kedua di Inggris! Tidak percaya? Yuk, simak artikel ini sampai tuntas!

Agama terbesar di Inggris

Agama-agama yang Dianut di Inggris

Inggris dikenal sebagai negara dengan penduduk yang beragam, termasuk dalam hal agama. Perbedaan agama dan kepercayaan yang beragam ini membuat Inggris menjadi negara yang kaya budaya dan toleran dalam hal penerimaan keberagaman. Beberapa agama yang dianut di Inggris meliputi Kristen, Islam, Hindu, Buddhisme, dan Yahudi.

Kristen

Kristen adalah agama terbesar di Inggris, dengan jumlah pengikut mencapai sekitar 42 juta orang. Mayoritas dari pengikut Kristen di Inggris tergabung dalam Gereja Inggris atau Church of England. Selain itu, ada juga Gereja Skotlandia dan Gereja Katolik Roma yang menjadi denominasi Kristen besar di Inggris. Adapun sejarah perkembangan Gereja Inggris di Inggris berawal dari masa pemerintahan Raja Henry VIII, yang melawan pihak Vatikan dan membentuk gereja sendiri pada tahun 1534. Sejak itu, Gereja Inggris menjadi denominasi Kristen terbesar dan resmi di Inggris yang diakui oleh pemerintah setempat.

Islam

Islam adalah agama terbesar kedua di Inggris, dengan jumlah pengikut mencapai sekitar 5 juta orang. Mayoritas pengikut Islam di Inggris berasal dari Asia Selatan, Timur Tengah, dan Afrika Utara. Sejarah masuknya Islam ke Inggris dimulai pada abad ke-18, ketika terjadi migrasi kaum Muslim dari wilayah India ke Inggris. Saat ini, ada sekitar 2.500 masjid dan tempat ibadah Muslim yang tersebar di seluruh Inggris. Selain itu, terdapat banyak organisasi Islam di Inggris, termasuk Muslim Council of Britain yang mewakili kepentingan umat Muslim di Inggris.

Hindu

Hindu merupakan agama ketiga terbesar di Inggris, dengan jumlah pengikut mencapai sekitar 841.000 orang. Mayoritas pengikut Hindu di Inggris berasal dari Gujarati diaspora, yang merupakan kelompok etnis terbesar di masyarakat Hindu Inggris. Meskipun demikian, terdapat banyak kelompok etnis dari Asia Selatan yang juga menganut agama Hindu di Inggris. Dalam perkembangannya, masyarakat Hindu di Inggris membentuk berbagai organisasi keagamaan, antara lain Hindu Council UK, yang berfungsi sebagai koordinator untuk masalah keagamaan dan sosial masyarakat Hindu di Inggris.

Buddhisme

Buddhisme merupakan agama keempat terbesar di Inggris, dengan jumlah pengikut mencapai sekitar 248.000 orang. Mayoritas pengikut Buddhisme di Inggris berasal dari Asia Timur, terutama Vietnam, Tiongkok, dan Korea. Di Inggris, terdapat banyak organisasi Buddhisme, termasuk Buddhist Society, yang didirikan pada tahun 1924 dan merupakan organisasi Buddha tertua di Inggris. Selain itu, organisasi lain yang aktif di Inggris adalah Aceh Buddhist Society, yang berfokus pada masyarakat Buddha Aceh di Inggris.

Yahudi

Yahudi merupakan agama kelima terbesar di Inggris dengan jumlah pengikut mencapai sekitar 263.000 orang. Mayoritas orang Yahudi di Inggris berasal dari Eropa, termasuk pengungsi Yahudi dari Perang Dunia II. Meskipun demikian, terdapat juga komunitas Yahudi yang berasal dari Timur Tengah dan Asia. Di Inggris terdapat banyak organisasi Yahudi, di antaranya adalah Board of Deputies of British Jews yang mewakili kepentingan umat Yahudi di Inggris.

Baca Juga:  Benarkah Nyepi Hanya untuk Agama Hindu? Temukan Faktanya di Sini!

Perkembangan Agama di Inggris

Penyebaran Agama-agama Baru

Di Inggris, beberapa agama baru mulai muncul dan menyebar seperti agama Sikh, Bahá’í, dan Scientology. Agama Sikh memiliki sekitar 500 ribu pengikut, sedangkan Bahá’í dan Scientology memiliki pengikut sekitar 5 ribu dan 25 ribu.

Agama Sikh sendiri berasal dari India dan mulai menyebar ke Inggris pada era kolonial pada abad ke-19. Seiring waktu, jumlah pengikut agama Sikh semakin bertambah dan kini mereka telah menjadi kelompok agama terbesar keempat di Inggris.

Sementara itu, agama Bahá’í dan Scientology mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Bahá’í adalah agama baru yang didirikan pada abad ke-19 di Persia dan memiliki ajaran tentang persatuan dan keharmonisan antar umat manusia. Sedangkan, Scientology adalah agama baru yang didirikan pada tahun 1954 di Amerika dan memiliki ajaran tentang manusia dan kemajuan spiritual.

Penurunan Pengikut Agama

Meskipun Kristen memiliki jumlah pengikut terbanyak, namun jumlah pengikut Kristen di Inggris mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan data terbaru, hanya sekitar setengah dari populasi Inggris yang mengidentifikasi diri sebagai Kristen.

Penurunan jumlah pengikut Kristen ini seiringan dengan meningkatnya jumlah penduduk non-Kristen, terutama Muslim dan Hindu. Islam saat ini menjadi agama kedua terbesar di Inggris dengan sekitar 5% dari keseluruhan populasi, sementara Hindu juga mengalami peningkatan jumlah pengikut dalam beberapa tahun belakangan.

Kontroversi dan Tantangan

Agama di Inggris juga menghadapi berbagai kontroversi dan tantangan, seperti isu Islamophobia dan diskriminasi terhadap agama minoritas. Beberapa kebijakan pemerintah Inggris, seperti larangan penggunaan jilbab di sekolah-sekolah dan kebijakan imigrasi yang ketat juga menjadi kontroversial bagi umat Muslim di Inggris.

Namun, pemerintah Inggris terus berupaya untuk memperkuat keberagaman dan toleransi antar agama. Pada tahun 2010, diadakanlah pertemuan antar agama di negara ini dengan tujuan untuk memperkuat hubungan antar pemeluk agama. Selain itu, pemerintah Inggris juga memperkenalkan kebijakan toleransi yang bertujuan untuk mengatasi isu-isu yang berhubungan dengan agama di dalam masyarakat.

Agama-agama Terbesar di Inggris

Inggris menjadi rumah bagi beragam agama, termasuk agama-agama besar dunia seperti Kristen, Islam, Hindu, dan Buddha. Setiap agama memiliki sejarah dan pengikutnya sendiri. Berikut adalah beberapa agama terbesar di Inggris:

Kristen

Kristen merupakan agama terbesar di Inggris, dengan sekitar 33 juta orang mengidentifikasi diri sebagai Kristen. Gereja Inggris menjadi gereja nasional Inggris dan gereja utama di Komuni Anglikan, dengan kepala gereja yang juga merupakan kepala negara Inggris. Gereja ini berasal dari Reformasi Inggris pada abad ke-16 dan meliputi denominasi-denominasi seperti Gereja Metodis, Baptis, dan Katolik Roma.

Islam

Islam menjadi agama kedua terbesar di Inggris, dengan sekitar 3 juta orang mengidentifikasi diri sebagai muslim. Sebagian besar muslim di Inggris berasal dari Asia Selatan, termasuk Pakistan, India, dan Bangladesh. Inggris memiliki sejarah panjang dengan Islam, dengan kontak awal antara Inggris dan dunia Muslim dimulai pada zaman kekhalifahan Islam di Andalusia.

Hindu

Hindu menjadi agama ketiga terbesar di Inggris, dengan sekitar 800.000 orang mengidentifikasi diri sebagai Hindu. Sebagian besar komunitas Hindu di Inggris berasal dari India, terutama dari Gujarat dan Punjab. Hinduisme memiliki sejarah panjang di Inggris, dengan adanya pengaruh kebudayaan India pada abad ke-19 dan abad ke-20, serta pertumbuhan populasi imigran India selama era pasca-perang dunia kedua.

Baca Juga:  Rasull memliki sifat fatonah yang artinya

Buddha

Buddha menjadi agama keempat terbesar di Inggris, dengan sekitar 150.000 orang mengidentifikasi diri sebagai pengikut Buddha atau Buddhisme. Buddhisme datang ke Inggris pada awal abad ke-20 melalui kontak dengan Asia Tenggara dan India. Saat ini, Buddha menjadi bagian penting dari kehidupan spiritual dan persoalan sosial di Inggris, dengan berbagai kegiatan seperti meditasi, koor di gereja, dan pengajaran berbagai tradisi agama Buddha.

Akurasi Data Agama di Inggris

Mengetahui data akurasi agama di Inggris menjadi hal yang penting untuk menentukan kebijakan pemerintah dalam mengelola keberagaman agama. Namun, tidak semua data statistik memberikan gambaran yang akurat. Hal ini karena beberapa orang mungkin tidak mengidentifikasi diri sebagai penganut agama tertentu dalam survei atau pendataan

Survei terbaru menunjukkan bahwa sekitar seperempat dari populasi Inggris tidak memiliki afiliasi agama, sementara seperlima adalah Kristen dan sekitar 5 persen dari populasi adalah muslim. Namun, penggunaan kepingan data yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda pula. Ada banyak contoh di mana ketidakakuratan data dapat membingungkan pemahaman tentang komposisi agama Inggris.

Dampak Agama Terbesar di Inggris pada Budaya dan Masyarakat

Agama memainkan peran penting dalam membentuk budaya dan masyarakat Inggris. Berbagai agama terbesar di Inggris memiliki pengaruh yang kuat dalam sejarah, tradisi, dan kehidupan sehari-hari orang Inggris. Gereja Inggris sebagai agama terbesar telah membentuk institusi penting seperti sistem pendidikan dan perawatan kesehatan, sementara agama Islam dan Hindu menghadapi tantangan dan perselisihan dalam media dan politik.

Keanekaragaman agama di Inggris memperkaya budaya dan masyarakat. Interaksi antar agama cenderung harmonis dan saling menghormati, dengan banyak kontribusi positif dari masyarakat agama terbesar di Inggris pada ekonomi, seni, dan sektor lainnya. Kondisi ini menunjukkan bahwa inklusivitas dan toleransi dalam mengelola keberagaman sangat penting untuk menjaga hubungan harmonis dalam kelompok masyarakat yang beragam.

Akhir Kata

Agama-agama terbesar di Inggris mencerminkan keanekaragaman agama dan toleransi di masyarakat Inggris. Kristenisasi mengambil tempat utama di Inggris, sementara muslim, Hindu, dan Buddha juga memiliki pengaruh signifikan. Survei agama di Inggris memusatkan perhatian pada bagaimana agama mempengaruhi kehidupan sosial dan budaya. Keanekaragaman agama dalam masyarakat Inggris melahirkan harmonisasi di antara kelompok agama dan tidak terjadi diskriminasi di antara mereka.

Wow, ternyata agama Islam juga menjadi agama terbesar di Inggris! Siapa sangka ya? Padahal kita selalu mendengar tentang Gereja Inggris atau Church of England. Ternyata, ada fakta menarik yang jarang diketahui oleh masyarakat luas. Makanya, penting banget untuk selalu mengasah pengetahuan dan wawasan kita tentang sesuatu, termasuk agama. Jangan terpaku pada anggapan atau stereotip tertentu saja.

Jadi, yuk kita tetap berusaha untuk belajar dan membuka diri untuk selalu mendapatkan informasi yang baru dan bermanfaat. Siapa tahu, dengan lebih memahami tentang agama, kita bisa lebih toleran dan saling menghargai satu sama lain sebagai sesama manusia. Asik kan, kalau kita bisa hidup berdampingan dengan damai, meski beda agama atau latar belakang. So, keep learning and keep spreading the love!

Search!