Cara Menentukan Nama Merek Dagang

Membuat nama merek dagang sebelum daftar merek dagang tentunya merupakan proses yang membutuhkan pertimbangan yang tinggi, matang, dan melelahkan. Untuk jalur aman dan cepat, biasanya nama perusahaan penuh dengan doa dan harapan.

Hal ini membuat perusahaan anda menonjol dari yang lain dan mencuri perhatian konsumen. Ingat, nama perusahaan tidak selalu harus menggunakan kata-kata yang keren, cukup gunakan kata-kata yang tepat.

Menentukan Nama Merek Sebelum Daftar Merek Dagang

Tentukan Target Pasar

Memilih nama merek bukan tentang menjadi keren. anda juga harus memikirkan bagaimana respon audiens terhadap brand yang akan mereka gunakan nantinya. Jika audiensnya adalah kalangan menengah ke atas, brand name yang anda pilih tentunya harus terlihat eksklusif. Bisa juga menggunakan istilah dari luar negeri.

Mencerminkan Produk yang Ditawarkan

Mencerminkan produk yang ditawarkan berarti nama brand bisnis anda harus sinkron dengan produk yang ditawarkan. Namun jika anda ingin berkreasi, ada beberapa alternatif dan variasi yang bisa anda coba.

Membuat Nama Merek Yang Mengesankan

Membuat nama merek harus memikirkan kemudahan nama untuk diingat. Karena dengan nama yang mudah diingat, produk anda selalu menjadi pilihan konsumen saat mencari produk terkait.

Untuk memilih nama merek yang mudah diingat, anda bisa melakukannya dengan mencari kata-kata sederhana yang ramah masyarakat. Atau anda bisa mencari kata-kata yang biasa diucapkan oleh masyarakat.

Nama Merek Mudah Diucapkan

Selain terdiri dari maksimal 3 suku kata, nama merek yang anda buat harus mudah diucapkan. Coba sebutkan nama merek yang telah anda pilih dengan lantang, jika sudah jelas maka anda bisa menerapkan nama merek tersebut.

Jika logo merek anda mengandung unsur pesan yang kuat terhadap nama merek, maka merek anda akan lebih cepat diingat oleh audiens atau konsumen anda. Cari nama brand yang bisa disisipkan ke dalam logo yang ingin digunakan, buatlah logo yang mengandung kekuatan brand anda.

Memiliki Keunikan Sendiri

Agar bisnis anda memiliki citra tersendiri, pastikan nama merek yang anda pilih unik dan berbeda dari yang lain. Atau anda dapat membuat nama merek yang menonjol dari pesaing anda. Nama yang berbeda dan unik akan membuat konsumen dan audiens penasaran dengan produk atau jasa yang anda tawarkan dan kemudian menjadi pelanggan setia bisnis anda.

Periksa Nama Merek Di Mesin Pencari

Untuk menghindari nama merek yang sama, sekarang tersedia mesin pencari yang sangat canggih. Silakan periksa nama melalui mesin pencari Google. Masukkan kata kunci dengan mengetikkan nama merek anda. Google akan segera menampilkan data pencarian yang anda butuhkan.

Coba Satu Kata

Sudah dijelaskan di atas, tentu saja perusahaan teknologi raksasa atau perusahaan besar lainnya, memiliki merek yang hanya terdiri dari satu kata. Pertimbangkan juga kapan pelanggan atau pengguna anda berniat untuk mencari produk anda secara online. Jika namanya terlalu panjang, mereka akan malas mencarinya.

Temukan Sesuatu Yang Berbeda

Jangan menggunakan nama yang kelihatannya atau bahkan mengandung kata produk atau merek perusahaan lain. Ketika anda menggunakan kata yang sama atau mirip, tentu orang akan mengingat merek yang sudah ada lebih lama dari milik anda.

Jika anda membutuhkan jasa konsultasi daftar merek dagang terpercaya dan berpengalaman, anda bisa menghubungi Jasa Konsultan Merek Patendo.

Tinggalkan komentar