Keuntungan Menggunakan Payroll Outsourcing yang Harus Anda Tahu

Mungkin belum banyak dari Anda yang tahu apa itu Payroll Outsourcing. Secara pengertiannya sama seperti bahwa software payroll yang berfungsi membantu perusahaan mengelola proses penggajian.

Hanya saja yang membedakannya adalah payroll outsourcing merupakan menjual layanan yang disediakan oleh perusahaan penyedia jasa. Proses penggajian yang biasanya dilakukan oleh HRD maupun atasan perusahaan diambil oleh pihak bank tempat perusahaan penyedia jasa bekerja sama.

Di sini peran bank hanyalah sebagai asisten perusahaan yang mengurus pembayaran gaji karyawannya. Pihak bank akan mencatat beberapa informasi penting mengenai data pegawai dan jumlah gajinya setelah adanya perjanjian oleh kedua belah pihak (perusahaan dan bank).

Biasanya perusahaan yang membutuhkan jasa payroll outsourcing atau payroll service adalah perusahaan yang memiliki jumlah karyawan banyak, terlebih dengan nominal gaji yang berbeda-beda. Biasanya pihak yang menggunakan jasa ini adalah perusahaan besar yang sudah berskala nasional maupun multinasional, tetapi tak sedikit juga usaha kecil menengah (UKM) yang menggunakannya.

Manfaat Payroll Outsourcing

Female accountant calculate taxes. Business woman using calcualtor.
Female accountant calculate taxes. Business woman using calcualtor on table with money and business documents. Business analysis, investment and finance concept.

Bagi perusahaan yang menggunakan jasa payroll outsourcing tentu mendapat manfaat yang benar-benar langsung dirasakan, yaitu pembayaran gaji yang akurat kepada setiap karyawan. Padahal pembayaran gaji di setiap perusahaan pastinya berbeda-beda, ditambah penghitungan komponen gaji yang membuat cukup repot HRD. Mulai dari gaji pokok, gaji lembur, uang transportasi, uang makan, tunjangan hari raya, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Anak Indonesia Sehat untuk Masa Depan Bangsa Indonesia

Adanya payroll outsourcing ini, perusahaan tentu sangat terbantu kerjanya. Manajer tidak perlu lagi repot-repot merekap data kehadiran untuk menghitung nominal gaji, mencatat waktu dan tanggal pembayaran, serta melakukan transfer kepada masing-masing karyawan satu per satu yang pastinya memakan waktu.

Tak hanya itu, dengan menggunakan jasa ini akan memangkas tugas divisi keuangan perusahaan untuk mencatat pengeluaran, sehingga kinerjanya jadi lebih produktif.

Keuntungan Payroll Outsourcing

Jika Anda menggunakan payroll outsourcing, Anda akan mendapatkan keuntungan yang segudang. Tak heran jika banyak perusahaan besar hingga UKM yang melirik jasa ini karena proses penghitungannya yang menggunakan sistem sehingga kesalahan akibat human error bisa dicegah.

Adapun keuntungan lainnya dari penggunaan payroll outsourcing berikut ini:

1.   Perhitungan dan Pembayaran Gaji Secara Otomatis

Seluruh jasa payroll outsourcing dilakukan oleh sistem yang sudah pasti teruji. Oleh karena itu, perusahaan tidak perlu lagi khawatir akan terjadi kesalahan dalam menghitung gaji yang sebelumnya sudah ditentukan.

Secara keseluruhan, jasa payroll outsourcing akan membantu dalam menghitung gaji bersih setelah dikurangi pajak, pembayaran BPJS, asuransi, penghitungan pajak masing-masing karyawan, dan biaya-biaya lainnya. Selain itu, pembayarannya dapat dilakukan secara otomatis sehingga tidak perlu repot lagi mentransfer ke karyawan satu per satu.

2.   Menyesuaikan dengan Kebutuhan Perusahaan

Sebelum Anda menjalin kerja sama, pihak penyedia jasa payroll outsourcing akan meminta informasi dan gaji dari masing-masing karyawan, serta meminta ketentuan dari perusahaan. Dengan begitu, seluruh sistem yang akan dijalankan sudah disesuaikan dengan perusahaan yang membayar.

3.   Karyawan Bisa Ikut Memantau

Payroll outsourcing juga memiliki fitur berupa aplikasi yang bisa digunakan oleh karyawan untuk memantau proses penghitungan gaji. Adanya transparansi dan penghitungan yang jelas membuat karyawan bisa melihat sendiri informasi dengan jelas mengenai jumlah gaji, potongan, bonus, waktu kerja, pajak, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  4 Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Paling Efektif

4.   Data dan Informasi Terjaga dengan Aman

Satu hal yang sangat berisiko dari penggunaan layanan jasa adalah keamanan data. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena seluruh informasi yang diberikan kepada pihak penyedia jasa payroll sifatnya rahasia dan keamanannya terjaga. Penyedia jasa outsourcing akan melindungi data dan informasi karyawan dan gaji.

5.   Rekap Data Absensi Lebih Mudah

Rata-rata komponen gaji yang dibayarkan di perusahaan berdasarkan pada data kehadiran karyawan. Maka dari itu Anda harus memeriksa jumlah kehadiran, cuti, sakit, dan cuti karyawan. Dengan payroll outsourcing, semua itu sudah bisa dilakukan secara digitalisasi karena menggunakan sistem HR yang terpusat.

6.   Sudah Termasuk Perhitungan Lembur, Bonus, dan Insentif

Ketiga hal tersebut sudah pasti banyak dinanti karyawan dalam bentuk remunerasi karena bisa menambah jumlah take home pay yang diterima. Software payroll yang terintegrasi dengan sistem kehadiran akan memudahkan divisi keuangan perusahaan untuk menghitung upah lembur karyawan setiap bulan.

Deretan keuntungan yang disebutkan di atas akan bakal Anda temukan di payroll outsourcing LinovHR. Proses payroll system yang dari LinovHR sudah terintegrasi dengan sistem kehadiran sehingga memudahkan proses penghitungan gaji sampai proses pembuatan laporan pajaknya.

Baca juga: Contoh Surat Perjanjian Hutang

Persoalan pajak karyawan pun dapat Anda percayakan kepada LinovHR karena payroll outsourcing yang ditawarkan tidak hanya sekedar masalah penggajian tetapi bisa juga sebagai konsultan pajak karyawan yang termasuk dalam komponen gaji.

Tunggu apa lagi? Kunjungi situs LinovHR dan jadwalkan demonya, gratis! Kebetulan nih LinovHR sedang ada promo bagi pelanggan baru, Anda akan mendapatkan gratis aplikasi karyawan (ESS) selama 6 bulan.