5 Chord Gitar Beda Agama yang Lagi Viral

5 Chord Gitar Beda Agama yang Lagi Viral

Salam hangat, para pembaca setia! Musik merupakan salah satu bentuk seni yang dapat membawa kita kepada perasaan dan emosi tertentu. Hal tersebutlah yang membuat musik menjadi begitu penting dalam kehidupan sehari-hari. Belakangan ini, muncul sebuah tren yaitu musik yang diiringi dengan 5 chord gitar beda agama. Tentu saja, hal ini menarik perhatian masyarakat, terutama di Indonesia yang memiliki banyak sekali ragam agama. Simak daftar 5 chord gitar beda agama yang lagi viral!

Chord Gitar Beda Agama

Chord gitar adalah rangkaian nada musik yang dimainkan dengan ketukan jari pada senar gitar. Saat bermain musik, masing-masing agama mempunyai pandangan yang berbeda mengenai penggunaan instrumen musik tersebut. Namun, pada kenyataannya, pemusik dari agama yang berbeda-beda juga bertemu dan saling memahami untuk menghasilkan musik yang indah.

Perbedaan Agama Dalam Musik

Ada beberapa perbedaan keyakinan religi dalam musik, misalnya dalam agama Islam yang menganggap musik bercitarasa duniawi sehingga dilarang oleh sebagian umatnya. Sementara agama Kristen atau Katolik memandang musik sebagai ungkapan syukur dan puji-pujian kepada Tuhan. Namun, di Indonesia, meskipun terdapat perbedaan keyakinan dalam memainkan musik, namun musisi dari berbagai agama tetap bersatu dalam menghasilkan karya lagu yang indah dan menyentuh hati.

Hal ini terbukti dengan adanya lagu-lagu yang diciptakan oleh para musisi Indonesia dari berbagai latar belakang agama. Contohnya lagu “Selamat Ulang Tahun” yang diciptakan oleh Chrisye, seorang pemeluk agama Kristen, dan “Isyana Tetap Dalam Jiwa” yang ditulis oleh seorang penyanyi Muslim, Isyana Sarasvati.

Cara Membuat Chord Gitar Beda Agama

Untuk membuat chord gitar yang beda agama, kita dapat memodifikasi chord dasar dengan menambahkan chord susunan tertentu. Pada umumnya, chord gitar dasar terdiri dari senar yang dimainkan sesuai dengan nada yang diinginkan dan dinyatakan dengan huruf C, D, E, F, G, A, hingga B.

Untuk membuat chord gitar yang beda agama, kita perlu menambahkan akor tertentu yang sesuai dengan pola nada lagu dan kepercayaan agama yang ingin ditampilkan. Misalnya pada lagu-lagu rohani Kristen, kita dapat menambahkan akor minor atau major pada chord dasar yang digunakan. Contoh akor yang dapat digunakan adalah C/D, D/F#, atau Gsus.

Baca Juga:  Sholat wajib yang dilakukan setelah magrib adalah...

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat chord gitar beda agama adalah melihat komposisi lagu dan pesan yang ingin disampaikan dalam lagu tersebut. Dengan menggunakan chord gitar yang tepat, lagu dapat menghasilkan suara yang indah dan bermakna.

Dalam kesimpulannya, perbedaan agama dalam musik tidak menghalangi para pemusik untuk berkolaborasi dalam menghasilkan musik yang indah. Penambahan chord gitar beda agama dapat menambah kekayaan nada musik dan bermakna dalam menghasilkan musik yang mempersatukan perbedaan agama.

Contoh Chord Gitar Beda Agama dalam Lagu Religi Indonesia

Lagu religi di Indonesia seringkali mencampurkan berbagai unsur keagamaan dalam lirik dan musiknya. Hal ini tidak hanya berlaku bagi musisi muslim, tetapi juga yang berasal dari agama lain. Meskipun demikian, chord gitar beda agama dalam lagu religi Indonesia dapat menjadi tantangan bagi pemain gitar yang ingin memainkan lagu-lagu tersebut dengan baik. Berikut ini adalah beberapa contoh chord gitar beda agama dalam lagu religi Indonesia beserta cara mengubahnya menjadi chord gitar biasa yang lebih mudah dimainkan.

Lagu Opick – Tombo Ati

Lagu Tombo Ati merupakan salah satu lagu religi yang begitu populer di Indonesia. Lagu ini diciptakan oleh Opick, seorang musisi muslim terkenal. Chord gitar beda agama dalam lagu Tombo Ati terletak pada bagian dari Iqomah:

[Iqomah]

Dm F

Syu-ra-ta

Dm F

Ro-bi-ka-bi

Bb C

Khoiril-ba-ri-ya

Bb C

Wa Was-sol-laa

Untuk mengubah chord gitar beda agama dalam lagu Tombo Ati menjadi chord gitar biasa yang lebih mudah dimainkan, kita dapat mengikuti cara berikut ini:

[Iqomah]

Dm F

Syu-ra-ta

Dm F

Ro-bi-ka-bi

Bb C

Khoiril-ba-ri-ya

Bb C

Wa Was-sol-laa

Sedikit perubahan pada chord Gm menjadi F dapat membuat chord gitar beda agama dalam lagu Tombo Ati menjadi chord gitar biasa yang lebih mudah dimainkan.

Lagu Haddad Alwi – Marhaban Ya Ramadhan

Lagu Marhaban Ya Ramadhan merupakan lagu religi yang dinyanyikan oleh Haddad Alwi, seorang musisi muslim di Indonesia. Chord gitar beda agama dalam lagu ini terletak pada bagian dari tanda tangan musik:

Baca Juga: 

[Intro]

C —G—Am—C

C —G—F—Dm7

Untuk mengubah chord gitar beda agama dalam lagu Marhaban Ya Ramadhan menjadi chord gitar biasa yang lebih mudah dimainkan, kita dapat mengikuti cara berikut ini:

[Intro]

C —G—Am—F

C —G—F—Dm7

Dengan mengubah chord Am menjadi F, maka chord gitar beda agama dalam lagu Marhaban Ya Ramadhan bisa menjadi chord gitar biasa yang lebih mudah dimainkan.

Lagu Maher Zain – Ramadan

Lagu Ramadan merupakan lagu religi yang sangat terkenal dan dinyanyikan oleh Maher Zain, seorang musisi muslim Swedia. Chord gitar beda agama dalam lagu ini terletak pada bagian dari verse:

[Verse]

Dm G

You lift me up high

C F

You spread my wings

Dm G

And fly me to the sky

C F

I feel so alive

Untuk mengubah chord gitar beda agama dalam lagu Ramadan menjadi chord gitar biasa yang lebih mudah dimainkan, kita dapat mengikuti cara berikut:

[Verse]

Dm G

You lift me up high

C F

You spread my wings

Dm G

And fly me to the sky

C F

I feel so alive

Cara mengubahnya adalah dengan mengubah chord Dm menjadi Gm. Hal ini membuat lagu Ramadan bisa dimainkan dengan mudah.

Demikianlah beberapa contoh chord gitar beda agama dalam lagu religi Indonesia beserta cara mengubahnya menjadi chord gitar biasa yang lebih mudah dimainkan. Kita bisa memainkan lagu-lagu ini dengan mudah asalkan kita mengikuti cara-cara di atas.

Jadi, itulah dia lima chord gitar beda agama yang lagi viral di kalangan netizen. Selain bisa membuat kita bergembira dengan musik dan mempelajari banyak hal di dalamnya, lagu-lagu ini juga mengajarkan kita untuk saling menghargai perbedaan antaragama. Mari kita terus dukung keberagaman dan perbedaan dalam masyarakat kita dengan menghormati dan memahami satu sama lain.

Jangan lupa untuk terus mencari tahu dan belajar chord-chord gitar baru agar kita bisa terus tumbuh sebagai pemain musik yang lebih baik. Dan jangan takut untuk mencoba memainkan lagu-lagu beda agama lainnya, siapa tahu kita juga bisa menemukan lagu baru yang bisa menginspirasi kita.

Jangan lupa untuk selalu menyebarkan semangat positif dan menghargai perbedaan!