Kenali 6 Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Mesin cuci merupakan salah satu alat elektronik yang sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga yaitu mencuci pakaian. Biasanya bagian mesin pengering akan menjadi bagian yang sering digunakan untuk mengeringkan pakaian. Namun seringkali bagian ini menjadi tidak berfungsi. Anda harus mengetahui penyebab pengering mesin cuci tidak berputar.

Seringkali pemakaian menjadi salah satu faktor penyebab utama yang paling sering menyebabkan bagian tersebut tidak berfungsi. Salah satu bagian yang paling sering diandalkan dari jenis mesin ini ialah bagian pengering karena bisa mempercepat proses penjemuran pakaian sehingga pakaian lebih cepat kering.

Jika sudah tidak berfungsi maka Anda akan lebih lama lagi untuk bisa mengeringkan pakaian secara langsung di bawah terik matahari. Jika hal ini sudah terjadi di tentu pekerjaan Anda akan bertambah dan pekerjaan sebelumnya tidak akan selesai dengan baik. Sebagai ibu rumah tangga hal ini tentu sangat menjengkelkan terlebih jika beberapa pakaian akan digunakan kembali.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Jika hal ini terjadi maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah jangan panik. Selanjutnya ketahui penyebab pengering mesin cuci tidak berputar karena mungkin saja masalahnya cukup sepele sehingga tak perlu pergi ke tempat service. Beberapa hal berikut ini seringkali menjadi penyebab dari bagian pengering tidak berfungsi dan perlu Anda ketahui.

Tutupnya Tidak Tertutup dengan Baik

Hal pertama yang membuat bagian pengering tidak berfungsi ialah dikarenakan tutupnya tidak menutup dengan sempurna. Hal ini untuk sangat sepele namun seringkali tidak disadari oleh setiap pemilik mesin cuci. Beberapa model mesin cuci di desain dengan bagian pintu yang harus tertutup dengan baik untuk bisa berfungsi.

Selain itu, Anda juga harus memeriksa disekitar bagian tutup atau pintunya karena bisa jadi terdapat kotoran atau benda-benda kecil yang menghalanginya. Hal ini juga bisa menjadi penyebab pengering mesin cuci tidak berputar akibat menghalangi bagian tutup untuk bisa menutupi dengan baik.

Kabel Mesin Cuci Putus

Penyebab berikutnya biasanya dikarenakan kabelnya ada yang terputus. Anda tentu sudah mengetahui jika hama berupa tikus yang sering berkeliaran di dalam rumah juga bisa merusak mesin cuci terutama pada bagian kabel. Tikus seringkali masuk ke dalam area mesin kemudian menggigit dan memutuskan kabel di sekitarnya.

Untuk hal ini Anda bisa memeriksa dengan membuka bagian penutup belakang kemudian memeriksa keadaan kabel apakah ada yang terputus atau tidak. Jika memang terdapat kabel yang terputus untuk memperbaikinya Anda harus menggunakan jasa service. untuk bisa mengetahui penyebab pengering mesin cuci tidak berputar seperti ini Anda harus memutuskan aliran listriknya terlebih dahulu.

Kapasitas Berlebihan

Pakaian yang ingin dicuci atau dikeringkan pastikan tidak terlalu penuh sehingga melebihi kapasitas maksimal dari ruang mesin. Hal ini sering menyebabkan mesin tersebut tidak berfungsi khususnya pada bagian pengering yang tidak akan berputar. Sesekali mungkin bisa berjalan namun hasilnya tidak akan maksimal atau bahkan beberapa diantaranya akan terlempar kesana kemari.

Agar tidak menjadi penyebab pengering mesin cuci tidak berputar maka masukkanlah pakaian maksimal hingga 3/4 dari luas tempat pengeringan. Pastikan penyimpanannya sudah benar dan tidak terlalu dipaksakan agar mesin bisa berfungsi dengan baik. Jika kapasitasnya terlalu penuh maka mesin sulit berputar karena kelebihan beratnya.

Ventilasi Tersumbat

Mesin pengering akan bekerja dengan bantuan ventilasi yang ada di dalamnya. Jika bagian ini tersumbat maka pakaian akan sulit kering bahkan pengering tidak berfungsi sama sekali. Periksa apakah bagian mesin sudah cukup panas namun hasilnya tidak begitu kering maka ada masalah di bagian ventilasi.

Jika hal ini terjadi maka segeralah perbaiki agar tidak menimbulkan kan suhu panas yang berlebihan pada mesin. Jika hal ini terjadi lama-kelamaan mesin bisa terbakar dan tak jarang menimbulkan kebakaran besar. Proses pengeringan akan mengeluarkan udara di sekitarnya sehingga ventilasi harus tetap berjalan dengan baik.

Dinamo Rusak atau Terbakar

Penyebab pengering mesin cuci tidak berputar berikutnya bisa dikarenakan dinamo yang rusak ataupun sudah terbakar. Bagian ini merupakan penggerak utama dari mesin cuci serta pengeringnya sehingga jika terdapat kerusakan otomatis mesin tidak dapat berjalan. Kondisi dinamo yang rusak pada dasarnya bisa dikarenakan tetesan air secara terus menerus.

Jika hal ini terus terjadi maka dinamo bisa korslet yang pada akhirnya menjadi rusak dan terbakar. Jika hal ini sudah terjadi baik mesin pengering maupun tempat untuk mencucinya tidak dapat Anda gunakan sama sekali. Anda bisa memanggil tukang service untuk bisa mengganti dinamo dengan yang baru.

Timer Pengering Rusak

Bagian lain yang cukup mempengaruhi bagian pengering mesin cuci ialah bagian timer. Jika bagian ini rusak akibat pegas yang sudah aus maka bagian pengering tidak akan berfungsi. Ganti dengan timer yang baru agar bisa digunakan untuk menentukan durasi lamanya pengeringan pakaian.

Penutup

Jadi itulah penyebab pengering mesin cuci tidak berputar. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menyelesaikan permasalahan mesin cuci tersebut.

Tinggalkan komentar