Mudah, Inilah Strategi Berjualan di Marketplace Agar Laris Manis

Para pelaku usaha di era sekarang ini nampaknya tidak memerlukan wujud fisik toko untuk berjualan, karena sudah didukung dengan perkembangan teknologi untuk dapat berjualan secara online. Apalagi jika ingin melakukan pemasaran produk secara lebih luas ke berbagai penjuru, maka dengan berjualan online merupakan solusi yang sangat tepat.

Masifnya perkembangan dan pengguna platform bisnis online, dimana hal tersebut mengakibatkan semakin banyak pula platform yang tercipta untuk melakukan kegiatan jual-beli online, platform tersebut yaitu marketplace.

Strategi Berjualan di Marketplace Agar Laris Manis

Adanya marketplace memberikan berbagai macam kemudahan serta keuntungan bagi pelaku usaha. Namun, tentunya dibutuhkan strategi yang tepat juga agar dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal. Oleh karena itu, berikut terdapat beberapa tips jualan online melalui marketplace yang dapat anda jadikan referensi.

Mengetahui Trend Produk di Pasaran

Mengetahui Trend Produk di Pasaran

Sebelum memutuskan berjualan suatu produk melalui marketplace, sebaiknya anda mencari tahu informasi lebih dahulu berkaitan dengan produk apa yang sedang trend di pasaran. Anda dapat melakukan riset pasar terlebih dahulu baik melalui media sosial maupun media lainnya. Anda dapat mencari produk untuk dijual yaitu yang banyak diminati oleh masyarakat, namun masih sulit ditemukan.

Riset pasar menjadi hal utama yang wajib dilakukan jika ingin memulai membangun sebuah bisnis khususnya di marketplace. Dengan mengetahui trend dan kebutuhan pasar maka akan memudahkan Anda dalam menentukan produk terbaik yang sekiranya berpeluang besar laku di pasaran.

Memahami Target Pasar Produk

Setelah menentukan produk yang ingin dijual, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu mencari dan memahami dengan baik apa sih target pasar untuk produk anda? Apakah untuk wanita atau pria? Atau untuk anak-anak dan remaja? Dan lain sebagainya.

Memahami target pasar harus dilakukan secara spesifik, sehingga anda dapat menjangkau banyak orang yang memang masuk ke dalam kategori target pasar anda.

Baca Juga: 4 Faktor yang Memengaruhi Customer Satisfaction

Menentukan Harga yang Tepat dan Sesuai

Selain berpikir untuk mendapatkan keuntungan besar, anda juga harus memikirkan strategi untuk menentukan harga jual produk agar dapat bersaing dengan produk lainnya. anda dapat menggunakan beberapa teknik penentuan harga seperti cross selling dan lose-leader.

Ciptakan Strategi Pemasaran Inovatif (Good Marketing)

Strategi pemasaran yang baik dapat berdampak secara langsung terhadap peningkatan penjualan. Hal yang dapat anda lakukan yaitu dengan membangun citra merek menggunakan bentuk-bentuk visual, gambar, informasi, dan deskripsi yang anda cantumkan di toko, sosial media, blog atau lainnya sebagai sarana pemasaran.

Manfaatkan sosial media untuk upload konten-konten menarik sehingga produk Anda pun akan semakin dikenal oleh banyak orang, menjadikan bisnis online Anda lebih menguntungkan. Namun Pastikan konten yang Anda buat relevan, bermanfaat, dan penting untuk calon konsumen Anda,

Membangun Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan

Usahakan selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan untuk para konsumen, karena konsumen adalah raja. Hal yang dapat anda lakukan salah satunya dengan melakukan interaksi yang baik dengan konsumen melalui memberikan respon yang baik, ramah dan cepat atau fast respon. Ini merupakan tips jualan online yang sangat sederhana, namun sebetulnya sangatlah penting dilakukan.

Ketahui Kekuatan Pesaing Anda

Dalam dunia marketplace, tentu Anda akan menemukan berbagai pesaing yang mungkin menjual produk yang serupa. Bahkan jumlah pesaing yang akan Anda hadapi tidak hanya satu orang bahkan ratusan orang.

Salah satu strategi agar produk yang Anda jual lebih unggul dari para pesaing adalah memahami kekuatan para pesaing dan bandingkan dengan toko online Anda. Dalam strategi pemasaran, mempelajari dan belajar dari pesaing adalah salah satu cara terbaik untuk memenangkan persaingan.

Memberikan Promo Rutin

Startegi ampuh yang sudah terbukti untuk meningkatkan keuntungan Anda dalam marketplace adalah mengadakan promo secara rutin. Tentu tidak ada konsumen yang tidak menyukai promo.

Promosi yang dapat Anda tawarkan dapat berupa gratis ongkir, potongan harga, bahkan cashback. Jangan lupa untuk ikut berpartisipasi dalam berbagai hari penting yang diadakan oleh marketplace seperti Hari Belanja Online Nasional.

Menggunakan Foto dan Deskripsi Produk yang Menarik

Menambahkan foto produk yang menarik pada marketplace adalah salah satu strategi ampuh yang bisa membantu Anda dalam berjualan laris manis. Tambahkan foto secantik mungkin dengan kualitas gambar jelas dan gunakan foto yang asli agar konsumen percaya dan tertarik dalam melakukan pembelian produk Anda. Selain foto, cantumkan deskripsi produk dengan jelas mulai dari ukuran, warna, spesifikasi, dan sebagainya.

Menjelaskan informasi terkait produk sangat penting dan dapat membantu calon konsumen untuk memilih produk Anda. Jadi pastikan produk Anda memiliki foto yang menarik dan deskripsi yang lengkap.

Kesimpulan

Jadi, itulah strategi ampuh berjualan di marketplace. Memilih marketplace untuk kegiatan jual beli online adalah pilihan yang sempurna. Marketplace juga menawarkan berbagai kemudahan yang menguntungkan, salah satunya dalam melakukan pembayaran online.

Metode pembayaran online pada marketplace didukung dengan payment gateway Indonesia sehingga mampu menyediakan jenis pembayaran yang beragam yang dapat memudahkan konsumen dalam proses pembayarannya. Bahkan proses transaksi menawarkan kenyaman, kepraktisan, serta kecepatan.

Tinggalkan komentar