8 Cara Mendapatkan Leads dengan Mudah

Sejauh ini mungkin masih banyak orang yang berusaha mencari tahu cara mendapatkan leads dengan mudah. Tentunya hal tersebut untuk memenuhi kepentingan bisnis ataupun lainnya. Namun, jangan khawatir karena berikut akan diberikan beberapa caranya.

Cara Mendapatkan Leads dengan Mudah

Cara Mendapatkan Leads

Leads merupakan sebuah istilah yang sering digunakan dalam bisnis. Secara umumnya, kata tersebut biasa diartikan dengan prospek atau peluang. Lebih tepatnya adalah langkah mencari pelanggan agar efektif. Apapun itu, berikut beberapa cara untuk mendapatkannya.

Membuat Landing Page

Landing page merupakan sebuah halaman khusus yang biasa digunakan untuk mengumpulkan leads melalui form. Selain itu, secara umum di dalamnya terdapat suatu produk atau layanan yang ditawarkan. Sejauh ini, metode Landing Page masih sangat bisa diandalkan.

Banyak pengusaha yang sangat memanfaatkan Landing Page guna mendapatkan Leads. Hal tersebut dikarenakan efektivitas hasil yang diberikan begitu memuaskan. Modal utamanya ialah sebuah Website dengan rancangan khusus supaya terlihat lebih menarik dan elegan.

Membagikan E-book

Cara kedua untuk bisa mendapatkan Leads dengan mudah yaitu membuat e-book lalu membagikannya. Langkah tersebut tentu dianggap masih sangat efektif dalam mendatangkan Leads. Terlebih proses penerapannya tergolong cukup mudah apalagi untuk bidang B2B.

Pasalnya, transaksi B2B (Business to Business) umumnya terjadi hanya dalam satu kali pertemuan saja. Hal tersebut dikarenakan, nilainya dirasa cukup tinggi oleh para pelanggan. Oleh karena itu, calon pembeli butuh waktu untuk berpikir sebelum memutuskan membelinya.

Baca Juga:  5 Cara Mempercepat Loading Komputer Atau Laptop Paling Ampuh

Freebies

Freebies adalah cara mendapatkan Leads yang mungkin bisa Anda terapkan. Freebies merupakan sebuah konten yang dengan sengaja dibuat kemudian dibagikan secara gratis. Namun, hal ini tak bisa disamakan antara blog ataupun video yang bersifat digital (nonfisik).

Pasalnya, freebies bisa diunduh kemudian dicetak sehingga memiliki bentuk fisik berupa kertas. Selain itu, metode ini dianggap lebih efektif dibandingkan dengan membuat ebook karena waktunya cukup singkat. Alhasil, Anda dapat menghemat tenaga dan juga waktu.

Membuat Konten yang Bersifat Premium

Jika Anda memiliki konten dengan kualitas super serta basis pelanggan yang loyal, maka sangat bisa dimanfaatkan. Cobalah untuk membuat konten bersifat premium karena dijamin akan mendatangkan Leads secara ampuh. Karena metode ini diterapkan sesuai target pasar.

Metode ini biasanya dimanfaatkan oleh media berita ataupun e-magazine. Namun, sebelum Anda mencoba cara ini, pastikan bahwa memiliki nilai tambah, minimal insight terbaru.

Memberikan Opsi Subscribe (Berlangganan)

Pada dasarnya, metode ini sangat wajib diterapkan terutama yang menjalankan blog untuk bisnisnya. Tentu penerapan strategi tersebut harus memiliki iming-iming seperti akan mendapatkan update ter-eksklusif. Alhasil, pelanggan akan merasa tertarik dan subscribe.

Usahakan bahwa Opsi untuk subscribe tersedia di setiap konten blog tanpa terkecuali. Ajalan tersebut harus terus ditawari kepada siapapun, baik pelanggan baru ataupun lama yang belum subscribe. Carilah cari semenarik mungkin supaya pengunjung tertarik.

Menyediakan Fitur Live Chat Di Website

Sebenarnya, fitur live Chat tidak hanya bermanfaat untuk menaikan kredibilitas suatu usaha saja. Metode tersebut juga berguna dalam cara mendapatkan Leads dan cukup efektif. Oleh karena itu, jika Anda memiliki sebuah Website, usahakan fitur tersebut tersedia di dalamnya.

Baca Juga:  5 Cara Meningkatkan Traffic Website dengan Mudah

Namu ada beberapa hal yang harus Anda pastikan agar tidak hanya tertuju pada pelanggan lama saja. Supaya bisa mendapatkan Leads secara efektif, usahakan terdapat informasi mengenai pengunjung. Sisipkan nama, alamat email agar dapat ikut terjaring.

Memanfaatkan Media Sosial

Salah satu cara untuk mendapatkan Leads yang sangat sering digunakan pada saat ini adalah dengan memanfaatkan media sosial. Baik itu facebook, twitter, instagram dan platform lainnya. Metode ini dianggap cukup efektif dalam menjaring atau mencari prospek pelanggan baru.

Dengan basis pengguna media sosial yang sangat besar jumlahnya tentu hal tersebut bisa dimanfaatkan. Seperti mememberikan informasi seputar membagikan ebook, atau konten secara eksklusif. Dengan begitu, Anda dapat menjangkau calon pelanggan lebih luas.

Membuat Event Online Ataupun Offline

Membuat Event berbasis offline saat ini masih dianggap sangat efektif dalam mendapatkan Leads. Ada banyak format yang mungkin bisa Anda manfaatkan seperti workshop, misalkan. Pasalnya, metode tersebut dapat memfasilitasi diskusi interaktif secara langsung.

Lewat metode tersebut, secara tak langsung Anda akan tetap mendapatkan Leads dengan efektif. Mulai lah untuk membuka form pendaftaran berbasis online. Meskipun peserta tak datang ke acara, setidaknya sudah mendapatkan data informasi seputar register (peserta).

Macam-Macam Leads yang Wajib Anda Ketahui

Macam-Macam Leads

Setelah Anda mengetahui cara mendapatkannya, ada baiknya juga untuk memahami macam-macam Leads. Hal ini bertujuan agar bisa diterapkan dengan baik dan benar. Harapannya adalah dapat memaksimalkan metode-metode tersebut. Berikut ulasannya.

MQL (Marketing Qualified Lead)

MQL atau singkatan dari Marketing Qualified Lead merupakan daftar orang yang sudah terpapar oleh promosi Anda. Seperti halnya melakukan interaksi atau semacamnya. Misalkan, pernah mengisi form di Website dan berbagi informasi mengenai kontak pribadi.

Meskipun sudah pernah berinteraksi melalui Website dan mengisi form, namun tak bisa dianggap tuntas. Pasalnya, orang tersebut masih belum siap untuk melaKikan transaksi meskipun mengetahui seputar layanan. Sehingga calon pelanggan bisa di prospek lebih lanjut.

Baca Juga:  Blush On Wardah Sesuai Kondisi Kulit Versi SehatQ.com

SQL (Sales Qualified Lead)

SQL merupakan orang yang sudah siap untuk melakukan transaksi seperti pembelian atau penggunaan layanan. Hal tersebut dikarenakan telah mengetahui mengenai produk beserta materi lainnya. Dengan begitu, interaksi tak hanya sekedar bertanya tapi juga aksi (Buying).

Biasanya orang-orang yang masuk ke dalam kategori sales qualified Lead akan bertanya secara detail. Mulai dari informasi seputar produk atau layanan hingga harga dan cara pemesanan. Dengan begitu, Anda harus memberikan pelayanan terbaik. dan memuaskan.

PQL (Product Qualified Lead)

Product Qualified Lead atau PQL adalah orang-orang yang sebelumnya sudah mencoba layanan uji coba gratis. Kemudian, mengambil langkah untuk mencari tahu lebih jauh seputar produk yang sudah dikenali nya. Misalkan, memutuskan berlanggan atau membeli produk.

Setelah mendapatkan informasi, orang tersebut akan mengambil langkah seperti berlanggan karena merasa bermanfaat. Begitu pula dengan produk, target calon pelanggan tersebut memutuskan untuk segera membelinya. Tentu setelah memiliki kepercayaan akan produk.

SQL (Service Qualified Lead).

Pada dasarnya, Service Qualified Lead hampir mirip dengan PQL. Secara definisi SQL adalah orang-orang yang sebelumnya telah mencicipi layanan uji coba gratis. Kemudian memutuskan untuk membelinya atau berlanggan. Baik itu E-book subscribe ataupun konten premium.

Namun, dalam hal ini pelayanan yang diberikan bersifat lebih premium. Tujuannya adalah agar terhindar dari penolakan dan orang tersebut ingin terus berlangganan. Sehingga, service qualified Lead bisa dikatakan bagian dari pengembangan PQL atau product Qualified Leads.

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai trik jitu dan cara mendapatkan Leads. Terlepas dari pembahasan diatas, Anda pun harus benar-benar memahami medianya. Tentu hal tersebut sangat berpengaruh terhadap hasil akhirnya, berhasil atau bahkan gagal.

Tinggalkan komentar