Update Nominal Gaji TKW di Hongkong Terbaru 2021

Tidak sedikit orang yang bertanya-tanya perihal gaji TKW di Hongkong. Hal tersebut mungkin dikarenakan tertarik untuk bekerja disana atau alasan lainnya. Pada dasarnya, besaran nominalnya sangatlah bervariatif, namun sudah pasti nominal gaji harus sesuai standarnya.

Berapa Gaji TKW di Hongkong?

Dikutip dari akurat.co, seorang TKW yang bekerja di Hongkong (asisten rumah tangga) bisa mencapai HKD 4,25 ribu. Ini jika dirupiahkan menjadi Rp. 7,95 juta. Menang nominal yang cukup besar (2x UMR di Indonesia).

Tidak sampai disitu saja, bahkan juga ada uang makan yang akan diperoleh seorang TKW ini. Yaitu mancapai HKD 1,07 ribu atau berkisar Rp. 1,9 Juta. Jika di total, bisa mencapai Rp. 10 Juta untuk setiap bulannya.

Persiapan Kerja Sebagai TKW di Hongkong Atau Negara Lainnya

Bekerja sebagai TKW atau di luar negeri tentu bukanlah perkara mudah. Ada berbagai macam persyaratan yang harus Anda penuhi. Mulai dari dokumen penting hingga menyiapkan mental diri. Berikut beberapa persyaratan yang wajib dimiliki sebelum bekerja sebagai TKW.

Menyiapkan Berbagai Dokumen

Salah satu hal penting yang harus Anda siapkan sebelum bekerja sebagai TKW adalah menyiapkan dokumen. Ada berbagai kebutuhan akan hal ini dan tak boleh terlewatkan satu pun. Mulai dari identitas diri seperti KTP (kartu tanda penduduk hingga Kartu Keluarga.

Kedua hal tersebut tentu tak cukup untuk memenuhi persyaratan. Masih ada banyak dokumen penting lainnya dan wajib dipenuhi. Seperti paspor dari kantor imigrasi setempat, ijazah pendidikan terakhir, akte kelahiran, surat rekomendasi Disnaker dan surat lainnya.

Baca Juga:  9 Manfaat Email untuk Bisnis

Disetujui Oleh Pihak Keluarga

Syarat penting lainnya di luar dari kelengkapan berbagai macam dokumen adalah persatuan keluarga. Tentu Anda harus meminta persetujuan terlebih dahulu kepada istri atau suami jika sudah menikah. Apabila belum, maka mintalah izin kepada kedua orang tua perihal ini.

Adakan obrolan serius guna membicarakan rencana Anda untuk bekerja di luar negeri. Jangan sampai ada pihak keluarga yang merasa keberatan dengan keputusan ini. Pastikan semua merestui agar seluruh proses dapat berjalan lancar serta rasa tenang selama disana.

Memiliki Skill Mumpuni

Tergiur akan gaji TKW di Hongkong tentu menjadi salah satu alasan kenapa orang memutuskan untuk bekerja disana. Namun sayangnya hal tersebut tak diimbangi dengan Skill yang dimiliki. Pada akhirnya, perjalanan pun menjadi sia-sia bahkan disebut gagal.

Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda memiliki Skill mumpuni dalam satu bidang minimal. Dengan begitu, arah dan tujuan bisa diketahui serta akan bekerja di sektor apa nantinya. Meskipun menggunakan jasa penyalur tenaga kerja hal ini tentunya menjadi syarat wajib.

Menghitung Biaya

Bekerja di luar negeri bukan berarti Anda bebas dari berbagai macam jenis biaya. Sekalipun menggunakan jasa penyalur tenaga kerja, calon pekerja harus mengeluarkan uang guna kebutuhan lainnya. Seperti keperluan memenuhi syarat dokumen dan masih banyak lagi.

Jadi, sebelum memutuskan untuk bekerja sebagai TKW atau TKI sebaiknya perhitungkan terlebih dahulu perihal biaya. Jangan sampai keluarga di rumah harus menanggungnya jika uang didapat dari berhutang.

Menyiapkan Mental

Satu hal yang tak kalah penting dari semua persyaratan adalah menyiapkan mental. Tentu, meskipun ditekan dengan berbagai macam alasan, jika Anda tidak benar-benar siap maka jangan dipaksakan. Cobalah untuk dipikirkan kembali sebelum mengambil keputusan.

Bekerja di negara asing bukanlah suatu hal yang mudah. Akan ada banyak tekanan yang mungkin tak pernah diharapkan sebelumnya. Itulah mengapa kesiapan mental pun mesti dipikirkan dari pada akhirnya menyesal dikemudian hari.

Baca Juga:  3 Plugin Contact Form WordPress Terbaik

Pilihlah Penyalur Tenaga Kerja Terpercaya

Seperti yang diketahui, di Indonesia ada banyak penyalur tenaga kerja dan dapat membantu Anda bekerja di luar negeri. Baik di bawah Disnaker maupun swasta. Oleh karena itu, hal ini menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan ketika menentukan pilihan.

Pilihlah penyalur tenaga kerja yang terpercaya. Pastikan berbagai elemen terkait pihak tersebut. Cari informasi sebanyak-banyaknya melalui internet ataupun bertanya langsung. Langkah ini guna menghindari risiko buruk terjadi seperti penipuan dan lainnya.

Tips Sukses Bekerja Sebagai TKW

Memilih untuk bekerja di luar negeri terkadang dijadikan pilihan sebagian orang untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Hal tersebut mungkin benar, tapi tak selalu terjamin. Untuk itu, simak tips sukses bekerja sebagai TKW/TKI berikut ini supaya berjalan lancar.

Mempunyai Skill Komunikasi dan Bahasa

Tips pertama agar sukses bekerja sebagai TKW adalah memiliki Skill komunikasi serta bahasa yang baik. Tentu hal ini sangatlah penting mengingat Anda akan bekerja di Negara orang. Dengan begitu, wajib memahami dan mengerti bahasanya.

Kalaupun belum memahaminya, ada baiknya untuk tidak segera berangkat dan belajar terlebih dahulu. Pasalnya, jika Anda tidak mengerti tentu akan menyulitkan selam hidup disana. Terlebih tidak ada satu pun orang yang mungkin dikenali dan dapat membantu.

Mampu Bersosialisasi dan Beradaptasi

Terlepas dari pemahaman akan bahasa, tentu tips lainnya adalah mampu beradaptasi dengan baik. Pasalnya, Anda akan tinggal Dilingkungan baru, dimana semuanya akan terasa sangat berbeda. Mulai dari bahasa, pola hidup hingga cara bergaul.

Mulai lah untuk bersosialisasi agar mampu beradaptasi dengan baik. Mungkin dapat memulainya dari orang-orang terdekat seperti teman kerja atau lainnya. Bisa juga mempelajarinya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berangkat dan tinggal disana.

Etos Dalam Bekerja

Dalam bidang apapun dan bekerja dimanapun tentu etos merupakan kunci sukses yang harus diterapkan termasuk menjadi TKW. Bicara mengenai gaji, mungkin saja Anda bisa mendapatkan kenaikan dari nominal standarnya.

Etos dan disiplin tentu menjadi bagian penting dari setiap kesuksesan. Terlebih Anda bekerja di Negara orang yang basis budaya kerjanya sudah pasti sangat berbeda. Jadi, maksimalkan kemampuan berilah kinerja terbaik agar menjadi sukses.

Baca Juga:  10+ Inspirasi Usaha yang Menjanjikan dan Banyak Diminati

Tips Aman Bekerja Sebagai TKW atau Bekerja Di luar Negeri

Tak jarang orang yang ingin bekerja di luar negeri atau menjadi TKW/TKI masih memiliki tadi takut dan cemas. Tentu hal tersebut perihal keamanan selama bekerja disana. Pada dasarnya, semua risiko buruk bisa diminimalisir jika Anda paham caranya. Berikut tipsnya.

Kenali Negara Tujuan

Sebelum Anda memutuskan untuk bekerja sebagai TKW dimana notabane-nya adalah tempat asing tentu harus memahaminya. Itulah mengapa, wajib mengenali negara tujuan baik Hongkong atau di manapun. Mulai dari bahasa hingga budaya dan lainnya.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahasa dan komunikasi merupakan hal penting dan wajib Anda kuasai. Dengan begitu, setidaknya bisa mendapat kenalan baru dan membuat semuanya terasa lebih aman.

Pergi Dengan Cara yang Aman

Salah satu hal penting supaya semuanya dapat berjalan dengan aman adalah pastikan Anda pergi menggunakan cara Legal. Sebab jika jalur yang ditempuh ialah legal maka akan menimbulkan masalah dikemudian hari. Sekalipun sudah berhasil masuk ke negara tujuan.

Dengan cara yang legal akan membuat nama Anda tercatat sebagai warga negara asing resmi. Sehingga semuanya akan berjalan lebih aman serta sesuai harapan.

Selalu Menjaga Kesehatan

Tips berikutnya supaya Aman selama bekerja sebagai TKW adalah selalu menjaga kesehatan. Meskipun hal tersebut sudah melewati proses pengecekan sebelum keberangkatan, tentu tak menjamin hari-hari berikutnya akan baik-baik saja.

Untuk itu, sangat disarankan agar terus berusaha menjaga kondisi kesehatan selama bekerja di Negara orang. Pasalnya, disana mungkin saja tak ada yang bisa membantu meskipun sudah ada penanggung jawabnya.

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai seputar update gaji TKW di Hongkong. Namun, terlepas dari nominalnya, pastikan Anda jangan hanya tergiur oleh angkanya saja. Pastikan semua hal yang berkaitan seperti tempat bekerja, kesiapan diri hingga penyalur tenaga kerjanya.

Tinggalkan komentar