5 Cara Mengatasi Masalah Sakit Tulang Belakang yang Menyakitkan

Tulang merupakan salah satu bagian tubuh yang bisa menopang badan manusia agar bisa tegak berdiri dan beraktivitas. Tanpa adanya tulang maka manusia tidak bisa melakukan hal apapun dan mungkin hanya berupa gumpalan daging saja. Jika terjadi masalah sakit tulang belakang maka Anda tidak akan merasa nyaman.

Tuhan telah menciptakan tulang manusia dengan bentuk dan struktur yang sudah disesuaikan dengan fungsi tubuh manusia. Manusia bisa berdiri tegak dan melakukan aktifitas lainnya dengan bantuan tulang yang kuat. Meskipun memiliki struktur yang cukup kuat namun tetap saja tulang memiliki peluang untuk merasakan sakit dan gangguan lainnya.

Salah satu yang cukup sering terjadi ialah sakit tulang belakang. Umumnya sakit seperti ini dialami oleh para lansia. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan orang-orang yang masih muda bahkan belia sekalipun mengalami hal tersebut. Namun umumnya hal tersebut dirasakan oleh para manula.

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi keluhan seperti ini seperti faktor usia, aktivitas berlebihan, kekurangan nutrisi dan air putih, hingga salah dalam posisi tidur. Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan beberapa cara yang sederhana. Namun jika keluhannya sudah cukup parah sebaiknya konsultasikan dengan dokter ahli tulang.

Cara Mengatasi Masalah Sakit Tulang Belakang

Masalah sakit tulang belakang dapat Anda atasi dengan beberapa cara. Berikut ini merupakan cara mengatasi masalah sakit tulang belakang yang mungkin bisa Anda lakukan.

Perbaiki Posisi Tidur

Jika Anda mengalami sakit pada bagian tulang belakang tentunya Anda tidak akan bisa tidur dengan nyaman. Namun tahukah Anda bahwa rasa sakit itu juga bisa ditimbulkan akibat posisi tidur yang keliru. Selain itu, tidur yang tidak cukup juga bisa menjadi salah satu penyebab adanya keluhan ini.

Baca Juga:  2 Cara Daftar m-Banking BRI Mudah dan Cepat

Untuk mengatasi masalah sakit tulang belakang Anda bisa tidur dengan posisi berbaring secara miring. Setelah itu, tempatkanlah bantal di antara lutut untuk menjaga agar tulang belakang dalam posisi yang netral. Hal ini bisa membantu meredakan ketegangan pada bagian tulang belakang.

Anda juga bisa tidur dengan posisi terlentang dengan posisi bantal di bawah lutut. Anda juga harus memastikan bahwa kasur dalam posisi yang nyaman dan rata. Ingat anda tidak perlu menggunakan bantal untuk bagian kepala seperti biasanya. Hal ini akan membuat posisi punggung menjadi tidak rata sehingga bisa menambah rasa sakit.

Pastikan Postur yang Baik

Orang tua Anda tentunya sering mengingatkan untuk tidak dalam posisi membungkuk. Hal ini memang memiliki alasan karena untuk mencegah dan tidak memperparah rasa sakit pada tulang belakang. Membungkuk memang dapat memperburuk masalah sakit tulang belakang terutama jika Anda duduk dalam waktu yang sangat lama.

Pastikan Anda duduk dalam posisi tegak dengan bahu yang sangat rileks. Pastikan tubuh benar-benar ditopang oleh sandaran kursi secara benar. Letakkanlah bantal kecil di antara punggung bawah dan kursi untuk membuatnya lebih nyaman lagi. Jika tidak ada bantal kecil gunakan benda serupa seperti boneka atau yang lainnya.

Hal tersebut perlu dilakukan sehingga bisa mencegah sakit pada area punggung dan tulang belakang. Selain itu, posisi telapak kaki harus dipastikan menapak dengan rata di atas lantai. Dengan begitu posisi tubuh bisa lebih rileks. Untuk hal ini tinggi dari kursi harus sesuai sehingga mendukung posisi tubuh secara benar.

Olahraga Ringan

Saat mengalami masalah sakit tulang belakang pastinya Anda akan merasa kesulitan untuk bangun dan bergerak. Untuk membantu meringankan rasa sakitnya sebenarnya Anda bisa melakukan gerakan olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga, hingga berenang. Hal-hal tersebut bisa membantu meringankan rasa sakit pada area tersebut.

Baca Juga:  5 Cara Mengecek Tagihan BPJS dengan Mudah

Olahraga ringan dapat mengendurkan otot yang tegang serta melepaskan hormon endorfin. Hormon tersebut dipercaya menjadi obat penghilang rasa sakit alami pada tubuh manusia. pastikan Anda tidak melakukan gerakan secara berlebihan karena bisa menimbulkan kan rasa sakit yang lebih parah.

Untuk berikutnya Anda juga bisa melakukan olahraga ringan secara rutin untuk menjaga otot tetap fleksibel dan kuat. Anda bisa melakukan latihan kekuatan dilengkapi dengan peregangan agar membuat kondisi otot dan tulang lebih prima. Olahraga yang teratur dapat mencegah sakit tulang belakang menjadi kambuh.

Jika Anda masih mengalami masalah sakit tulang belakang lakukanlah gerakan ringan berupa peregangan saja untuk beberapa kali putaran secara rutin. hal ini harus dilakukan secara teratur agar hasilnya lebih maksimal dan aman bagi tubuh. Namun jika sakitnya tetap ada Anda bisa memeriksakannya ke dokter terdekat.

Kompres Bagian yang Sakit

Anda juga bisa mengompres bagian tulang belakang yang sedang sakit atau karena peradangan akibat cedera. Kompres menggunakan es secara teratur pada area yang sakit untuk membantu meredakan rasa sakit dan peradangan. Lakukan beberapa kali dalam 1 hari dengan durasi 20 menit untuk satu kali kompres.

Jika sudah mengompres bagian tulang yang sakit menggunakan es beberapa hari maka selanjutnya beralih dengan menggunakan air hangat. Gunakan bantal pemanas atau handuk hangat untuk membantu mengendurkan otot. Selain itu kompres dengan temperatur yang hangat bisa memperlancar aliran darah ke area yang sakit.

Untuk memberikan rasa relaksasi yang nyaman Anda juga bisa mandi dengan menggunakan air hangat. Cara ini cukup efektif untuk ikut membantu meredakan rasa sakit pada bagian tulang belakang. Hal ini juga cukup direkomendasikan oleh para dokter selain menggunakan obat pereda rasa sakit dari dalam tubuh.

Baca Juga:  5 Bahaya Smartphone Jika Dibawa Tidur

Lakukan Gerakan Khusus

Selain olahraga ringan Anda juga bisa melakukan beberapa gerakan khusus yang dapat membantu meredakan masalah sakit tulang belakang. Hal tersebut bisa dikategorikan sebagai peregangan sehingga bisa Anda lakukan dalam 30 detik atau senyaman mungkin. Pertama Anda bisa menyentuh jari-jari kaki.

Hal tersebut dapat meregangkan paha bagian belakang karena gerakan membungkuk ke depan dan mencapai jari-jari tersebut. Otot-otot di area punggung bisa dilemaskan terutama bagian punggung bawah. Lama-kelamaan rasa sakit akan berkurang sehingga Anda bisa beraktivitas dengan lebih nyaman.

Berikutnya melakukan pose cobra yaitu berbaring telungkup dengan tangan menghadap ke bawah di samping bahu. Setelah itu, angkat dada secara perlahan hingga bagian atas kepala mengarah ke langit-langit. Anda bisa melakukan gerakan ini seruti mungkin sehingga punggung Anda bisa merasa lebih nyaman.

Selanjutnya lakukan child’s pose atau duduk pada tumit dengan lutut selebar pinggul. Condongkan tubuh ke depan untuk meletakkan kepala di bagian lantai. Selanjutnya rentangkan tangan ke depan kepala dan biarkan hingga beberapa saat. Lakukan pula gerakan ini dengan cukup rutin agar bagian tulang belakang bisa lebih nyaman.

Penutup

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah sakit tulang belakang. Jangan sepelekan hal tersebut karena jika dibiarkan akan menjadi masalah yang lebih parah. Beberapa cara diatas bisa Anda lakukan secara rutin hingga rasa sakitnya berkurang. Namun jika rasa sakitnya terus ada dan bertambah parah maka segera konsultasikan dengan dokter ahli tulang.

Tinggalkan komentar