10+ Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Untuk Kesehatan

Aktivitas fisik merupakan sebuah gerakan tubuh yang dilakukan secara sadar dimana akan menghasilkan otot rangka yang membutuhkan energi dan dapat membuat seseorang bersemangat.

Aktivitas fisik sangat penting karena bisa membantu seseorang dalam melakukan pencegahan sekaligus pengobatan penyakit yang dimiliki. Sehingga aktivitas saati ini bisa dijadikan sebagaigaya hidup sehat.

Karena kesehatan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan semua orang. Ada beberapa hal yang bisa memengaruhi kesehatan, antara lain aktivitas fisik, pola makan, istirahat, dan penyakit lain entah dari bawaan lahir atau terifeksi dari orang lain. Maka dari itu sangat penting untuk bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan agar tidak mudah terserang virus yang dapat menyebabkan penyakit.

Beberapa contoh aktivitas fisik yang bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya seperti olahraga, berjalan, berenang, berlari, bersepeda, jogging track. Dari latihan fisik yang ringan hingga latihan fisik yang berat. Tapi aktivitas fisik tidak hanya sebatas olahraga saja, melainkan dengan melakukan berbagai aktivitas rutin seperti biasanya, seperti mengerjakan pekerjaan rumah ( memasak , menyapu, mengepel lantai dll).

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Untuk Kesehatan Tubuh

Jika seseorang ingin melakukan aktivitas fisik bisa dilakukan selama 30 menit setiap hari atau minimal 3 sampai 5 hari dalam kurun waktu seminggu. Namun ada juga yang melakukannya setiap waktu yang sudah terjadwal dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa manfaat aktivitas fisik bagi tubuh untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga:  Pengertian Budaya Hidup Sehat yang Benar

Bisa Mengendalikan Berat Badan yang Ideal

Sudah pasti semua orang menginginkan untuk tetap memiliki berat badan yang ideal, terutama wanita tidak ingin terlihat terlalu gemuk atau kurus. Jika memiliki berat badan yang ideal akan membuat tubuh seseorang terlihat lebih sehat dan bugar.

Seseorang yang kurang melakukan aktivitas fisik jarang bergerak sama sekali pasti dapat mengakibatkan kenaikan berat badan atau kegemukan, mengalami rasa sakit seperti nyeri, mudah lelah, tubuh terasa kurang vit. Maka dari itu metabolisme tubuh yang meningkat bisa menjaga berat badan tetap ideal dan juga tubuh terasa berstamina.

Menurunkan Risiko Penyakit Berbahaya

Jika tubuh yang kurang melakukan aktivitas fisik dapat menyebabkan menumpuknya kalori dan timbunan lemak dalam tubuh, maka dari itu membuat tubuh kelebihan lemak yang menyebabkan mudah terserang penyakit berbahaya dan berakibat pada kematian. Diantaranya seperti penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, hingga stroke.

Aktivitas fisik bisa membantu semua orang untuk menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya di kemudian hari. Tapi harus diimbanig dengan gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan sehat, tidur yang teratur dan makanan yang bergizi seimbang.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

Mengkonsumsi asupan protein dengan jenis olahraga tertentu, seperti aktivitas berat angkat beban, bela diri yang bisa merangsang pembentukan otot. Dengan latihan fisik tubuh akan melepaskan hormon yang dapat meningkatkan penyerapan asam amino oleh otot sehingga akan membuat kekuatan otot bisa terjaga.

Karena otot yang lemah bisa menyebabkan mudah terkena cedera ketika memulai aktivitas. Jadi manfaat latihan fisik juga dapat meningkatkan kepadatan tulang yang juga bisa mencegah osteoporosis pada saat lanjut usia, kemudian bisa meningkatkan fleksibilitas otot, memelihara tulang otot, dan memiliki sendi yang sehat.

Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh

Melakukan olahraga yang teratur namun dalam batas yang wajar, bisa menyebabkan tubuh menghasilkan antioksidan alami dan meningkatkan sirkulasi darah dengan baik. Sehingga membuat sel kulit tubuh terjaga dengan sehat dan dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Baca Juga:  Pengertian Kebersihan Tangan dan Cara Menjaganya

Menjaga Kesehatan Otak

Aktivitas fisik juga dapat meningkatkan detak jantung yang secara stabil dan dapat meningkatkan sirkulasi darah dari oksigen yang disalurkan otak. Hal ini dapat meningkatkan kinerja otak sehingga kemampuan berpikir dan mengingat tetap baik.

Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Kegiatan fisik dengan olahraga yang teratur bisa meningkatkan daya kekebalan tahn tubuh dan membantu terhindar dari infeksi. Sehingga, sel kekebalan tubuh bekerja secara optimal dan melancarkan aliran darah, efek peradangan, dan memperkuat sistem antibodi.

Menghindari Resiko Kematian Dini

Kenyataanya, grafik resiko kematian dini, pada mereka yang suka dengan latihan fisik ditempat gym ataupun bagi mereka yang berlatih dengan beban berat sendiri mengalami pengurangan resiko sebesar 20%. Meskipun belum terbukti dengan semakin banyak latihan fisik yang hasilnya lebih baik. Akan tetapi mereka yang melatih fisiknya memiliki risiko 16-18% lebih kecil mengalami resiko kematian dini dibandingkan mereka yang tidak melakukan aktivitas olahraga.

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Untuk Kesehatan Mental

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Untuk Kesehatan Mental

Aktivitas fisik tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuh saja melainkan dapat memberikan manfaat pada kesehatan mental. Berikut beberapa manfaat aktivitas fisik bagi tubuh untuk kesehatan mental.

Mengurangi Tingkat Kecemasan, Mengendalikan Stress akibat Depresi

Aktivitas fisik tentunya dapat memicu senyawa kimia otak yang dapat menurunkan rasa gelisah yang dapat memicu stress. Sekaligus dapat menimbulkan perasaan bahagia dan menjadi lebih rileks sehingga nyaman melakukan kegiatan fisik apapun..

Meningkatkan Rasa Percayaan Diri

Aktivitas fisik bisa menjadikan tubuh lebih segar dan sehat dan meningkatkan aura positif. Hasilnya adalah dapat meningkatkan kepercayaan diri sehingga kalian lebih menghargai diri sendiri. Contohnya, dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga alangkah baiknya dilakukan dengan rutin dan serta teratur.

Selanjutnya, pilihlah jenis olah raga yang paling kamu minati dan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Agar kamu dapat melakukan aktivitas fisik tersebut dengan baik dan benar, dan hasilnya pasti kamu akan memperoleh berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh serta mental yang kuat. Namun jika kalian merasa memiliki keluhan tertentu, jangan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum keluhan itu kamu rasa masih dapat kalian atasi sendiri.

Baca Juga:  Cara Mencegah dan Mengobati Gigi Sensitif dengan Ramuan Tradisional

Meningkatkan Metabolisme Dalam Tubuh

Supaya kalori yang terkandung pada makanan dapat menghasilkan energi, dann nutrisi di dalamnya butuh dirubah sehingga tubuh dapat menyerap dengan optimal. Contohnya, protein akan diproses menjadi asam amino serta kandungan karbohidrat diproses menjadi glukosa. Proses penyerapan nutrisi ini juga termasuk proses sistem metabolisme dan menghasikan energi yang di perlukan tubuh.

Untuk orang dengan tingkat metabolisme tinggi, pembakaran kalori pada tubuh terjadi lebih cepat dan lebih tinggi. Semakin tinggi tingkat metabolisme tubuh, semakin banyak pula kalori yang terbakar, hasilnya tidak terjadi penimbunan kalori yang menjadikan lemak jahat. Itulah kenapa dengan meningkatkan metabolisme dapat membantu menurunkan berat badan kalian.

Meningkatkan Kemampuan dan Keterampilan Tubuh

aktivitas motorik dapat melatih semua bagian otot besar, serta gerakan ini dapat melatih kekuatan fisik serta menjaga keseimbangan tubuh. Gerakan berat dapat melatih aktivitas otot tangan, kaki, dan seluruh tubuh anak.

Tujuan utama mengembangkan motorik pada anak usia dini yaitu agar dapat meningkatkan kekuatan fisik motorik anak saat melatih gerakan motorik kasar dan halus, dapat meningkatkan kemampuan mengelola dan mengontrol gerakan tubuh, sekaligus meningkatkan keterampilan tubuh serta cara hidup sehat dan dapat menunjang pertumbuhan jasmani yang kuat.

Kegiatan yang dapat membantu perkembangan keterampilan Fisik tidak hanya melakukan aktivitas berat, cukup melakukannya dengan gerakan ringan juga bisa mempengaruhi keterampilan fisik seseorang.

Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Meningkatkan Keseimbangan

Aktivitas fisik dapat meningkatkan kualitas otak manusia secara menyeluruh, termasuk di dalamnya kemampuan berpikir untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan nyata. Sehingga tubuh dapat mengeluarkan energi positif agar tetap dapat menjaga dan meningkatkan metabolisme tubuh yang seimbang.

Penutup

Itulah penjelasan dari Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Untuk Kesehatan. Lakukan aktivitas fisik meski tidak berat, harus bisa dibiasakan untuk tetap bisa menjaga pola hidup yang sehat. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan komentar