Penggunaan email untuk bisnis saat ini memang sudah menjadi hal yang wajar, sebab ada banyak manfaat email untuk bisnis Anda. Bahkan di era modern seperti sekarang ini, email menjadi salah satu bagian terpenting dalam aspek komunikasi bisnis dan perusahaan. Jadi tak heran, bila ada banyak orang yang membuat email sendiri khusus untuk bisnisnya.
Dengan memanfaatkan kegunaan dari email atau surat elektronik ini, kita bisa mengirim pesan formal maupun dokumen pekerjaan ke klien atau customer tanpa perlu bertatap muka. Jadi hanya dengan menggunakan koneksi internet saja, kita sudah bisa mengirim berbagai macam dokumen maupun file secara digital.
Manfaat Email untuk Bisnis
Selain untuk membantu komunikasi perusahaan atau bisnis dengan klien dan customer, email juga memiliki banyak manfaat lain untuk bisnis Anda. Nah, berikut ini adalah manfaat email untuk bisnis dan perusahaan yang bisa Anda semua rasakan.
Sebagai Salah Satu Bahan Evaluasi Bisnis
Tiap bisnis pastinya akan membuat evaluasi di akhir tahun atau setiap 6 bulan. Evaluasi ini dilakukan untuk melihat bagaimana progress dari usaha yang Anda jalani. Apakah lebih baik dari tahun sebelumnya atau justru lebih buruk alias menurun.
Salah satu bahan evaluasi ini bisa didapatkan dari email. Berapa banyak email yang diterima dalam satu tahun, berapa banyak email yang terjawab dalam satu tahun, dan berapa kira – kira waktu yang dibutuhkan untuk menjawab tiap email.
Selain itu, Anda juga bisa melihat bagaimana respon customer bisnis Anda melalui email yang mereka kirimkan. Sebab kebanyakan customer akan mengirimkan komplainnya melalui layanan email agar lebih cepat ditanggapi.
Lebih Praktis dan Bisa Digunakan Dimana Saja
Surel atau Email merupakan salah satu evolusi dari mesin Fax dan Telegram. Tetapi, mesin Fax dan Telegram hanya bisa menerima pesan antar mesin saja meskipun dengan jarak yang jauh. Dan bentuk mesinnya sangat besar dan berat, sehingga biasanya hanya ditempatkan dalam gedung perusahaan saja.
Sedangkan email, bisa Anda gunakan dimanapun dan kapanpun. Tanpa membutuhkan mesin yang besar, listrik, dan lain – lain. Yang Anda butuhkan hanyalah smartphone atau laptop dan koneksi internet serta akun emaillnya saja.
Bahkan kini satu akun email bisa digunakan untuk banyak perangkat smartphone dan komputer. Jadi, Anda hanya perlu membuat satu email saja untuk bisnis dan bisa digunakan oleh semua karyawan dan tim dalam bisnis Anda.
Bisa Menerima dan Mengirim Informasi dengan Cepat
Manfaat email untuk bisnis yang berikutnya adalah bisa mengirim maupun menerima informasi dan data dengan sangat cepat. Bila Fax dan Telegram membutuhkan waktu yang agak lama dan bergantung pada jarak antar mesin, email ini bisa menerima data dan pesan tanpa terpengaruhi oleh jarak. Bahkan email juga bisa mengirim pesan dengan skala international dengan jangka waktu yang cepat. Kurang dari 1 jam, email yang Anda kirim akan langsung bisa dibuka oleh akun penerima.
Hemat Biaya
Dibandingkan harus membeli mesin fax, telegram, atau bahkan menggunakan kurir pos tiap kali ingin mengirim dokumen, tentunya menggunakan email untuk bisnis jauh lebih murah. Memang untuk membuat email yang profesional seperti email marketing, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk membayar hosting, domain, dan sebagainya.
Tetapi total jumlah biaya yang Anda perlukan untuk membuat email jauh lebih murah dibandingkan harus menggunakan mesin pengirim pesan yang bersifat analog. Apalagi yang namanya mesin pasti memiliki jangka waktu pemakaiannya dan harus diservis setiap beberapa bulan.
Alamat Email Bisa Dibuat Sesuai Keinginan
Alamat email yang Anda daftarkan untuk bisnis juga bisa Anda buat sesuai keinginan. Misalnya nama bisnis Anda adalah “iBest“, maka alamat email yang Anda daftarkan bisa berupa contact@ibest.id atau ibest.id@gmail.com.
Sehingga, pengirim atau penerima pesan email bisa langsung tahu bahwa pesan tersebut akan diterima atau dikirim oleh bisnis Anda. Sedangkan untuk Fax, alamat yang diberikan masih berupa nomor random yang sulit dingat.
Privasi Terjamin
Manfaat email untuk bisnis Anda yang berikutnya adalah terjaminnya privasi dan keamanan. Seperti yang Anda semua ketahui, dalam sebuah bisnis pastinya ada dokumen – dokumen penting yang hanya boleh dibaca oleh karyawan, tim atau petinggi antar perusahaan.
Nah, agar pengiriman dokumen tersebut lebih aman, ada baiknya Anda mengirimnya secara online saja menggunakan email. Sebab semua layanan email pastinya memberikan keamanan privasi terhadap semua dokumen yang Anda kirim dan terima. Jadi, Anda tidak perlu takut ada dokumen yang bocor ke publik atau ke orang – orang yang tidak seharusnya membaca.
Terlihat Lebih Profesional
Email juga bisa membuat bisnis yang Anda jalani terlihat lebih profesional. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, di era modern seperti saat ini semua hal dalam bisnis mulai beralih ke cara online dan digital. Termasuk juga layanan customer service.
Dengan membuat email bisnis, artinya bisnis Anda memberi ruang untuk pelanggan Anda untuk memberi masukan. Hal ini juga membuat bisnis Anda terlihat memperhatikan masukan berupa kritik maupun saran dari customer.
Bahkan saat ini, email menjadi salah satu aspek Branding paling penting dalam sebuah bisnis. Sebab nantinya, email bisnis ini akan digunakan untuk pemasaran maupun berkomunikasi dengan klien profesional.
Kapasitas Penyimpanan Pesan yang Sangat besar
Penyedia layanan email gratis seperti Gmail atau Yahoo juga melengkapi layanannya dengan memberikan ruang penyimpanan pesan yang sangat luas. Mulai dari 15 GB hingga 20 GB untuk setiap akun yang dibuat.
Dengan ukuran ruang penyimpanan ini, Anda bisa menyimpan pesan email hingga lebih dari 5000 email. Sebab umumnya, email yang dikirim hanya berukuran kurang dari 1 MB. Apalagi jika Anda membuat email hosting khusus dengan nama bisnis Anda sendiri. Anda bisa mengatur penyimpanannya hingga lebih dari 50 GB untuk setiap akun yang Anda buat.
Mempermudah Komunikasi Bisnis
Dan manfaat email untuk bisnis yang terakhir dan paling utama adalah untuk mempermudah komunikasi bisnis Anda baik dengan customer, klien, maupun partner dalam berbisnis. Perlu Anda ketahui, bahwa komunikasi merupakan salah satu hal yang penting dalam mengembangkan bisnis. Saat ini, hampir semua orang sudah memiliki emailnya masing – masing. Sehingga Anda bisa berkomunikasi dengan lebih banyak orang dalam satu layanan.
Bukan hanya itu, berkomunikasi dengan menggunakan email juga jauh lebih praktis karena Anda dan penerima pesan hanya membutuhkan alamat email masing – masing saja. Tanpa perlu menunggu keduanya online dalam waktu yang sama. Sebab meskipun ketika Anda sedang tidak aktif, pesan yang diterima dalam email bisnis Anda akan langsung diberi tahu melalui notifikasi.
Penutup
Jadi itulah dia 9 manfaat email untuk bisnis. Kini kita semua jadi tahu bahwa email bukan hanya berguna bagi masyarakat atau bagi pekerja kantor saja. Tetapi juga sangat berguna untuk bisnis dan perusahaan.