Sukses Go Digital dengan Private Cloud Bersama IDCloudHost

Di era modern seperti saat ini, semakin banyak teknologi yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat bisnis sukses go digital. Salah satunya adalah dengan Private Cloud, salah satu layanan cloud computing terbaru dan terbaik yang sering digunakan.

Membuat bisnis yang go digital memang menjadi salah satu kewajiban untuk setiap pengusaha dan usahawan. Baik besar maupun kecil, UMKM maupun perusahaan sukses, yang bergerak di bidang online maupun konvensional, semua bisnis wajib beralih ke dunia digital dalam melakukan promosi, branding, marketing maupun penjualan.

Jika tidak, bisnis Anda tidak akan bisa bersaing dengan usaha-usaha lainnya dan akan tersapu di bawah arus bisnis yang sangat deras. Bahkan perusahaan besar yang tidak ingin go digital sekalipun tidak akan bisa bersaing dengan UMKM kecil atau Startup yang mengikuti tuntutan jaman.

Oleh karena itu, cloud computing menjadi salah satu pilihan yang bisa membantu bisnis Anda go digital dan bersaing di kancah nasional maupun international.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Cloud Computing

Mengenal Lebih Jauh Tentang Cloud Computing

Beberapa dari Anda mungkin ada yang baru pertama kali dengar tentang cloud computing. Hal tersebut sangat wajar, karena cloud computing masih terbilang hal baru di Indonesia.

Cloud computing adalah istilah baru yang kurang lebih bisa diartikan sebagai komputer cloud alias komputer internet. Seperti yang Anda tahu, cloud merupakan salah satu inovasi terbaik dalam dunia komputer dan internet. Jika dulu kita hanya tahu cloud untuk menyimpan file secara online, sekarang sudah ada komputer online dengan sistem yang kurang lebih sama.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Memulai Link Building Paling Efektif

Intinya, dengan cloud computing Anda seakan memiliki komputer atau server tanpa memiliki bentuk fisik dari benda tersebut.

Seluruh proses kode dan hal-hal yang berhubungan dengan komputasi lainnya dilakukan di internet. Seluruh jaringan juga terhubung layaknya sebuah komputer asli yang terhubung dengan jaringan-jaringan komputer yang lain.

Sederhananya, Anda akan memiliki komputer virtual yang digunakan sebagai server atau kebutuhan lainnya. Sehingga tidak ada file yang perlu diunduh maupun disimpan ke komputer fisik. Sedangkan untuk mengakses komputer virtual tersebut, Anda hanya membutuhkan jaringan internet yang mana sudah dimiliki semua orang.

Jenis-Jenis Cloud Computing

Jenis-Jenis Cloud Computing

Cloud computing sendiri terdiri dari 3 jenis utama, yaitu:

  • Private Cloud
  • Community Cloud
  • Public Cloud

Sesuai dengan namanya, private cloud digunakan secara pribadi untuk kebutuhan perusahaan, bisnis atau keperluan perorangan lainnya. Biasanya bisnis dan startup yang ingin go digital menggunakan teknologi cloud computing jenis ini.

Kemudian ada community cloud, layanan cloud computing tertutup namun dengan jumlah pengguna yang lebih banyak. Biasanya, jenis cloud computing ini digunakan untuk kebutuhan sekolah, universitas, yayasan ataupun komunitas tertentu.

Dan terakhir ada public cloud, sebuah layanan cloud computing untuk kebutuhan umum. Layanan cloud computing ini terbuka untuk umum dan bisa digunakan oleh siapa saja. Salah satu jenis media cloud computing yang ada di depan mata kita semua adalah Youtube dan layanan cloud storage seperti Google Drive.

Manfaat Private Cloud untuk Bisnis yang Ingin Go Digital

Manfaat Private Cloud untuk Bisnis yang Ingin Go Digital

Meskipun bisa dibilang hal baru di Indonesia, namun cloud pribadi memiliki fungsi dan dampak yang sangat besar untuk bisnis Anda. Apalagi jika Anda ingin bisnis yang bisa bersaing dan menjangkau pelanggan di seluruh Indonesia dengan biaya yang lebih murah dan akses mudah.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Bisnis Online 2021 yang Menguntungkan

Oleh karena itu, berikut ini kami akan jelaskan sedikit tentang fungsi private cloud untuk bisnis yang ingin go digital.

Proteksi Data dan Keamanan Tingkat Tinggi

Berbeda dengan public cloud, Private Cloud dilengkapi dengan fasilitas keamanan tingkat tinggi. Sehingga data pribadi yang didaftarkan oleh pelanggan ke situs toko online Anda tidak akan pernah bocor, disebarluaskan, atau mengalami bentuk pelanggaran hak privasi lainnya.

Anda bahkan masih bisa meningkatkan lagi keamanannya dengan memasang perangkat keras khusus tempat berlangganan cloud pribadi agar seluruh data sensitif bisa di simpan dalam satu tempat yang sama.

Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir lagi dengan adanya resiko hacking, ransomware dan ancaman dalam dunia digital lainnya.

Tidak Membutuhkan Biaya Perawatan Selangit

Terkadang, server atau database yang digunakan untuk sebuah usaha maupun perusahaan membutuhkan biaya perawatan yang sangat besar. Sebab server fisik akan menyimpan seluruh datanya di dalam hardisk external.

Baik harddisk external maupun SSD memiliki masa guna masing-masing. Biasanya umur harddisk adalah 2 hingga 3 tahun sebelum akhirnya perangkat ini terlalu penuh, mulai fragmented dan sering membuat situs jadi error.

Sedangkan teknologi cloud computing dan private cloud akan menyimpan seluruh data mereka di internet atau cloud. Sehingga HDD maupun SSD sudah tidak dibutuhkan lagi untuk menyimpan data yang tampil di situs bisnis Anda.

Fitur Integrasi Hybrid

Berikutnya, private cloud juga dilengkapi dengan fitur integrasi hybrid. Fitur ini akan aktif ketika orang yang mengakses server terlalu besar. Sehingga cloud computing akan beralih dari private ke public secara otomatis dengan persetujuan Anda sebagai pemilik server.

Dengan begitu, Anda tidak perlu upgrade paket server setiap kali terjadi lonjakan pengunjung di situs usaha yang sedang dijalani. Dan dengan fitur integrasi hybrid pula, situs Anda akan selalu aktif dan bisa diakses selama 24 jam tanpa takut website down ketika server yang digunakan tidak mampu menampung banyaknya jumlah pengunjung.

Baca Juga:  3 Cara Mencari Keyword LSI dan Menerapkannya di Artikel

Dari sisi lain, Anda juga akan menghemat pengeluaran untuk menambah server atau cloud yang lain jika memang waktu sibuk seperti tadi hanya terjadi 1 atau 2 kali dalam setahun.

Bawa Bisnis Go Digital dengan Cloud Computing dari IDCloudHost

Bawa Bisnis Go Digital dengan Cloud Computing dari IDCloudHost

Untuk Anda yang berencana membawa bisnis go digital dengan memanfaatkan server cloud computing, IDCloudHost siap membantu dan menemani perjalanan bisnis Anda.

Sebab IDCloudHost merupakan salah satu Cloud Provider Indonesia terbaik dan paling responsif saat ini. Apapun bisnisnya, dimanapun wilayah operasinya, apapun medianya, IDCloudHost siap menemani perkembangan bisnis Anda menjadi go digital.

Salah satu layanan cloud computing terbaik yang disediakan oleh IDCloudHost adalah layanan private cloud-nya. Di sini, Anda bisa mendapatkan penawaran paket cloud pribadi dengan harga terbaik dan sangat terjangkau.

Jadi jangan khawatir bila bisnis yang Anda jalani masih kecil, belum memiliki banyak budget, atau belum pernah menggunakan media digital seperti website atau landing page sendiri sebelumnya. Karena layanan cloud pribadi di sini bisa digunakan oleh siapa saja baik profesional maupun yang masih pemula.

Kalaupun Anda belum mengerti bagaimana cara memasang cloud pribadi untuk website bisnis, para petugas dan customer service siap membantu menjelaskan bagaimana cara instalasinya dari awal hingga situs bisa diakses.

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai cloud computing dan private cloud beserta perannya dalam membawa bisnis go digital. Daripada menunda-nunda lagi, ayo segera kembangkan bisnis Anda ke dunia digital bersama IDCloudHost.

Tinggalkan komentar