Memahami Bagaimana Pengertian POSM yang Tepat

Berkembang pesatnya bisnis online, membuat banyak istilah-istilah baru muncul di dunia teknologi dan pemasaran. Salah satunya ada pengertian posm, biasa digunakan untuk bagian promosi atau iklan. Tahukah Anda tentang arti dari posm tersebut? Jika tidak, maka dapat mempelajarinya.

Membahas Tentang Pengertian POSM

POSM atau juga biasa disebut dengan POP atau POPM yaitu merupakan singkatan “Point of Sale Materials”. Yang dimaksud dengan materi iklan untuk digunakan sebagai media mengkomunikasikan informasi brand kepada konsumen di titik penjualan.

Pengertian POP atau POPM

Untuk paham secara rinci tentang POSM, sebaiknya pertama-tama kita memahami tentang apa itu pengertian POP dan POS. Di Dalam dunia pemasaran posm ini.

POS yaitu singkatan “Point of Sale” dipertimbangkan saat diskusi sudut pandang penjual. Yaitu menjual produk kepada konsumen. Sedangkan POP yaitu singkatan dari pembelian dan dipertimbangkan ketika diskusi dilihat pada sudut pandang pelanggan.

Itu artinya, POS dan POP merupakan poin yang sama. Akan tetapi, dapat digunakan dengan cara berbeda dari penjual dan konsumen. POSM ini pada umumnya dijadikan sebagai display. Guna mampu menarik banyak perhatian para konsumen.

Pilihan dari POP atau POPM

Terdapat banyak jenis pilihan POSM yang biasa digunakan sebuah perusahaan dalam kampanye iklan. sebagian dari mereka yaitu Pemalas, Poster, Dummy Boxes, leaflet dan leaflet Dispenser, Shelf Branding, wobblers, Shelf Talker, dll. Semua jenis POSM ini dipakai di POS atau POP.

Hal ini tentu tak boleh dipandang sebelah mata. Dikarenakan POSM adalah cara efektif agar konsumen semakin lebih lanjut untuk mengetahui tentang produk atau brand yang ditawarkan. Kepanjangan dari POSM yaitu Point Of Sales Materials.

Baca Juga:  Brand Franchise Teguk Menarik Kalangan Bawah

Sifat POSM

Pada dasarnya ialah materi iklan dapat digunakan dalam menampilkan informasi merk kepada penggunanya. Inilah salah satu bagian platform kampanye atau promosi BTL. Semua jenis posm bisa digunakan agar dapat mengeksekusi promosi iklan, pameran hingga presentasi.

Dikarenakan jenis-jenis tersebut dapat menarik perhatian banyak konsumen serta bisa mempromosikan merk. Tentu sifat POSM itu sendiri sebagai informatif yang mampu menarik minat dan merangsang pembelian secara langsung pada titik penjualan.

Jenis-jenis Pilihan POSM

Pada dasarnya, tidak ada bentuk, tipe, hingga ukuran perbaikan oleh POSM yang ada di pasaran. namun bisa dikategorikan sesuai dengan aplikasinya di dalam ritel. Adapun untuk jenis-jenisnya, yaitu:

Poster

Poster yaitu papan nama ditempel di permukaan vertikal datar, misalnya seperti dinding. Pada umumnya poster dengan ukuran sebagai berikut: Besar (24X36), Sedang (18X24), Kecil (11X17), dan A4.

Dimana tergantung sesuai dengan merk, kualitas, tema dan klasifikasi lainnya. Sedangkan untuk kualitas cetaknya, busa ditentukan masing-masing perusahaan tempat pembuatan poster tersebut.

Danglers

Dangler sini biasanya tanda “menggantung” di langit-langit toko ritel. Misalnya seperti yang sering dilihat, Dangler berupa kertas tebal bertuliskan“SALE” tertulis ada di atas toko atau tergantung di depan pintu.

Disisi lain, danglers satu ini pun juga dapat dikatakan bisa menjadi sebuah model produk tiga dimensi. pada merek. Dengan kata lain, setiap jenis font dapat digunakan sesuai dengan keperluan yang dipromosikan. Sehingga sangat tepat mempromosikannya untuk menarik minat calon konsumen.

Standee

Standee ini merupakan tampilan mandiri untuk mempromosikan kampanye atau komunikasi dan juga bisa disebut dengan skema. Dimana biasanya akan ditempatkan di luar ruangan atau luar outlet. Bertujuan guna lebih banyak menarik perhatian para pejalan kaki.

Baca Juga:  Beberapa Keuntungan Cek Merek Dagang Bagi Perusahaan

Selain itu, jenis POSM Standee ini juga terdiri dari beragam pilihan jenis. Seperti roll up Standee, floor standee, canvas standar, cute standee, MDF standee, 3D standee, LED Standee, dll.

Bunting

Bunting ini dapat dikatakan seperti Stiker, bendera, pita kecil juga ditandai dengan adanya utas yang berurutan untuk menjaga jarak seragam. Ini dikenal sebagai bunting di dalam terminologi POSM. Dimana bunting juga biasanya pada POSM, dapat digunakan di jendela ataupun juga di pintu.

Selain pilihan jenis di atas, tentu untuk posm itu sendiri masih memilih pilihan. Dimana jenis utama pada POSM lainnya yaitu tampilan jendela LED, stiker, unit melayang, wobbler, display highlighter akrilik, dan lainnya. Semuanya tentang materi ini dapat digunakan untuk mempromosikan komunikasi.

Tips Memaksimalkan POSM

Fungsi umum dari posm ini yaitu saja sama, dari setiap jenis pilihannya. Dimana sama-sama bertujuan agar dapat dikenal banyak orang. Akan tetapi agar fungsinya mampu berjalan sesuai antara keinginan dengan hasil yang diterapkan, ada beberapa poin yang penting diperhatikan sebelum membuatnya.

Pastikan terlebih dahulu harus tahu tentang identitas brand Anda miliki, atau apa saja ingin disampaikan le at point to purchase ini. Dengan begitu, dapat semakin eye catching. Selain itu, perlu tahu identitas merk atau produk agar lebih mudah menyasar target audience.

Tentu Anda harus membuat gimmick, sekiranya dapat membuat orang lebih penasaran dan ingin menyentuhnya. Sudah jelas jika memilih jenis terbaik yang cocok untuk penggunaan dari POSM display juga menjadi hal cukup krusial bagi para produsen.

Oleh karena itu, pastikanlah bisa memilih jenis yang cocok sesuai tema serta desain produk Anda. Dikarenakan, jika asal-asalan, mungkin saja akan menimbulkan ketidakcocokan antara desain dan promosi.

Baca Juga:  Pengertian Design Sprint Beserta Manfaat dan Tahapannya

Fungsi POSM

Untuk fungsi POSM dapat digunakan supaya mampu meningkatkan kesuksesan campaign, serta penjualan pun. Tapi harus sesuai target, jika tak bisa dilakukan secara baik. Sangat disayangkan sudah susah payah membuat POSM, tapi tak dilirik orang lain.

Akan tetapi, jangan berkecil hati, sebab Anda dapat memilih jasa untuk pembuatan POSM display berkualitas terbaik. Akan siap membuatkan display dari nol hingga keinginan anda. Dijamin produk yang ditawarkan berjalan sukses.

Fungsi lain dari POSM display ini pun dapat dijadikan untuk dekorasi menarik di toko Anda, menjadikan tampilan display terlihat semakin rapi dan tertata. Dengan begitu akan mudah untuk diingat konsumen, bisa membuat sebuah merek awareness.

Manfaat POSM

Manfaat adanya teknik marketing POP ini penting dalam dunia pemasaran pada sebuah produk. Hal inilah yang membuat POP sangat perlu digunakan, guna keberhasilan dari strategi pemasaran produk. Dengan begitu, adanya posm ini sangat berfungsi guna memberikan informasi kepada banyak orang dengan promosi dan penyambutan tepat. Pastinya juga akan mudah diingat.

Selain dapat meningkatkan penjualan produk yang dipasarkan, tentu juga dipastikan dapat mengkampanyekan perusahaan ataupun toko dan ritel. Dapat dipastikan akan semakin berkembang. Inilah fungsi dari posm display jenis mana saja yang digunakan.

Asalkan tepat memilih antara jenis posm dengan tujuan promosi, iklan, kampanye dan lainnya yang ingin disampaikan. Dengan begitu, akan selalu sukses menarik perhatian dan minat banyak orang.

Fungsi menggunakan posm ini pun juga tentu saja selain menarik perhatian. Pastinya dapat menonjolkan berbagai keistimewaan produk. Serta jika di perusahaan, bertujuan memenangkan persaingan soal menarik perhatian para konsumen.

Penutup

Inilah penjelasan tentang teknik marketing sekaligus paham mengenai pengertian posm. Membuat point of purchase agar strategi pemasaran bisa lebih meningkatkan penjualan produk.

Tinggalkan komentar