Manfaatkan Masa Pandemi dengan Belajar Bahasa Inggris Online Bersama Lister

Momen yang paling tepat untuk melatih kemampuan baru seperti belajar bahasa Inggris, melukis, coding, dan masih lainnya adalah di masa pandemi seperti sekarang ini, dimana saya dan semua orang di dunia dipaksa harus diam di rumah. Sehingga ketika masa new normal yang sebenarnya sudah tiba, kita semua bisa memulai hidup baru dengan skill yang lebih banyak.

Bahasa Inggris sendiri merupakan salah satu kemampuan yang sangat dibutuhkan untuk orang-orang bila ingin bersaing dalam kancah international. Meskipun tidak wajib, namun hampir semua perusahaan saat ini sudah menetapkan bahasa Inggris sebagai persyaratan maupun nilai tambah untuk para karyawannya.

Oleh karena itu, ayo manfaatkan masa pandemi ini dengan belajar bahasa Inggris online bersama Lister.

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Sejak jaman dulu, bahasa Inggris merupakan bahasa international yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Hal ini berkaitan dengan sejarah kerajaan Inggris Raya yang menjajah dan menguasai hampir 25% dunia dengan lebih dari 200 negara yang dikuasai.

Oleh karena itu, penggunaan bahasa Inggris tentunya banyak digunakan di negara-negara bekas jajahan Inggris dari dulu hingga sekarang. Itulah mengapa, bahasa Inggris ditetapkan sebagai bahasa international.

Tetapi pentingnya belajar bahasa Inggris bukan hanya sebatas untuk menghargai dan mengetahui sejarahnya saja. Berikut ini saya sudah siapkan berbagai macam alasan mengapa bahasa Inggris sangat penting untuk hidup masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda yang sedang mencari kerja

Untuk Bisa Memahami Teknologi dengan Lebih Mudah

Semua orang pasti sadar bahwa di era globalisasi seperti sekarang teknologi memiliki peran yang sangat besar. Baik untuk pekerjaan, media sosial, hingga peralatan rumah tangga.

Baca Juga:  Cara Top Up Saldo OVO Via Mobile Banking

Saat ini tidak aneh bila melihat tetangga atau saudara yang membeli elektronik canggih namun tidak bisa menggunakannya dengan benar. Sebab hanya sebagian kecil dari mereka yang membaca buku panduan untuk gawai tersebut.

Mengapa tidak dibaca? Sebab buku panduan dan seluruh menu dalam gawai ditulis dalam bahasa Inggris. Sedangkan bila tidak bisa bahasa Inggris, maka gawai tersebut hanya akan digunakan dengan cara mengira-ngira saja.

Contoh yang setiap hari saya temui adalah dalam masalah HP. Tidak semua orang tahu bahwa tiap HP Android maupun iOS sudah dibekali dengan fitur untuk menghapus file yang tidak perlu dalam memori. Hal ini dijelaskan dalam pengaturan maupun buku panduan yang didapatkan saat membeli HP tersebut.

Namun karena tidak mengerti dan tidak ingin belajar bahasa yang digunakan di HP tersebut, maka orang lebih pilih cara mudah dengan mengunduh aplikasi pihak ketiga. Padahal aplikasi pihak ketiga dengan iming-iming “meringankan memori HP” justru adalah penyebab utama HP Android jadi lemot.

Modal untuk Meningkatkan Karir

Seperti yang sudah saya katakan tadi, belajar bahasa Inggris merupakan salah satu modal utama yang membuat calon karyawan lebih dilirik oleh perusahaan. Namun jika sudah punya pekerjaan sekalipun, tiap karyawan tetap membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris yang baik jika ingin naik jabatan.

Biasanya perusahaan menetapkan syarat berupa nilai TOEFL tertentu. Untuk BUMN dan perusahaan swasta bertaraf international, biasanya standar TOEFl yang dibutuhkan adalah 450 hingga 500 dari nilai maksimal 677.

Semakin tinggi jabatan yang ingin diraih, maka semakin tinggi pula nilai TOEFL yang harus dimiliki. Kalaupun tidak diberlakukan standar TOELF, karyawan yang ingin naik jabatan minimal harus bisa berbicara dan mengerti ketika orang lain bicara dalam bahasa Inggris.

Baca Juga:  Layanan Transaksi Keuangan Online dari BRI

Bisa Berkomunikasi di Forum Online Mana Saja

Pentingnya paham bahasa Inggris yang terakhir dan paling penting untuk saya adalah bisa berkomunikasi dan sharing di forum online mana saja. Walaupun tidak ada hubungannya dengan pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari, namun faktanya tidak sedikit orang yang belajar Inggris hanya agar bisa berdiskusi di forum online.

Mengingat forum online akan dihuni oleh orang dari berbagai dunia, pastinya mustahil jika saya berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia di sana.

Jadi bahasa Inggris menjadi penolong ketika saya tidak mengerti bagian dalam film, komik, buku, kartun, atau anime dan ingin mendiskusikannya dengan orang-orang yang punya kesukaan serupa.

Bukan hanya itu, forum online juga menjadi penyelamat ketika ada HP atau barang elektronik yang rusak. Sebab jika ada orang lain dari seberang lautan yang punya masalah sama, pasti mereka akan membagikan cara mengatasinya melalui forum online berbahasa Inggris.

Siapa yang Perlu Belajar Bahasa Inggris?

Siapa yang Perlu Belajar Bahasa Inggris

Dari tulisan di atas saja sebenarnya sudah bisa disimpulkan bahwa semua orang perlu mempelajari bahasa Inggris. Tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan, masih sekolah, kuliah atau sudah kerja sekalipun, sangat disarankan untuk belajar berbahasa Inggris bila punya kesempatan.

Tetapi, ada waktu-waktu yang sangat tepat untuk belajar berbahasa Inggris. Diantaranya:

Anak-anak Pra-Sekolah

Membiasakan dan mengajarkan bahasa Inggris kepada anak sebelum masuk sekolah adalah keputusan yang sangat tepat. Karena dengan begitu, di usia dewasa nanti buah hati Anda tidak akan terlalu bingung lagi ketika berbahasa Inggris di sekolah.

Tapi perlu diingat, berbahasa Inggris sejak kecil bukan berarti harus menggunakannya setiap hari dalam percakapan di rumah dan meninggalkan bahasa Indonesia.

Karena tidak sedikit anak-anak muda yang lebih lancar berkomunikasi dengan bahasa Inggris dibanding bahasa Indonesia karena kebiasaan dari kecil.

Murid Sekolah yang Ingin Mendaftar ke Perguruan Tinggi

Dari SD hingga SMA, sudah ada pelajaran bahasa Inggris di sekolah. Namun ketika ingin memasuki perguruan tinggi, dibutuhkan pelajaran bahasa Inggris khusus sebagai salah satu persyaratannya.

Baca Juga:  Memahami Penggunaan Kata Jumlah dalam Bahasa Inggris

Karena selain digunakan untuk mendaftar kerja, TOEFL juga dibutuhkan untuk mendaftar ke universitas dan perguruan tinggi. Umumnya standar TOEFL untuk mahasiswa S1 adalah 80 hingga 100 TOEFL iBT dari nilai maksimal 120.

Ketika Sudah Lulus Kuliah dan Ingin Melamar Kerja

Terakhir, para fresh graduate dan orang-orang yang ingin melamar kerja juga perlu dilatih kembali bahasa Inggrisnya. Karena seperti yang sudah dikatakan tadi, nilai TOEFL minimal untuk melamar ke perusahaan BUMN adalah 450 dari nilai maksimal 500.

Jika tidak di-review kembali, ilmu-ilmu tentang grammar, spelling dan aspek dalam bahasa Inggris lainnya yang kita pelajari di sekolah bisa saja terlupakan ketika sedang tes untuk melamar kerja.

Kenapa Harus Bersama Lister?

Kenapa Harus Bersama Lister

Salah satu tempat belajar Bahasa Inggris online terbaik yang akan saya ikuti di masa pandemi ini adalah Lister. Karena di sini, seluruh proses pembelajaran bisa dilakukan dari rumah hanya dengan bermodalkan internet. Bukan hanya itu, Lister juga memiliki banyak keunggulan lain seperti:

  • Tutor yang profesional dan pengalaman
  • Banyak pilihan materi sesuai kebutuhan
  • Bukan hanya tentang menulis, tapi juga belajar mendengarkan dan berbicara dalam bahasa Inggris
  • Punya kurikulum dan level yang bisa disesuaikan dengan kemampuan murid
  • Menjadi tempat mendapatkan teman baru
  • Tutor siap membimbing bila ada hal yang tidak dimengerti meskipun di luar jam pelajaran
  • Tidak terbatas oleh umur

Lister juga menyediakan kelas khusus untuk TOEFL, IELTS, Academic Writing, Speaking, dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa alasan pentingnya belajar bahasa Inggris untuk semua orang, termasuk untuk saya sendiri. Jadi daripada bermalas-malasan dan jenuh di rumah selama 1 tahun penuh, ayo manfaatkan masa pandemi ini dengan melatih skill baru yaitu berbahasa Inggris bersama Lister dari rumah.

Tinggalkan komentar