Green Jobs: Peluang Kerjanya Anak Muda untuk Indonesia Lebih Bersih

Green Jobs: Peluang Kerjanya Anak Muda untuk Indonesia Lebih Bersih – Baru lulus kuliah tapi bingung mau melamar kerja dimana? Atau bahkan masih bimbang ingin kuliah jurusan apa? Kalau punya kegelisahan yang sama, mungkin Green Jobs adalah jawaban yang selama umat manusia, khususnya generasi muda, cari.

Green Jobs sendiri merupakan istilah yang masih asing di telinga masyarakat Indonesia, khususnya untuk kalangan sebelum millennial. Karena layaknya menjadi influencer dan Youtuber untuk millennial, Green Jobs merupakan profesi yang sangat cocok untuk dijalani oleh generasi Gen Z.

Sebab Green Jobs membutuhkan tenaga-tenaga muda yang kreatif, cinta lingkungan dan pemerhati alam di sekitarnya. Yang mana sangat menjelaskan karakter dari generasi Gen Z yang berkualitas.

Apa itu Green Jobs?

Apa itu Green Jobs

Green Jobs merupakan istilah baru yang ditetapkan oleh ILO (International Labour Organization) alias Organisasi Buruh International. ILO menetapkan bahwa pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan alam, khususnya yang berhubungan dengan perawatan lingkungan, akan diklasifikasikan ke dalam kategori khusus bernama Green Jobs.

Jadi bisa dibilang, orang-orang yang memiliki profesi Green Jobs adalah penyelamat dunia sekaligus super hero di dunia nyata.

Tetapi pahlawan super yang dibicarakan di sini bukanlah super hero dengan jubah atau kekuatan super. Tetapi orang-orang yang rela menghabiskan waktu dan tenaga mereka untuk mengembangkan teknologi yang bisa merawat SDA dan mencegah kerusakan alam yang semakin parah.

Lahirnya Green Jobs tentunya dilatarbelakangi dengan semakin menyedihkannya kondisi bumi, tempat umat manusia tinggal. Dengan banyaknya pertambangan minyak sebagai bahan bakar utama masyarakat, penebangan hutan liar, gunung-gunung yang digali sebagai tambang kapur, dan masih banyak lagi tindakan perusak lingkungan lainnya yang membuat kondisi bumi makin mengkhawatirkan.

Baca Juga:  3 Cara Mengubah PDF ke Word dengan Mudah

Perilaku perusakan lingkungan juga bukan hanya tindakan yang mengkhawatirkan, tetapi juga menakutkan. Sebab kita, masyarakat yang tidak tahu apa-apa dan tidak mendapat keuntungan sama sekali, justru bisa jadi orang yang terkena dampak dari tindakan tersebut.

Melihat kepada kejadian beberapa bulan yang lalu, terjadi banjir yang sangat mengkhawatirkan di Kalimantan Selatan. Tepat beberapa bulan sebelum musibah tersebut, terjadi pula kebakaran hutan di Kalimantan yang kemungkinan besar akan digunakan untuk menanam pohon sawit.

Pihak kepolisian bahkan sudah menangkap “tersangka” yang membakar lahan tersebut. Sekarang pertanyaannya, apakah semua masyarakat Kalimantan Selatan ikut membakar hutan untuk sawit? Tentu saja tidak.

Tapi apakah masyarakat yang tidak bersalah ikut merasakan dampak dari kerusakan alam tersebut? Iya, bahkan masyarakat tidak bersalah lah yang menjadi korban paling parah dari dampak kerusakan alam, pembakaran hutan, penambangan kapur di gunung, dan masih banyak lagi.

Itulah mengapa, generasi muda— harapan utama umat manusia di seluruh dunia— akan memberikan kontribusi yang sangat besar untuk menyelamatkan keluarga, saudara, orang-orang di sekitar, negara bahkan bumi ini dengan menjadi bagian dari Green Jobs.

Contoh Peluang Kerja Green Jobs untuk Anak Muda

Contoh Peluang Kerja Green Jobs untuk Anak Muda

Bagaimana caranya menjadi bagian dari Green Jobs?“, “Aku lulusan IPS, apa bisa punya pekerjaan tipe Green Jobs?“, “Tugas Green Jobs kayanya berat. Pasti pekerjaannya juga sulit, ya?“.

Pikiran-pikiran seperti di atas sebenarnya tidak salah, tapi tidak benar juga. Karena faktanya, semua orang bisa menjadi bagian dari Green Jobs. Anak muda, orang tua, lulusan IPS, lulusan IPA, laki-laki, perempuan, intinya semua orang dari semua kalangan masyarakat.

Baca Juga:  Harga Paket Lengkap IndiHome untuk Internet, TV, dan Telepon Kabel

Dan ternyata, pekerjaan Green Jobs tidak sesulit dan seasing yang saya kira. Sebab orang-orang yang berprofesi Green Jobs sudah ada di sekitar hidup saya sejak lama, contohnya:

  • Petani di kota atau Urban Farmers
  • Waste Management startup
  • Bisnis makanan organik
  • Teknisi dan peneliti solar panel dan energi surya
  • Bisnis eco fashion
  • Ecopreneur
  • Teknisi dan peneliti mobil listrik
  • Energy startup
  • Pengembang sumber daya alam yang dapat diperbaharui
  • Arsitek khusus bangunan ramah lingkungan
  • Pertanian dan peternakan modern

Dan masih banyak lagi peluang kerja menjadi Green Jobs yang lain. Semuanya terbuka lebar dengan prospek dari segi penghasilan maupun manfaat yang sangat menguntungkan.

Bisa dibilang, saya akan dibayar untuk menyelamatkan bumi dan orang lain. Jika punya kesempatan, semua orang pastinya mau melakukan pekerjaan seperti itu. Jadi jangan lewatkan kesempatan seperti ini.

Kenapa Harus Pilih Green Jobs?

Kenapa Harus Pilih Green Jobs

Sebagai salah satu jenis pekerjaan baru, tentunya masih banyak orang yang bingung tentang mengapa harus pilih Green Jobs daripada jenis pekerjaan lainnya. Jika bicara tentang penghasilan, mungkin pekerjaan yang “merusak” lingkungan punya gaji yang lebih besar daripada yang “merawat” lingkungan.

Oleh karena itu, saya punya beberapa alasan mengapa Green Jobs harus ada di daftar pertimbangan profesi masa di masa depan.

1. Dibayar Untuk Menyelamatkan Bumi

Jika diminta memilih antara dibayar untuk merusak bumi dan dibayar untuk merawat bumi, mana yang akan dipilih?

Dibayar dengan uang milyaran per tahun untuk merusak bumi memang terdengar menggiurkan. Tapi apa jadinya jika bumi sudah benar-benar rusak hingga tidak ada lagi sumber daya yang bisa saya dapatkan? Saat itu terjadi, apa saya tetap bisa mendapatkan uang milyaran per tahun?

Baca Juga:  2 Cara Daftar m-Banking BRI Mudah dan Cepat

Sedangkan dengan dibayar untuk merawat bumi, tentunya saya bisa mendapatkan penghasilan stabil dan jangka panjang. Tanpa perlu khawatir bila suatu saat lahan penghasilan saya habis karena sudah tidak ada lagi yang bisa “dirusak“.

Bahkan selain mendapatkan penghasilan, saya juga bisa memberi kehidupan yang lebih nyaman untuk orang lain. Bukan justru merusak dan membawa bencana, musibah, dan kesedihan kepada orang lain.

2. Memberikan Kehidupan yang Lebih Baik untuk Anak & Cucu

Dengan merawat bumi, tentunya saya bukan satu-satunya orang yang diuntungkan. Namun juga anak & cucu dan generasi-generasi keturunan saya yang berikutnya.

Hal yang sama juga berlaku ketika saya merusak lingkungan. Dengan menebang hutan untuk perkebunan sawit, membangun di lahan hijau, dan melakukan kerusakan lingkungan lainnya, saya juga secara tidak langsung memberikan bumi yang lebih buruk untuk anak cucu di generasi berikutnya.

Itulah mengapa, Green Jobs memberi kesempatan untuk generasi berikutnya mendapatkan kehidupan yang lebih layak, dengan masih banyak hutan, pohon, sumber daya alam, dan kondisi alam lainnya yang masih terjaga.

3. Memberi Dampak Besar pada Perekonomian Negara dan Dunia

Berdasarkan data yang dikumpulkan di Amerika, perusahaan dan startup yang bergerak di bidang clean energy menjadi salah satu pengaruh terbesar pergerakan ekonomi di sana. Bahkan untuk bisnis kelas kecil sekalipun, prospek jangka panjangnya sangat cerah dengan ribuan proyek menunggu setiap tahun.

Sedangkan di Indonesia, Green Jobs baru saja memulai langkah baru yang masih segar. Tidak menutup kemungkinan bila sektor pekerjaan ini akan memberi dampak yang sama di negara-negara maju.

Penutup

Itulah dia penjelasan mengenai Green Jobs beserta alasan dan beberapa contoh profesinya. Jika bisa dibayar untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran, kenapa harus pilih dibayar untuk merusak bumi?

Tinggalkan komentar