2 Cara Cek Trademark Indonesia dengan Mudah

Trademark Indonesia merupakan merek dagang yang berfungsi sebagai identitas dari sebuah produk. Secara istilah merek dagang atau trademark merupakan merek yang digunakan pada sebuah produk untuk diperdagangkan oleh seseorang atau banyak pihak secara bersama-sama yang juga berfungsi sebagai pembeda dengan produk sejenis lainnya.

Merek dagang atau trademark berfungsi sebagai pembeda dengan produk sejenis, oleh sebab itu apabila terdapat kesamaan akan menimbulkan masalah hukum. Agar produk atau jasa dari sebuah perusahaan mendapatkan perlindungan hukum maka trademark tersebut harus terdaftar di HKI (Hak Kekayaan Intelektual).

Sebelum Anda mendaftarkan merek dagang Anda, Anda harus mengecek terlebih dahulu merek yang akan didaftarkan. Hal ini sangat penting, karena apabila terdapat merek dagang yang sama, bisa terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jika merek pernah didaftarkan, maka beresiko merek dagang Anda akan diberi gugatan ke pengadilan. Selain itu merek dagang juga bisa mengalami penolakan saat didaftarkan. Oleh sebab itu, alangkah baiknya Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum mendaftarkan trademark atau merek dagang Anda.

Cara Cek Trademark Indonesia di HKI

Cara melakukan pengecekan trademark dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara online atau melalui konsultan HKI.

Cara Cek Trademark Online

Cek trademark secara online merupakan cara yang sangat mudah dan praktis dilakukan. Caranya cukup mudah dan tidak repot. Anda dapat melakukan pengecekan dimana saja. Namun, Anda perlu teliti dalam melakukannya. Berikut merupakan langkah-langkah cek trademark secara online :

  • Buka halaman situs Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Ditjen KI di pdki-indonesia.dgip.go.id.
  • Jika Anda sudah masuk pada situs, maka akan muncul beberapa menu pilihan yaitu Merek, Paten, Desain Industri, Hak Cipta, dan Indikasi Geografis.
  • Untuk melakukan cek trademark atau merek dagang maka Anda harus memilih menu Merek.
  • Setelah itu akan muncul sebuah kolom pengecekan. Ketik trademark yang akan Anda cek. Lalu, klik cek dan tunggu hingga daftar merek muncul.
  • Jika Anda ingin melakukan pengecekan secara lebih spesifik, maka Anda bisa menggunakan menu Pencarian Terstruktur Merek di kolom yang sama.
  • Anda dapat mengisi kolom secara lebih komplit berdasarkan nomor, periode, teks, atau asal pemilik.
  • Kemudian klik Search All.
  • Maka akan muncul hasil pencarian.

Cek Trademark Melalui Konsultan HKI

Selain dengan cara online yang praktis, Anda juga dapat melakukan pengecekan trademark melalui jasa Konsultan HKI. Cara ini cocok untuk Anda yang kurang paham cara melakukan pengecekan secara tepat. Cara ini juga cocok bagi Anda yang baru merintis bisnis, karena Anda akan dibimbing dalam proses pendaftaran trademark.

Konsultan HKI merupakan orang yang mempunyai keahlian yang mumpuni di bidang hak kekayaan intelektual dan memberikan pelayanan jasa di bidang pengajuan atau pendaftaran trademark di HKI. Para konsultan HKI biasanya telah terhimpun di dalam wadah Asosiasi Konsultan HKI Indonesia.

Cara cek trademark melalui konsultan HKI sangat mudah, Anda Cuma harus mempersiapkan biaya jasa konsultan. Untuk melakukan cek trademark milik Anda, Anda hanya perlu menghubungi salah satu konsultan HKI.

Salah satu konsultan HKI adalah Patendo. Konsultan HKI ini melayani beberapa pelayanan seputar HKI mulai dari pendaftaran merek, pengecekan merek dan perpanjangan merek. Biaya pengecekan merek di konsultan ini mulai dari Rp 200.000 per merek dan per kelas.

Itulah 2 cara untuk mengecek indonesia trademark registration dan Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan melakukan pengecekan, Anda akan merasa lebih aman dalam menjalankan bisnis Anda.

Tinggalkan komentar