3 Cara Memperbaiki Lampu LED yang Bermasalah

Lampu LED sekarang ini banyak digandrungi banyak orang , setiap rumah sekarang sudah memiliki lampu LED sebagai penerang. Karena dinilai lampu ini sangat awet, hemat energi dan juga ramah lingkungan. Namun yang namanya barang dan ciptaan manusia ada kalanya digunakan baru sebentar langsung rusak mati maupun redup saja. Pada kesempatan ini kami akan mengulas cara memperbaiki lampu LED rumah yang mati sendiri.

Sebenarnya lampu LED ini memiliki keawetan yang Panjang, tergantung kualitas komponen yang digunakan, terutama pada kualitas LED. Jika menggunakan lampu LED yang mempunyai nilai kualitas yang rendah, saat digunakan dengan jangka yang baru beberapa bulan saja lampu LED akan sering rusak dengan gejala seperti mengeluarkan asap, ada ledakan dan cahaya redup.

Brand – brand lampu LED telah berlomba-lomba mengunggulkan sebuah produknya, banyak sekali yang menawarkan di sebuah iklan bahwa lampu LED bisa tahan 15-20 tahun. Apakah benar bisa bertahan selama itu?

Belum tentu hal tersebut bisa dibuktikan, karena pada hakikatnya lampu LED memiliki standar yang hitungannya adalah jam. Jadi apabila menggunakan lampu LED setiap hari selama 24 jam non-stop, belum sampai satu tahun pasti lampu tersebut akan mati. Karena daya tahan lampu butuh istirahat dan juga butuh menstabilkan suhu lampu LED.

Namun ketika Anda mempunyai lampu LED yang sudah mati maupun redup jangan cepat-cepat diganti dan langsung dibuang, Anda bisa memperbaiki lampu LED ITU sendiri. Cara memperbaiki lampu LED tergolong cukup mudah dan gampang untuk dipelajari, asalkan dengan catatan komponen jangan sampai meledak atau gosong.

Pada prakteknya cara memperbaiki lampu LED rusak karena mati lebih mudah daripada memperbaiki lampu LED yang redup. Karena saat memperbaiki lampu LED yang redup Anda harus menyiapkan alat-alat elektronika seperti solder dan tester untuk mengganti komponen pendukungnya. Sebab kebanyakan lampu LED yang redup di karenakan ada kerusakan pada elko dan resistor.

Baca Juga:  5+ Tips Memilih Hotel di Surabaya dengan Kualitas Terbaik

Berikut ini kami bagikan trik dan tips cara memperbaiki lampu LED mati dan redup. Simak baik-baik ulasan dibawah ini. Sebelum melangkah ke pembahan cara memperbaiki lampu LED sendiri, pahami dulu pengertian dari LED.

Pengertian Lampu LED

Dikutip situs rezekibarokah.com LED (Lighting Emitting Diode) adalah cahaya pancaran diode. Maksudnya yaitu sebuah komponen elektronika yang bisa menghasilkan cahaya monokromatik, yang mana bisa menyala saat dialiri tegangan maju. LED ini bisa menghasilkan berbagai aneka warna sesuai dengan bahan semikonduktor yang telah digunakan.

Selain itu, LED juga dapat memancarkan sinar inframerah. Contohnya seperti remot peralatan elektronik televisi, AC, kipas angin dll. Bentuk lampu LED ini mirip sama seperti bohlam namun lebih kecil, dengan begitu mudah dipasang diberbagai peralatan elektronik. Sifatnya pun tidak panas seperti lampu pijar dan sering di gunakan dia alat elektronik sebagai penerang di dalam TV LED atau TV LCD.

Konsumsi daya listrik lampu LED cukup hemat sekali, yang dimana mempunyai dua kutub yaitu anoda dan katoda, artinya memiliki kutub positif dan kutub negatif. Jadi jika Anda memasangnya terbalik maka akan terjadi kerusakan, sebab termasuk dalam jenis berpolaritas. Saat menggunakan LED diharuskan juga memasang sebuah UPS (Uninterruptible Power Supply), karena LED sangat sensitif terhadap lonjakan arus dan jika terjadi terus menerus akan mudah rusak.

Baca Juga:  4 Peluang Usaha Rumahan 2021 yang Menjanjikan

Cara Memperbaiki Lampu LED yang Bermasalah

Sebelum melangkah ke praktik teknik cara memperbaiki lampu LED, alangkah baiknya Anda mempersiapkan bahan yang akan digunakan seperti multitester, tinol komponen diode, solder, resistor, dan elko 100v – 160v. Karena hal tersebut akan mempermudah nantinya saat memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Lampu LED Mati Total Tanpa Adanya Gejala

  1. Pertama buka casing lampu LED dengan cara diputar ke kiri
  2. Kemudian siapkan alat Avometer / multitester, elemen solder, dan pinset
  3. Lakukan tes dengan satu per satu micro LED dengan alat avometer / multitester. Jika ada salah satu micro LED yang tidak menyala, itu artinya ada yang terputus, dan semuanya pun tidak akan bisa bekerja.
  4. Setelah itu tandai micro LED yang terputus tadi.
  5. Anda bisa menganalisa dengan kasat mata tanpa menggunakan avometer / multitester dengan adanya bercak hitam gosong pada bagian micro LED.
  6. Apabila terdapat bercak hitam itu bertanda micro LED putus.
  7. Selanjutnya lepas semua bagian komponen luar LED
  8. Letakkan komponen LED pada elemen solder, dengan posisi micro LED yang terputus tadi berada tepat diatasnya.
  9. Copotlah micro LED yang gosong tadi dengan menggunakan pinset.
  10. Sesudah micro LED terlepas, kemudian satukan Kembali dengan kedua posisi positif dan negative dengan menggunakan solder. Fungsinya yaitu sebagai jalur untuk menghidupkan micro LED yang lainnya.
  11. Selanjutnya letakkan kembal bagian komponen luar ke dalam lampu LED
  12. Lampu LED akan Kembali menyala.

Cara Memperbaiki Lampu LED Mati Total Akibat Elco Rusak

Anda sudah melakukan Langkah diatas, namun lampu LED belum menyala? Kemungkinan ada kerusakan pada elco atau kapasitor elektrolit yang mengembang. Anda bisa melakukan trik dibawah ini:

  1. Pertama bukalah komponen luar lampu dan periksa komponen dalamnya.
  2. Tes kerusakan pada elco dengan menggunakan alat Avometer / multitester.
  3. Sambungkan antara kutub postif negatif Avometer ke kutub positif negative elco.
  4. Setelah itu analisis, jika Avometer tidak menunjukkan angka kiloohm, artinya elco harus di ganti dengan yang baru maupun second yang tetap bisa digunakan.
  5. Anda bisa menggantinya dengan elco yang baru sesuai dengan ukuran yang sama dan nilai yang sama.
  6. Selanjutnya pasang Kembali elco sesuai dengan kutub positif dan negatifnya.
  7. Kemudian tes Kembali lampu LED Anda untuk memastikan nyala atau tidak.
Baca Juga:  5 Ide Usaha Kreatif di Masa Pandemi

Cara Memperbaiki Lampu LED yang Redup

Banyak kasus lampu LED yang cahaya nya sangat redup sekali, hal tersebut biasanya dikarena factor diode bridge yang sudah rusak atau kerusakan pada resistor. Jika yang terjadi kerusakan pada diode bridge, maka harus ganti lampu LED yang baru atau mengclaim ke toko apabila masih ada garansi.

Tetapi jika penyebabnya ada pada resistor, Anda bisa memperbaikinya sendiri. Berikut ini cara memperbaiki lampu LED:

  1. Langkah pertama buka dulu bagian luar lampu LED.
  2. Selanjutnya ukur tegangan arus resistornya.
  3. Jika terjadi penurunan pada tegangan resistor, maka berikan flux pada titik resistor.
  4. Kemudian solder pada titik kapasitor, dan copotlah kapasitornya.
  5. Gantikan kapasitor yang rusak tersebut dengan yang baru.
  6. Terakhir pasang Kembali LED.
  7. Lampu LED rumah akan menyala Kembali.

Penutup

Nah, itulah beberapa tips cara memperbaiki lampu LED sendiri dirumah dengan alat-alat yang sederhana. Semoga dengan adanya artikel ini kita bisa menambah wawasan dan pengetahuan. Disaat lampu LED di rumah sedang rusak jangan langsung di buang, bisa dicoba memperbaiki sendiri atau kalau sudah tidak mampu bisa dibawa ke service lampu.

Tinggalkan komentar