Jangan Terkecoh! Ini Dia Ciri-ciri Mobil Bekas yang Berkualitas

Mobil merupakan salah satu kebutuhan bagi beberapa orang dengan ekonomi yang berkecukupan atau memiliki kelebihan. Beberapa di antaranya seringkali melakukan pembelian kendaraan bekas karena harganya relatif lebih murah. Salah satu contohnya ialah harga Fortuner bekas yang bisa kurang dari 200 juta rupiah.

Untuk harganya memang bisa bervariasi bergantung siapa yang melakukan penjualannya serta kondisi mobilnya. Secara umum hal yang paling berpengaruh terhadap harga penjualan mobil tersebut yaitu kondisi dari mobil itu sendiri. Bahkan kondisi dari kendaraan tersebut harus menjadi prioritas utama saat Anda ingin memilih kendaraan mana yang akan dibeli.

Meskipun harganya terlihat murah Anda jangan langsung terkecoh dan langsung menyetujui pembelian dengan harga yang ditawarkan. Anda harus mengetahui ciri-ciri mobil bekas yang berkualitas dan menyesuaikan dengan harga yang ditawarkan. Jangan sampai Anda mendapat kerugian karena tergesa-gesa dalam memilih kendaraan tersebut.

Ciri-ciri Mobil Bekas Berkualitas

Anda bisa mengamati beberapa ciri-ciri mobil bekas berikut ini yang perlu ada dalam sebuah mobil yang membuat Anda tertarik untuk dibeli.

Baca Juga:  4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Mobil Bekas Jakarta

Asap Knalpot Tidak Berwarna

Ciri-ciri yang pertama ialah asap knalpot yang dikeluarkan tidak akan berwarna baik berwarna putih pekat atau bahkan menghitam. Jika berwarna hitam maka proses pembakarannya tidak tuntas dan sempurna. Selain itu, jika asap knalpot berwarna putih pekat itu berarti terdapat campuran oli pada mesin pembakarannya.

Untuk hal ini Anda perlu melakukan test drive terlebih dahulu untuk melihat asap yang keluar dari knalpot apakah berwarna putih, hitam atau tidak ada warna sama sekali. Jika sudah memenuhi ciri-ciri ini maka harga Brio bekas atau mobil lainnya yang ditawarkan bisa Anda pertimbangkan dengan baik.

Suara Mesin Halus

Ciri-ciri berikutnya ialah suara mesin yang halus pada saat Anda menyalakan mobil tersebut. Selain memeriksa asap yang keluar dari knalpot Anda juga bisa mendengarkan bagaimana suara mesin yang keluar dari mobil ini. Setelah Anda mendapatkan penawaran harga yang cukup murah maka pastikan Anda juga memeriksa suara mesin dari mobil tersebut.

Pastikan Anda tidak mendengar suara gesekan atau benturan perkakas pada saat mobil menyala terutama dari bagian dalam mobil. Suara yang halus harus terdengar pada saat mesin dinyalakan baik dalam kecepatan sedang maupun tinggi. Hidupkan mesin selama 5-10 menit dengan posisi kap yang terbuka untuk memastikan kondisi mesin dari mobil bekas tersebut masih baik.

Baca Juga:  5+ Tips Memilih Mobil Bekas dengan Kualitas Terbaik

Perpindahan Gigi Halus

Ciri-ciri berikutnya yang perlu Anda kenali kendaraan bekas ialah perpindahan giginya yang halus atau justru sebaliknya. Pada saat melakukan tes uji kendaraan Anda bisa mencoba untuk memindahkan gigi mobil dan periksa apakah cukup alot saat diputar atau sangat mudah saat dipindahkan. Jika cukup alot itu berarti mobil sedang memiliki masalah.

Jika Anda mendapatkan penawaran harga mobil bekas yang biasanya memiliki harga tinggi dengan penawaran yang cukup rendah maka Anda wajib melakukan tes kendaraan dengan memindahkan gigi pada saat dinyalakan. Performa perpindahan gigi tersebut perlu Anda periksa untuk memastikan kondisi bagian mobil lainnya masih baik atau tidak.

Indikator dan Speedometer Berfungsi

Pada saat mesin dinyalakan maka Anda harus memeriksa indikator dan speedometer mobil apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Cek apakah lampu indikator menyala dengan baik dan juga periksa indikator oli serta temperatur mobil. cek kondisi jarum rpm dengan menggagas mobil secara perlahan kemudian melepaskannya.

Jika jarum terlihat naik turun dengan stabil itu berarti mobil masih dalam keadaan yang baik. Jika jarum tersebut tidak berhasil bergerak dengan stabil atau bahkan tidak bergerak sama sekali maka pastikan Anda tidak melanjutkan pembelian mobil bekas tadi karena itu berarti kondisi mobil dan mesinnya dalam keadaan tidak baik.

Baca Juga:  10 Tips Supaya Jual Mobil Bekas Avanza Cepat Laku

Bodi Mulus

Salah satu ciri-ciri lain yang sangat terlihat jelas ialah bagaimana kondisi bodi atau seluruh badan mobil apakah masih dalam keadaan mulus atau terdapat goresan. goresan sedikit saja pada mobil tentu mengharuskan Anda mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya karena tidak akan terlihat menarik jika terus dibiarkan.

Kondisi bodi mobil yang agak tergores maka menandakan penggunaan mobil tersebut tidak begitu baik sehingga bisa menjadi pertanda terdapat kerusakan lainnya di bagian yang tidak terlihat. Harga mobil bekas yang ditawarkan pada dasarnya harus disesuaikan dengan kondisi kendaraannya terutama bodi mobil.

Harga Masuk Akal

Ciri-ciri berikutnya ialah harga yang masuk akal dan sesuai dengan kondisi mobil berdasarkan beberapa ciri-ciri diatas. Hal ini perlu Anda pastikan agar tidak mengalami kerugian dan tertipu dengan harga yang ditawarkan. Periksa seluruh ciri-cirinya dan bandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh penjualnya.

Penutup

Itulah beberapa ciri-ciri mobil bekas yang berkualitas yang bisa Anda beli. Pastikan Anda lebih teliti dan memeriksa ciri-ciri tersebut pada mobil yang akan Anda beli agar nominal yang Anda keluarkan sesuai dengan apa yang Anda dapatkan dari mobil yang Anda beli.

Tinggalkan komentar