5 Cara Mengecek Tagihan BPJS dengan Mudah

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau biasa disingkat BPJS kesehatan merupakan sebuah layanan yang diberikan kepada Anda secara resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah beberapa tahun silam untuk menggantikan askes atau berada pada taraf yang sama dengan askes. Dengan menggunakan BPJS ini maka Anda bisa menikmati layanan kesehatan secara gratis.

Hadirnya BPJS bertujuan untuk menjamin bahwa pelayanan kesehatan dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat dengan mudah. Setiap anggota masyarakat diharuskan untuk memiliki kartu ini agar masyarakat ketika menikmati layanan kesehatan bisa lebih terjangkau dan dengan proses yang lebih cepat. Layanan BPJS ini selain mempermudah Anda untuk menikmati layanan kesehatan juga tergolong ke dalam asuransi kesehatan.

Sehingga ketika Anda sakit maka Anda bisa menggunakan kartu BPJS tersebut untuk mendapatkan pelayanan cepat dan dengan gratis atau tanpa mengharuskan Anda membayar tagihan rumah sakit. Namun tetap saja BPJS ini harus Anda bayarkan setiap bulan, akan tetapi Anda tidak perlu khawatir mengenai harga sebab pembayaran tagihan untuk BPJS ini sangatlah lebih murah dibandingkan askes.

Untuk standar biaya atau tagihan setiap bulannya juga sangat terjangkau sesuai dengan kemampuan ekonomi Anda. Bila Anda mendaftar bpjs kelas 1 maka Anda harus membayar tagihan sebear 150 ribu rupiah, jika Anda mendaftar bpjs kelas 2 maka tagihan sebesar 100 ribu rupiah dan untuk Anda yang mendaftar bpjs kels 3 maka Anda harus membayar 25,5 ribu rupiah untuk cara mengecek tagihan BPJS juga sangat mudah untuk dilakukan.

Cara Mengecek Tagihan BPJS

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek tagihan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek berapa nominal pembayaran bpjs Anda. Pastikan Anda membayar tagihan dengan uang pas dan lakukan pembayaran tepat waktu. Jangan menunda apalagi menunggak, sebab apabila Anda menunggak selama 6 bulan maka bpjs Anda akan langsung dinonaktifkan dan Anda tidak bisa lagi menggunakannya.

Baca Juga:  Pengertian Kebersihan Tangan dan Cara Menjaganya

Berikut ini cara mengecek jumlah tagihan yang harus Anda bayarkan perbulan ataupun ketika Anda menunggak dan ingin membayarnya sekaligus.

Cek Langsung ke Kantor BPJS

Cara mengecek tagihan BPJS pertama yang paling mudah untuk Anda lakukan jika Anda merasa kebingungan akan jumlah pembayaran tagihan yang harus Anda bayarkan adalah dengan cara mendatangi langsung kantor bpjs di setiap daerah. Saat ini kantor bpjs sudah ada di setiap daerah yang siap melayani Anda dalam hal pembuatan kartu bpjs dan juga pembayaran dan hal lain yang berkaitan dngan BPJS.

Anda bisa langsung menanyakan kepada staff kantor bpjs yang bertugas untuk memberikan informasi atau sebagai tempat konsultasi terkait bpjs. Anda bisa menanyakan berapa total pembayaran yang harus Anda lakukan pada bulan tersebut atau setiap bulannya. Anda cukup menunjukkan kartu bpjs Anda atau menyebutkan nomor bpjs Anda maka staff tersebut akan mencarinya pada sistem yang ada.

Mengeceknya Langsung pada Laman Web Resmi BPJS

Mengeceknya Langsung pada Laman Web Resmi BPJS

Selanjutnya cara mengecek tagihan BPJS bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus mendatangi kantor bpjs untuk menanyakan hal tersebut. Anda bisa melakukan pengecekan secara langsung pada laman website resmi yang dimiliki oleh BPJS. Hanya terdapat 1 web resmi dari BPJS yakni bpjs-kesehatan.go.id.

Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu untuk masuk pada laman resmi bpjs kemudian pilih opsi checking. Setelah Anda masuk pada opsi tersebut maka selanjutnya Anda harus mengisi beberapa data yang diminta oleh laman. Data tersebut terdiri dari nomor kartu prakerja serta tanggal lahir Anda sebagai pemilik kartu BPJS. Pastikan Anda mengisi data tersebut dengan benar tanpa adanya kesalahan apapun.

Baca Juga:  5 Rekomendasi DNS Tercepat dan Terbaik 2021

Apabila Anda sudah mengisi semua data bpjs yang diminta, maka Anda harus mengisi angka validasi sebagai pembuktian bahwa Anda benar orang yang memiliki data tersebut dan bukan robot. Setelah tervalidasi maka Anda hanya tinggal klik opsi cek, tunggu beberapa saat dan data yang Anda cari terkait jumlah pembayaran dan data lain yang Anda miliki akan secara otomatis muncul pada web tersebut.

Mengecekan Melalui SMS Gateway

Cara mengecek tagihan BPJS selanjutnya adalah dengan cara yang jauh lebih mudah lagi, Anda tidak perlu menggunakan sambungan internet. Yang Anda butuhkan hanyalah pulsa agar dapat mengirimkan SMS. Karena cara berikut ini merupakan cara pengecekan dengan memanfaatkan SMS gateway. Cara ini dianggap menjadi sebuah cara yang paling mudah untuk dilakukan.

Sebab ketika Anda tidak mengetahui nomor BPJS Anda maka Anda bisa menfaatkan nomor kependudukan yang Anda miliki ataupun nomor induk pegawai jika Anda adalah seorang pegawai. Anda bisa menggunakan salah satu dari nomor tersebut untuk melakukan pengecekan jumlah pembayaran Anda ada bulan tersebut dan pada bulan-bulan berikutnya.

Adapun cara pengecekan dengan memanfaatkan SMS gateway adalah dengan menuliskan SMS menggunakan format tagihan(spasi)nomor bpjs/nik/nip kemudian Anda hanya perlu mengirimkannya pada nomor 087775500400. Nomor tersebut selain dapat digunakan untuk mencari informasi jumlah tagihan, tetapi nomor tersebut bisa Anda gunakan untuk meminta informasi lainnya terkait bpjs yang Anda miliki.

Melalui Aplikasi Mobile JKN

Cara mengecek tagihan BPJS berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi mobile JKN. Untuk mendapatkan aplikasi ini, maka Anda perlu melakukan pengunduhan dan penginstallan pada playstore ataupun app store secara gratis. Untuk langkahnya sendiri sangatlah muda untuk dilakukan, yang jelas Anda harus memastikan bahwa aplikasi tersebut telah terpasang pada perangkat Anda.

Baca Juga:  5 Bahaya Smartphone Jika Dibawa Tidur

Setelah aplikasi berhasil di install maka selanjutnya Anda harus melakukan pendaftaran atau registrasi akun pada aplikasi JKN tersebut. Untuk melakukan registrasi, Anda tidak akan diminta untuk memasukkan informasi yang tidak penting tetapi Anda akan diminta memasukkan informasi diri Anda yang berkaitan dengan BPJS sehingga secara otomatis data diri Anda telah terdaftar.

Setelah Anda berhasil melakukan registrasi akun, maka selanjutnya Anda harus memasukkan akun Anda kembali agar dapat login pada aplikasi tersebut. Setelah itu Anda harus masuk ke opsi pilihan tagihan yang ada pada aplikasi kemudian klik premi. Setelah Anda mengklik premi maka informasi mengenai tagihan dan pembayaran iuran terkait jenis kartu bpjs yang Anda miliki kemudian akan tertampil pada layar ponsel Anda.

Lewat Call Center

Cara terakhir yang dapat Anda gunakan untuk mengecek jumlah tagihan bpjs Anda adalah dengan menelepon langsung layanan call center ihak bpjs kesehatan. Untuk nomor call center BPJS sendiri yakni 1500400. Anda tingal harus menghubungi nomor tersebut kemudian sampaikan maksud dan tujuan Anda menghubungi nomor tersebut.

Setelah itu Anda diminta untuk menyebutkan nomor bpjs Anda, nama Anda, beserta tanggal lahir Anda untuk memastikan bahwa Anda adalah yang benar-benar memiliki kartu bpjs tersebut. Hal ini guna agar tidak disalah gunakan oleh orang lain.

Penutup

Demikianlah beberapa cara mengecek tagihan BPJS yang dapat Anda lakukan dengan sangat mudahnya. Lakukan pembayaran tagihan bpjs secara rutin dan tepat waktu sebab kartu ini sangatlah bermanfaat ketika Anda sedang membutuhkan layanan kesehatan di rumah sakit ataupun puskesmas.

Tinggalkan komentar