7 Cara Cegah Sakit DBD dengan Mudah di Musim Hujan

7 Cara Cegah Sakit DBD dengan Mudah di Musim Hujan – DBD merupakan salah satu penyakit dengan tingkat kematian tertinggi di Indonesia. Sehingga Anda tidak boleh meremehkan penyakit yang satu ini, apalagi di musim hujan seperti sekarang ini enyakit DBD menjadi merajalela. Oleh karenanya sebaiknya Anda mengetahui cara cegah sakit DBD di musim hujan ini.

Setiap tahun penyakit ini merengut banyak nyawa, tidak memandang bulu ataupun usia juga bisa terserang penyakit ini. Mernut data Kemenkes RI pada tahun 2018 silam tercatat 6,5 juta kasus DBD di tanah air. Penyebab penyakit ini adalah terjadinya infeksi virus dengue yang masuk ke dalam tubuh Anda melalui gigitan nyamuk jenis Aedes aegypti. Melalui gigitan nyamuk inilah tubuh Anda akan terserang virus yang tergolong mematikan.

Pada saat musim hujan seperti sekarang ini, penyakit DBD semakin banyak terjadi. Hal ini dikarenakan genangan-genangan air hujan yang ada di mana-mana sehingga memicu munculnya berbagai macam jenis nyamuk yang sangat berbahaya dan menjadi cikal bakal dari penyakit DBD yang sangat wajib untuk Anda cegah. Mungkin pada saat pertama tergigit penyakit aedes aegypti Anda tidak akan langsung merasakan gejala tetapi Anda tetap harus mewaspadainya.

Namun apa saja gejala yang bisa Anda rasakan apabila Anda terserang penyakit DBD? gejala pertama yakni Anda akan merasakan demam tinggi hingga 40 derajat celcius, sakit kepala yang hebat, nyeri otot, sendiri, dan juga tulang, nyeri pada bagian belakang mata, mual dan mudah, nafsu makan Anda akan hilang, terjadi pembengkakan kelenjar getah bening, dan gejala yang paling terlihat adalah munculnya bintik-bintik merah di kulit Anda.

Masa inkubasi penyakit DBD berlangsung 4-7 hari, pada masa itulah Anda harus mendapatkan penanganan dokter yang tepat. Sebab apabila dibiarkan begitu saja maka akan membahayakan nyawa Anda. Jangan sampai hal-hal buruk terjadi kepada Anda karena salah dalam penanganan. Namun alangkah lebih baiknya lagi jika Anda melakukan cara cegah sakit DBD di musim penghujan seperti sekarang ini.

Baca Juga:  Cara Membuat Email Bisnis dengan Mudah

Cara Cegah Sakit DBD dengan Mudah

Karena alangkah baiknya Anda mencegah daripada harus mengobati. Untuk itu terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti. Praktekkan dengan rutin agar Anda terhindar dari serangan penyakit yang berbahaya tersebut. Berikut cara cegah sakit dbd yang wajib Anda lakukan.

Kuras Bak Mandi Seminggu Sekali

Kuras Bak Mandi Seminggu Sekali

Untuk Anda yang memiliki bak mandi atau penampungan air di kamar mandi, sebaiknya Anda jangan lupa untuk menguras bak mandi Anda seminggu sekali. Sebab bak mandi merupakan salah satu tempat bersarangnya nyamuk penyebab penyakit demam berdarah. Telur-telur nyamuk betina yang menempel pada dinding penampungan air Anda akan menetas menjadi nyamuk jika Anda jarang dan tidak membersihkan bak mandi secara berkala.

Menguras penampungan air kamar mandi seminggu sekali merupakan salah satu cara cegah sakit DBD dan merupakan cara yang paling efektif untuk memutuskan siklus hidup dari penyakit yang satu ini. Selain itu untuk membuat penampungan air Anda tetap aman dari nyamuk dan jentiknya maka Anda bisa menaburkan obat tabur untuk membasmi telur dan juga jentik nyamuk.

Bersihkan Wadah dan Tutup Wadah Penampung Air Secara Berkala

Bukan hanya berkembang biak di dalam air tertampung saja, tetapi nyamuk juga mampu hidup dan berkembang biak di berbagai wadah seperti baskom, ember, dan bahkan di penutup penampungan air Anda. Sehingga untuk memastikan bahwa rumah Anda bersih dari jentik air maka anda harus melakukan pembersihan berbagai wadan dan tutup penampungan air secara berkala dengan bersih.

Baca Juga:  Ketahui Cara Mengendalikan Emosi Negatif, Tetap Tenang Dimana Saja!

Pastikan bahwa wadah-wadah di sekitar rumah Anda juga bersih dari genangan air yang sedikit seperti di pot ataupun di tanah yang tergenang. Jika terdapat tempat yang bisa menjadi sarang nyamuk sebaiknya Anda membersihkannya sebagai cara cegah sakit DBD.

Gunakan Lotion Anti Nyamuk

Gunakan Lotion

Untuk mencegah kulit Anda tergigit nyamuk aedes aegypti yang dapat menyebabkan Anda terkena penyakit demam berdarah maka Anda bisa menggunakan lotion yang khusus dibuat untuk mencegah Anda dari gigitan nyamuk. Anda bisa menggunakan lotion pada bagian tubuh yang tidak tertutupi pakaian atau bagian tubuh yang kemungkinan dapat digigit nyamuk.

Tidak hanya digunakan pada malam hari, tetapi Anda bisa menggunakannya jga pada siang hari. Sebab nyamuk tidak hanya bisa menggigit Anda pada malam hari, tetapi kapanpun juga bisa menggigit Anda. Gunakan petunjuk penggunaan pada setiap merek lotion yang berbeda-beda. Gunakan lotion setiap hari sebagai cara cegah sakit DBD yang berasal dari virus nyamuk.

Gunakan Kelambu di Kamar

Penggunaan kelambu di kamar juga menjadi salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mencegah nyamuk menggigit Anda. Kelambu ini bisa melindungi Anda dan keluarga dari serangan nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit DBD. Tidurlah dengan menggunakan kelambu, karena kelambu memiliki serat-serat halus yang tidak dapat ditembus oleh nyamuk sehingga tidur Anda akan menjadi aman dan nyaman tanpa harus khawatir akan penyakit DBD yang mematikan.

Simpan Tanaman Pengusir Nyamuk di Dalam Rumah

Cara cegah sakit DBD berikutnya adalah Anda bisa memanfaatkan tanaman pengusir nyamuk. Terdapat beberapa tanaman yang ampuh mengusir nyamuk karena wangi dari tanaman yang tidak cocok dengan nyamuk. Tanaman-tanaman pengusir nyamuk yang bisa Anda manfaatkan adalah serai, lavender, tapak dara, dan peppermint. Anda bisa memanfaatkan ekstra tanaman tersebut dan juga Anda bisa menggunakan tanamannya saja.

Baca Juga:  Kredit Pintar, Pinjaman Uang Online yang Bikin Kamu #JadiBerani Mulai Bisnis Sendiri

Caranya cukup mudah, Anda hanya harus menyimpan tanaman-tanaman ini di dalam rumah Anda agar bau dari tanaman akan menyebar ke seluruh ruangan sehingga nyamuk akan kabur dan tidak akan berani mendekat lagi. Tanamanan yang paling cocok ada di dalam ruangan adalah tanaman lavender ataupun pepermint karena wanginya yang enak dan juga memberikan ketenangan tetapi membuat nyamuk tidak tenang.

Tidak Menumpuk Banyak Baju Kotor

Tidak Menumpuk Banyak Baju Kotor

Bila kamar Anda ingin terbebas dari yang namanya nyamuk apalagi nyamuk DBD maka Anda jangan pernah menumpuk ataupun menggantu banyak baju kotor Anda di dalam kamar. Sebab nyamuk-nyamuk tersebut akan bersarang pada tumpukan pakaian kotor yang berbau menyengat yang juga merupakan salah satu tempat kesukaan nyamuk. Cara cegah sakit DBD ini paling efektif untuk dilakukan sebab juga mengajarkan untuk hidup bersih dan sehat.

Pangkas Tanaman Liar di Sekitar Rumah

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan dari tanaman-tanaman liar yang tumbuh bebas di sekitar rumah Anda. Anda bisa memangkas ataupun mencabut tanaman-tanaman tersebut. Selain menghindarkan Anda dari nyamuk-nyamuk berbahaya, juga bisa membuat rumah Anda terlihat lebih bersih dan tidak kumuh karena tanaman-tanaman liar yang kotor sudah hilang dari sekitaran rumah Anda.

Penutup

Itulah beberapa cara cegah sakit DBD yang bisa Anda aplikasikan untuk kehidupan Anda agar aman dari penyakit yang sangat berbahaya tersebut. Hidup sehat dan bersih sangatlah dibutuhkan apalagi disaat musim hujan seperti sekarang ini.

Tinggalkan komentar