7 Daftar Bank Syariah Terbaik di Indonesia 2021

Tercatat saat ini ada banyak bank syariah terbaik di Indonesia. Tentu hal itu dikarenakan mayoritas penduduknya beragama Islam. Dengan begitu, sistem yang digunakan oleh perbankan tersebut lebih mudah diterima khususnya orang-orang muslim di tanah air.

Prinsip-Prinsip yang Diterapkan oleh Bank Syariah

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa bank syariah tentu memiliki prinsip tersendiri dalam menjelaskan sistemnya. Hal tersebut pastinya berlandaskan hukum serta ketentuan agama Islam. Untuk berikut beberapa prinsip yang diterapkan bank syariah di Indonesia.

Mudharabah dan Murabahah

Mudharabah merupakan sebuah akad antara pemilik modal (shahibul maal) dengan pengelola dana (mudharib). Kemudian dalam proses tersebut akan membuat kesepakatan guna dijadikan landasan nantinya. Mulai dari sistem hingga ketentuan pembagian hasil keduanya.

Sedangkan murabahah merupakan sebuah proses atau akad jual beli dengan melibatkan pihak bank serta nasabah. Kemudian keduanya membuat kesepakatan seadil-adilnya dan sesuai hukum Islam. Hal tersebut tentunya akan menjadi landasan perjanjian kerjasama.

Musyarakah dan Salam

Musyarakah merupakan sebuah prinsip yang dibangun dalam akad kerjasama diantara dua bahkan lebih pengelola dana. Shahibul maal tersebut nantinya akan mendirikan suatu usaha dan dikelola bersama-sama. Mengenai keuntungannya kembali lagi pada perjanjian awal.

Salam adalah sebuah transaksi jual beli berbentuk barang atau lainnya diantar pihak pembeli dengan penjual. Harga yang ditentukan sebelumnya telah melalui kesepakatan guna nantinya membagi keuntungan. Sehingga, perjanjian mengenai ketentuan awal menjadi landasan akad.

Baca Juga:  MediaBacklink: Layanan Jual Beli Backlink yang Menguntungkan

Wadiah dan Ijarah

Wadiah merupakan suatu titipan murni dari satu pihak dengan lainnya. Prinsip ini pada dasarnya terbagi menjadi dua bagian. Pertama yaitu yad amanah berarti bertanggung jawab jika ada kerusakan. Kedua yad dhamanah artinya memberikan izin melalui berbagai syarat.

Sedangkan prinsip Ijarah merupakan sebuah akan dalam pemindahan hak guna jasa ataupun barang. Dalam hal ini bicara mengenai pembayaran upah sewa sesuai dengan ketentuan dan perjanjian yang berlaku dan dibuat sebelumnya. Terlebih tak diikuti pemindahan kepemilikan.

Istishna dan Qardh

Istishna juga dapat didefinisikan sebagai sebuah transaksi jual beli yang memiliki kemiripan dengan prinsip Salam. Itu artinya, penyerahan bisa dilakukan di kemudian hari. Sedangkan untuk mengenai pembayarannya menggunakan metode ditangguhkan atau dicicil.

Qardh merupakan sebuah bentuk perjanjian dalam hal pinjam meminjam uang namun tanpa ada orientasi mengambil keuntungan. Selain itu, prinsip ini pun dapat diterapkan pada peminjaman barang. Dengan begitu, biaya ganti sudah ditentukan oleh kedua pihak.

Hawalah dan Wakalah

Hawalah merupakan prinsip yang biasa diterapkan pada masalah pengalihan hutang. Maksudnya adalah jika ada seseorang yang berhutang dan terdapat pihak lain untuk menanggungnya. Maka akadnya dengan menerapkan prinsip hawalah atau Hiwalah.

Sedangkan Wakalah merupakan suatu prinsip yang ada akibat salah satu pihak memberikan sebuah objek perikatan. Dalam hal ini, objek tersebut bisa berbentuk jasa ataupun barang bahkan namanya sendiri. Langkah itu guna menjadi jaminan agar bisa digunakan orang lain.

Daftar Bank Syariah Terbaik yang Ada Di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang mayoritas penduduknya menganut agama Islam. Hal tersebut tentu menjadi alasan mengapa ada banyak sekali bank berbasis syariah, mulai dari swasta hingga milik negara. Berikut beberapa daftar bank syariah terbaik.

Bank Muamalat Indonesia

Bank Muamalat Indonesia merupakan salah satu bank yang diprakarsai para petinggi MUI atau majelis ulama Indonesia. Perbankan ini dibuat pada bulan november tahun 1991. Bahkan bank muamalat dinobatkan sebagai bank syariah terbaik dari Global Finance.

Baca Juga:  5 Tips Membangun Personal Branding di Facebook

Bank Muamalat Indonesia terus mencoba mengembangkan akan layanannya dan terbukti masih bertahan hingga saat ini. Hal tersebut dapat Anda lihat dari berbagai penghargaan yang diraih sejak tahun 2009. Maka, sangat pantas jik masuk dalam kategori bank syariah terbaik.

Bank BCA Syariah

Bank Central Asia merupakan salah satu perbankan terbesar di Indonesia. Bahkan tak hanya sukses dalam bank konvensionalnya saja melainkan pada syariahnya juga. Di awal terbentuknya, BCA syariah memiliki nama bank utama internasional sebelum di akuisisi BCA.

Keputusan BCA dalam mengakuisisi Bank Utama Internasional dianggap sangat tepat di tahun 2009. Hal tersebut terbukti dengan kesuksesannya yang diraih sampai pada hari ini. Salah satu layanan terbaik dan sangat populer ialah tahapan iB produk berupa rekening tabungan.

Bank Mandiri Syariah

Bank Mandiri Syariah menjadi daftar pilihan berikutnya yang sudah beroperasi sejak november tahun 1999. Sampai pada saat ini, Mandiri syariah telah memiliki jaringan kantor sekitar 1.736 di seluruh Indonesia. Tak heran jika dinobatkan sebagai bank syariah terbaik.

Ada berbagai macam program yang dapat membantu Anda khususnya masyarakat Indonesia yang beragama Islam. Salah satu layanannya paling banyak diminati adalah membuka tabungan baru. Selain itu, ada program lainnya guna pembiayaan dengan prinsip Islam.

Bank BRI Syariah

Bank BRI syariah pada awalnya memiliki nama yaitu Bank Jasa Arta sebelum akhirnya di akuisisi di tahun 2007. Tentu mengenai pelayanannya sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Ada berbagai macam program dengan mengedepankan prinsip-prinsip serta ketentuan Islam.

Beroperasi sejak November 2008, membuat bank syariah terus melakukan pengembangan terutama dalam layanannya. Hal tersebut terbukti dengan mampu bertahannya bak tersebut diera modern seperti sekarang ini. Berinovasi dan memanfaatkan teknologi fokus utamanya.

Baca Juga:  Membuka Peluang Usaha Online yang Lebih Luas di Tahun 2021 Bersama Exabytes

Bank BNI Syariah

Sama hal seperti BCA, Mandiri dan BRI, BNI pun tak hanya sukses dengan konvensionalnya saja melainkan pada syariahnya juga. Bank BNI syariah mulai beroperasi pada 19 Juni di tahun 2010. Meskipun terbilang baru, tak membuatnya ketinggalan dengan bank syariah lainnya.

Bank BNI syariah sangat mengedepankan kecanggihan teknologi dalam memberikan pelayanannya. Hal tersebut dibuktikan dengan program berbasis digital guna memudahkan semua customernya. Selain itu, BNI syariah juga menawarkan berbagai layanan finansial.

Bank BTPN Syariah

Sepertinya BTPN tak mau ketinggalan dengan bank lainnya. Hal tersebut membuatnya menghadirkan sebuah bank berbasis ketentuan serta prinsip syariah. Bank BTPN Syariah diluncurkan pada 14 Juni 2014, dan tercatat menjadi salah satu bank syariah terbaik.

Salah satu hal yang cukup menarik ialah, bank BTPN Syariah beroperasi dengan menyesuaikan inklusi keuangan. Selain itu, layanan seperti jasa keuangan serta lainnya menjadi daya tarik tersendiri. kemudian, BTPN juga menyediakan pelatihan keuangan.

Bank Mega Syariah

Lahirnya Bank Mega Syariah tahun 2004 dikarenakan CT. Corp mengakuisisi bank tugu. perihal programnya, tentu Mega syariah memiliki berbagai macam pilihan. Mulai dari membuka tabungan baru dengan beberapa kategori serta bisa Anda sesuaikan.

Mulai dari tabungan haji, simpanan pelajar, tabungan berkah tama iB, tabungan berkah bisnis dan masih banyak lagi lainnya, Anda dapat memilih dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. selain itu, bank Mega Syariah juga mempunyai berbagai program dalam hal pembiayaan.

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa daftar bank syariah terbaik di Indonesia beserta prinsip-prinsip yang diterapkannya. Sebagai orang yang beragama Islam, tentu keberadaan bank tersebut menjadi kabar baik. Pasalnya, sistemnya berlandaskan hukum ketentuan Islam.

Tinggalkan komentar