8 Daftar Perusahaan Fintech Terbaik di Indonesia 2021

Di era teknologi modern seperti saat ini, dimanfaatkan secara maksimal oleh banyak orang ataupun start up. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya perusahaan fintech terbaik di Indonesia. Fintech merupakan kombinasi antara kemajuan teknologi dan layanan keuangan.

Apa itu Fintech?

Sebelum membahasnya lebih jauh dan mencari tahu perihal perusahaan Fintech terbaik di Indonesia, sebaiknya pahami terlebih dahulu. Pada dasarnya, secara definisi hal ini belum ada. Namun, para ahli mengatakan bahwa Fintech istilah dari inovasi dalam jasa keuangan.

Bentuk dari inovasi tersebut ialah kombinasi antara perkembangan teknologi dengan layanan atau jasa keuangan. Namun, dari segi start up bisa juga diartikan sebuah langkah guna memaksimalkan pemakaian teknologi. Terutama dalam hal ini yaitu mengelola keuangan.

Jadi bisa disimpulkan bahwa Fintech mencakup berbagai macam layanan perihal keuangan. Mulai dari transfer, pengumpulan dana, pinjaman hingga pengelolaan. Karena sifatnya primer, tentu kehadiran Fintech disambut dengan hangat oleh masyarakat luas, terutama Indonesia.

Manfaat Adanya Fintech

Dengan hadirnya Fintech, tentu menjadi kabar baik bagi banyak orang terutama yang memiliki masalah keuangan. Hal tersebut dapat dimanfaatkan guna berbagai macam kebutuhan melalui layanannya. Berikut beberapa manfaat adanya Fintech.

Membantu Dalam Perkembangan Start Up

Manfaat dari keberadaan Financial Technology yang pertama adalah membantu dalam perkembangan start up. Hal tersebut tentunya melahirkan berbagai inovasi terutama mengenai layanan keuangan. Dengan begitu muncullah perusahaan-perusahaan baru.

Di Indonesia sendiri saat ini ada banyak sekali perusahaan start up yang bergerak dalam bidang Fintech. Dengan memanfaatkan teknologi serta layanan jasa keuangan, maka menghadirkan nafas baru pada dunia start up. Mulai dari pinjaman, pengelolaan dan lainnya.

Baca Juga:  2 Cara Daftar m-Banking BRI Mudah dan Cepat

Meningkatkan Taraf Kehidupan

Selain berperan dalam menghadirkan perusahaan start up baru, manfaat lainnya dari Fintech adalah meningkatkan taraf kehidupan. Secara tidak langsung hal tersebut tentu sangat mempengaruhi ekonomi masyarakat luas. Alhasil, banyak orang merasa sangat terbantu.

Pasalnya, Fintech tak hanya sekedar layanan keuangan saja. Teknologi yang satu ini memiliki flow sangat jelas sehingga mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat. Seperti contoh, lahirnya UMKM baru berkat bantuan layanan dari Fintech dan masih banyak lagi lainnya.

Memberikan Kemudahan Dalam Layanan Finansial

Memberikan kemudahan dalam Finansial tentu menjadi salah satu manfaat yang begitu terasa. Kehadiran Fintech mampu menjadikan semua proses perihal keuangan terlihat sangat mudah. Hal tersebut bisa Anda rasakan dengan adanya electronic money ataupun layanan lainnya.

Kehadiran Fintech tentu memudahkan segala bentuk transaksi keuangan. Bisa Anda bayangkan proses transfer yang dapat dilakukan dengan mudah hanya melalui Gadget. Bahkan tak hanya itu saja, ada banyak layanan dan semua orang dapat memanfaatkannya.

Daftar Perusahaan Fintech Terbaik di Indonesia

Sampai pada saat ini terhitung ada banyak perusahaan Fintech yang kian berkembang di Indonesia. Perusahaan-perusahaan tersebut diklaim memiliki layanan terbaik terutama dalam hal keuangan serta legalitasnya pun terjamin. Berikut beberapa daftarnya.

Modalku

Modalku merupakan salah satu Fintech yang cukup populer. Melalui layanan pinjamannya mampu memberikan kesempatan bagi setiap orang yang ingin memulai bisnis. Itulah mengapa, pertumbuhan UMKM juga tergolong cukup pesat karena sangat terbantu.

Modalku menyiapkan uang pinjaman untuk orang-orang yang ingin membuka usaha. Mulai dari 50 juta hingga 500 juta Rupiah. Persyaratannya pun tergolong sangat mudah Dengan membuat pengajuan. Nantinya, pihak modalku akan mengecek dan menentukan nominalnya.

Baca Juga:  Ide Bisnis Start Up yang Memiliki Prospek Bagus 2021

Uang Teman

Uang Teman merupakan perusahaan Fintech yang memberikan layanan berupa pinjaman tanpa agunan. Jika bicara mengenai nominal memang bisa dikatakan tidak begitu besar yaitu berkisar 1 sampai 3 juta rupiah. Namun, hal tersebut tentu cukup membantu sebagian orang.

Sama seperti modalku, uang teman juga tergolong cukup mudah dalam pengajuannya. Anda hanya perlu memenuhi beberapa syarat dan menunggu konfirmasi. Jika berhasil, maka uang akan segera dicairkan sesuai dengan nominal ajuan atau tergantung pada pihak perusahaan.

Link Aja

Link Aja adalah sebuah Fintech yang diluncurkan oleh perusahaan provider terbesar di Indonesia yaitu Telkomsel. Link Aja berawal dari layanan transaksi digital T-Cash yang hingga kini terus mengalami perkembangan. Sehingga masuk sebagai Fintech terbaik di Indonesia.

Pada dasarnya, kehadiran Link Aja adalah salah satu bentuk dukungan kepada program pemerintah. Gerakan Nasional Anti Non-Tunai menjadi landasan lahirnya Fintech ini. Ada berbagai macam layanan dan Anda pun dapat mengaksesnya secara mudah melalui Gadget.

Finansialku

Finansialku merupakan perusahaan Fintech terbaik di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pengguna agar bisa memanfaatkan semua layanannya. Dalam hal ini, fitur paling populernya adalah pengelolaan keuangan serta berbagai macam tips menariknya.

Finansialku pada dasarnya sangat cocok bagi orang yang ingin mempelajari tentang finansial secara mendalam. Pasalnya, di dalam sana ada banyak metode pembelajaran dan salah satunya adalah kursus online. Bisa dikatakan Fintech yang satu ini mengedukasi keuangan.

Go-Pay

Untuk Fintech yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi bagi banyak orang terutama para pengguna Go-Jek. Go-Pay merupakan sebuah sistem yang dipakai guna bertransaksi di dalam aplikasi tersebut. Sampai saat ini, pihak perusahaannya pun terus mengembangkannya.

Hal tersebut terbukti dengan berbagai macam layanannya perihal keuangan. Alhasil, kini fungsinya tak hanya digunakan untuk membayar Go-Jek saja tapi menjadi lebih luas lagi. Salah satu fitur terfavorit banyak orang ialah mencairkan saldo berupa tarik tunai atau transfer.

Baca Juga:  5 Ide Usaha Kreatif di Masa Pandemi

Doku

Doku adalah salah satu perusahaan Fintech yang sudah berdiri cukup lama di Indonesia atau lebih tepatnya di tahun 2007. Pada awalnya, layanan utamanya ialah pembayaran secara online. Lambat laun, Doku terus berusaha mengembangkan berbagai macam fiturnya.

Doku sendiri memiliki 3 layanan utama. Pertama ialah Enterprise yang berguna untuk transaksi atau pembayaran berskala besar. Kedua ada Wallet bermanfaat sebagai dompet guna menyimpan uang digital. Ketiga yaitu MY Shopping Cart berfungsi untuk E-commerce.

Cek Aja

Cek Aja menjadi daftar berikutnya dalam kategori perusahaan Fintech terbaik yang ada di Indonesia. Layanan utamanya ialah memberikan berbagai macam informasi mengenai finansial. Mulai dari Kredit, Asuransi hingga tentang investasi secara lengkap.

Selain itu, Cek Aja tak hanya sekedar berbasis via aplikasi dan Website saja. Para penggunanya bisa menikmati berbagai layanannya berupa informasi melalui paket langganan TV kabel. Menariknya lagi, untuk berkonsultasi Anda tidak akan dikenakan biaya apapun.

Amartha

Amartha adalah salah satu perusahaan Fintech di Indonesia yang menggunakan sistem layanan P2P Lending. Produk tersebut dinamakan tanggung renteng dimana layanannya adalah berupa pinjaman. Jadi bisa dikatakan sistem yang digunakan sangat menarik.

Cara kerjanya adalah, Amartha akan memberikan pinjaman kepada anggotanya yang berjumlah 10-20 orang. Apabila ada salah satu pihak tidak membayar, maka anggota lain dapat membantunya. Amartha sendiri sudah berdiri di Indonesia sejak tahun 2010.

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa perusahaan Fintech terbaik di Indonesia serta manfaat keberadaannya. Ketika Anda berniat untuk memanfaatkan layanannya, perhatikan legalitasnya. Pasalnya, diluar sana ada banyak start up ilegal dengan berbagai iming-iming.

Tinggalkan komentar