5 Rekomendasi DNS Tercepat dan Terbaik 2021

DNS merupakan suatu sistem yang memiliki otoritas untuk mengubah URL website dalam bentuk IP Address. Sehingga Anda tidak perlu lagi mengetikkan IP Address saat ingin mengunjungi suatu website jika sudah menggunakan DNS. Apa saja DNS tercepat dan terbaik di 2021 ini? Namun sebelum masuk ke topik pembahasan, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan DNS.

Pengertian DNS

Kepanjangan dari DNS adalah Domain Name Server yang menghubungkan antara Internet Protocol Address dengan Uniform Resource Locator. DNS diperlukan untuk memudahkan pengguna internet saat mengetikkan IP Address pada suatu website.

Karena cara manual tersebut dinilai cukup merepotkan, dengan menggunakan DNS hal tersebut menjadi lebih ringkas lagi. Cukup dengan mengingat nama domain dan mengetikkannya dalam address bar maka website yang Anda inginkan akan muncul tanpa harus menuliskan IP Address.

Sistem DNS sendiri yang nantinya akan menerjemahkan secara langsung domain tersebut ke dalam IP Address yang dipahami oleh komputer. Dengan cara seperti ini, tentu kebutuhan Anda untuk mencari berbagai informasi melalui website tertentu akan lebih mudah, cepat, dan praktis.

Bagaimana Sistem DNS Bekerja

Mungkin banyak yang bertanya-tanya bagaimana sistem pada DNS bekerja hingga bisa menerjemahkan dan menjembatani dengan baik URL link dan IP Address. Ada banyak tahapan yang harus dilalui oleh sistem DNS tersebut agar dapat bekerja menjalankan fungsinya.

Mulai dari meminta informasi, memberikan jawaban atas hostname yang diberikan pengguna, mencari cache yang relevan di memori, hingga mencari informasi yang dibutuhkan pengguna. Dengan kecanggihan sistem yang ada DNS akan mampu membaca berbagai informasi.

Baca Juga:  Green Jobs: Peluang Kerjanya Anak Muda untuk Indonesia Lebih Bersih

Informasi-informasi tersebut nantinya akan diterjemahkan ke pengguna yang menuliskan hostname secara cepat. Jika mendapatkan hasil yang sesuai, maka browser akan menampilkan website yang diminta sejak awal. Proses pencarian dilakukan semaksimal mungkin agar tetap selalu up to date.

Rekomendasi DNS Tercepat dan Terbaik

Sangat penting untuk memilih sistem DNS Tercepat yang tepat agar bisa memberikan hasil yang maksimal saat ingin mengakses suatu situs website. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa rekomendasi provider DNS Publik yang terbaik, tercepat, dan gratis berikut ini:

Cloudflare

Cloudflare merupakan salah satu provider DNS tercepat publik yang paling direkomendasikan karena masih menjadi yang tercepat hingga saat ini. server primer DNS Cloudflare memiliki alamat 1.1.1.1. Sedangkan server sekundernya memiliki alamat di 1.0.0.1.

Sebagai server DNS yang tercepat di dunia dan tergolong masih baru karena baru diluncurkan pada tahun 2018 lalu, DNS mampu menghaislkan waktu respon hanya 13 millisecond saja. Tak hanya unggul dari segi kecepatan, Cloudflare juga menjamin privasi dan keamanan penggunanya.

Google Public Domain Name System

Sudah jadi rahasia umum jika Google merupakan mesin pencari yang paling dominan jika sudah berkaitan dengan website, tak terkecuali Domain Name System. Sistem ini merupakan bagian dari layanan Google yang bisa diakses oleh publik secara gratis.

Google Public Domain Name System memiliki kemampuan untuk merekam informasi alamat IP dari perangkat query secara lengkap selama 24 – 48 jam. Google melakukan ini semua untuk menunjang diagnostik dan pemecahan masalah yang nantinya akan berpengaruh pada sistem algoritma Google.

OpenDNS

OpenDNS sudah cukup lama berdiri bahkan merupakan salah satu sistem server yang memiliki nama besar. Provider yang berdiri sejak tahun 2005 ini menawarkan layanan yang bisa Anda akses secara gratis maupun berbayar.

Baca Juga:  10 Aplikasi Penambah Followers Tiktok yang Perlu Anda Ketahui

Layanan gratis bisa dimanfaatkan untuk memblokir web phising, memfilter konten website tertentu, meningkatkan kecepatan web, dan email support. Sedangkan layanan berbayar akan memungkinkan Anda untuk melihat aktivitas dan histori Anda dalam menjalankan internet selama 1 tahun.

Next DNS

Meskipun terbilang masih sangat baru karena baru dibuat pada tahun 2019 lalu, server Next DNS tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Next DNS memiliki fitur menarik yang mungkin saja tidak dimiliki oleh sistem DNS lainnya bahkan yang telah lama berkecimpung sekalipun.

Next DNS memiliki fitur daftar pemfilteran konten yang cukup lengkap. Dengan daftar blokirnya yang ada, Anda akan terselamatkan dari situs website yang berbahaya. Layanan ini memiliki kemampuan untuk melindungi perangkat Anda dari malware, crypto jacking, phishing, typo, dan lainnya.

Quad9

Layanan dari Quad9 bisa digunakan dan diakses secara gratis. Layanan DNS recursive yang dimiliki Quad9 bahkan mampu memblokir banyak domain berbahaya. Quad9 bisa dianalogikan seperti intelijen yang mengancam bahway dengan mengumpulkan data baik dari publik maupun personal.

Privasi pengguna menjadi salah satu concern utama sistem ini. Meskipun tidak mencatat alamat IP pengguna, mereka bisa mendapatkan informasi melalui geolokasi umum dari komputer pengguna. Quad9 memanfaatkannya untuk menganalisa domain berbahaya dan membagikannya kepada mitra.

Fungsi dan Kelebihan DNS

Pada dasarnya, DNS memiliki tiga fungsi pokok dalam menjalankan sistemnya. Pertama, DNS mencari server yang tepat untuk mengirimkan email. DNS juga akan meminta ifnormasi IP Address berdasarkan nama domain website serta meminta informasi URL berdasarkan input IP Address.

Ada beberapa alasan mengapa DNS tercepat dan terbaik sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam aktivitas berinternet. Berikut ini beberapa di antaranya:

Baca Juga:  Memahami Penggunaan Kata Jumlah dalam Bahasa Inggris

Lebih Konsisten

Dalam penggunaannya, Anda bisa menggunakan nama sistem DNS yang sama meskipun IP Address yang digunakan mengalami perubahan beberapa kali. Akses untuk mengunjungi suatu situs website pun tetap bisa dilakukan meskipun IP Address-nya sudah ganti.

Lebih Mudah

Tentu akan sangat merepotkan jika Anda harus menuliskan satu per satu secara detail IP Address saat mengetikkan alamat domain. Dengan menggunakan DNS ini, Anda tidak perlu lagi mengingat deretan angka karena komunikasi antara komputer dan internet sudah dijembatani oleh DNS.

Lebih Aman

Semua aktivitas transfer data online yang dilakukan melalui server DNS akan tetap terjaga keamanannya ketika Anda memilih server ini. Bahkan sistem DNS juga dapat membantu mencegah upaya peretasan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu. Website pun jadi lebih aman.

Konfigurasi jadi lebih mudah

Jika mengalami kendala saat mengetikkan IP Address yang digunakan, Anda tidak perlu kesulitan lagi dalam mengganti IP yang berbeda. Cukup update data dan cocokkan antara IP Address dengan DNS.

Mengapa Harus Memilih DNS yang Tepat?

Beragam server DNS yang sangat bervariasi dari segi kecepatan tersebut tidak hanya dipengaruhi oleh satu faktor saja. Setiap layanan pasti akan memiliki kelebihan masing-masing yang berbeda. Kecepatan, privasi, keamanan, dan lainnya menjadi concern yang harus mereka pilih.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, tentu menggunakan layanan berbayar akan sangat membantu. Untuk melihat perbandingan antara satu DNS dengan DNS lainnya, Anda bisa memanfaatkan DNSPerf untuk mendapatkan informasi paling update setiap harinya.

Pada intinya, DNS adalah sistem yang dapat memudahkan pengguna internet dalam mencari informasi melalui website. Meskipun proses yang dilalui terbilang cepat, namun mereka harus melalui berbagai tahapan. Anda perlu mempertimbangkan salah satu dari beberapa DNS tercepat dan terbaik 2021.

Tinggalkan komentar