10+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu yang Patut Dicoba

Meskipun hanya usaha rumahan, bukan berarti bisa dianggap remeh dan enteng. Faktanya, banyak usaha besar yang berhasil sukses berawal dari usaha rumahan. Jika Anda ingin mencoba berbisnis dengan modal minim, coba usaha rumahan modal 50 ribu yang menguntungkan.

Rekomendasi Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

Tidak semua bisnis harus dimulai dengan modal yang besar. Banyak usaha rumahan modal 50 ribu namun tetap bisa meraup banyak untung. Di era digital seperti sekarang ini, modal bukanlah halangan utama karena banyak usaha yang bisa dimulai hanya dengan 0 rupiah.

Pengepul Barang Bekas

Meskipun terkesan kurang keren karena harus berkutat dengan barang bekas setiap hari, jangan salah! Usaha ini bisa dibilang dapat memberikan untung yang lumayan. Apalagi modal yang diperlukan juga sangat minim dan bisa dimulai dengan modal hanya Rp50.000,00 saja.

Anda bisa melakukannya di rumah dan menjalin kerja sama dengan orang-orang yang mengumpulkan barang bekas. Setelah mendapatkan barang-barang bekas yang bisa dijual, Anda dapat menjualnya kembali ke pengepul yang lebih besar. Tanpa modal besar Anda tetap bisa untung.

Jualan Kue

Berjualan kue bisa menjadi salah satu usaha rumahan modal 50 ribu yang cukup mudah dilakukan namun tetap memberikan untung yang menggiurkan. Modal yang diperlukan adalah bahan-bahan untuk membuat kue seperti tepung terigu, tepung tapioka, gula pasir, mentega, dan lainnya.

Anda bisa menjual kue yang bisa dibuat sendiri dengan menggunakan peralatan seadanya. Jika belum memiliki oven, tidak harus memaksakan diri untuk membuat kue yang harus menggunakan oven. Anda bisa memanfaatkan pemanggang atau panci kukus yang biasa digunakan untuk masak.

Baca Juga:  2 Cara Daftar m-Banking BRI Mudah dan Cepat

Keripik

Keripik merupakan salah satu jenis makanan ringan atau cemilan yang banyak diminati orang-orang. Keripik sangat cocok untuk dijadikan teman ngemil, ngeteh, ngobrol, nonton tv, hingga baca buku. Anda bisa memulainya dengan modal 50 ribu dan membelinya di tempat grosir keripik.

Setelah mendapatkan barang yang akan dijual, bungkus kembali makanan ringan tersebut menjadi bungkusan yang lebih kecil-kecil. Anda bisa menjualnya kepada tetangga, teman-teman sekolah, teman kantor, menitipkan ke warung, atau menjualnya secara online.

Dropshipper/Marketer

Memang Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli barang dagangan dengan sistem dropshipper atau marketer ini. Namun, tetap saja Anda membutuhkan modal kuota agar tetap bisa mengakses informasi produk dan menjual produk tersebut secara online.

Menjadi dropshipper/marketer bisa dibilang sangat menggiurkan jika Anda jeli melihat peluang pasar. Carilah produk yang sedang ngetren dan dibutuhkan oleh masyarakat untuk dijual kembali. Anda bisa mengambil keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli produk yang didapat dari supplier.

Jualan Bros, Kalung, Gelang, dan Aksesoris Lainnya

Berjualan aksesoris menjadi bisnis yang bisa dibilang cukup menguntungkan. Dengan modal minim mulai dari Rp50.000,00 Anda sudah bisa mulai berjualan. Cara berjualannya bisa dengan memasarkannya kepada tetangga atau orang terdekat. Untuk pasar lebih luas bisa secara online.

Anda bisa membuat sendiri aksesoris yang akan dijual dengan modal membeli bahan. Namun, jika tidak memiliki banyak waktu untuk membuatnya Anda bisa membeli aksesoris tersebut dengan harga grosir lalu menjualnya kembali. Pilih aksesoris dan pernak-pernik lucu yang unik dan menarik.

Jasa Mengetik

Jika Anda memiliki kemampuan mengetik cepat 10 jari, maka Anda bisa menawarkan jasa ini kepada orang lain. Target pasarnya utamakan anak-anak sekolah karena yang sering mendapatkan tugas biasanya adalah pelajar atau mahasiswa. Selama Anda memiliki komputer bisnis ini bisa dijalankan.

Baca Juga:  10+ Inspirasi Usaha yang Menjanjikan dan Banyak Diminati

Anda cukup bermodalkan kertas untuk nge-print hasil ketikan tersebut. Anda bisa memanfaatkan jejaring sosial media atau promosi dari mulut ke mulut kepada orang-orang disekitar. Semakin banyak pelanggan yang berdatangan, maka akan semakin banyak keuntungan yang Anda dapatkan.

Katering

Bisnis katering bisa dibilang cukup menjanjikan khususnya di lingkungan perkotaan. Hal ini dikarenakan orang-orang mungkin sudah mulai jarang memasak untuk keluarganya baik sarapan, makan siang, maupun makan malam. Mereka akan lebih sering membeli jika sibuk bekerja.

Anda bisa mengambil kesempatan ini sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Jika tidak ada modal, Anda bisa membuat sistem PO. Artinya, Anda baru akan membuat pesanan katering jika pembeli sudah membayar terlebih dahulu. Anda pun akan terhindar dari resiko rugi.

Kerajinan Tangan/Handycraft

Bisnis ini bisa dibilang cukup menarik. Kreativitas Anda akan teruji untuk membuat produk kerajinan tangan yang unik dari bahan-bahan yang ada. Anda bisa berkreasi menggunakan barang bekas tidak terpakai atau membeli bahan-bahan untuk handycraft atau hiasan ala do it yourself (DIY).

Cara membuatnya bisa Anda lihat dan pelajari dari video-video di Youtube atau tutorial di website. Bahan-bahannya juga bisa didapatkan dengan mudah. Contoh kerajinan tangan yang bisa dibuat seperti hiasan bunga, celengan, dompet, hiasan dinding, dan lain sebagainya.

Tanaman Hias

Tanaman hias kini memang tengah digandrungi banyak orang karena sejak pandemi orang-orang dituntut untuk lebih banyak di rumah. Untuk mengisi kegiatan agar tidak cepat bosan, mereka pun akhirnya mencoba berkebun untuk membuat suasana rumah lebih nyaman dan homey.

Anda bisa memanfaatkan ini sebagai peluang bisnis. Caranya bisa dimulai dengan menanam sendiri tumbuhan yang sedang hits dengan bibit tanaman yang diinginkan. Rawat tumbuhan tersebut hingga tumbuh dan siap untuk dijual.

Baca Juga:  12 Macam Kode Paket Murah Telkomsel 30GB Hanya 70 Ribu

Bisnis Fashion Bekas (Thrift)

Menjual baju bekas tak lagi menjadi sesuatu yang aneh. Jika baju tersebut masih bagus dan layak pakai, maka bisa dimanfaatkan untuk dijual kembali daripada dibuang ke tempat sampah. Bisnis thrift bisa dibilang cukup menjanjikan, karena modalnya minim.

Anda bisa menjual baju-baju preloved yang sudah tidak terpakai atau mengajak teman untuk ikut mengumpulkan barang preloved yang bisa dijual kembali. Bisnis ini juga bisa merambah pasar impor-ekspor dengan cara mendatangkan barang thrift dari luar negeri lalu menjualnya dari rumah.

Angkringan

Jika belum memiliki gerobak untuk tempat menjual makanan khas angkringan, Anda bisa memanfaatkan meja dan kursi yang ada di rumah untuk menjual nasi, gorengan, sate, dan lainnya. Modal yang diperlukan pun bisa dibilang tidak terlalu banyak.

Anda bisa berjualan makanan sehari-hari seperti nasi teri, nasi jamur, nasi bakar, nasi ayam suir, gorengan, sate telur, sate ayam, teh hangat, kopi, dan lain sebagainya. Jika tempat Anda berjualan angkringan ramai, maka orang-orang pun akan tertarik dan berdatangan.

Jasa Potong Rambut

Tidak semua orang bisa memotong rambut orang lain dengan bagus, apalagi jika harus memotongnya sendiri. Anda bisa menjadikan kebutuhan ini sebagai peluang bisnis yang bagus dengan membuka jasa potong rambut dari rumah.

Anda bisa menawarkan ke tetangga atau kerabat dekat terlebih dahulu. Cukup bermodalkan gunting, sisir, dan alat cukur maka Anda sudah bisa memulai usaha ini. Jika modal sudah terkumpul lebih banyak, Anda bisa membuka outlet untuk potong rambut.

Penutup

Usaha rumahan modal 50 ribu bisa dibilang mudah untuk dimulai. Tinggal bagaimana tekad Anda untuk menjalankannya agar kelak usaha rumahan tersebut bisa sukses. Jika Anda memiliki beberapa usaha rumahan modal 50 ribu lainnya silahkan sharing dikolom komentar dibawah.

Satu pemikiran pada “10+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu yang Patut Dicoba”

Tinggalkan komentar