Beberapa Keuntungan Cek Merek Dagang Bagi Perusahaan

Keuntungan cek merek dagang juga menjadi suatu informasi yang memang harus Anda ketahui. Setiap perusahaan baik perusahaan jasa ataupun perusahaan dagang pastinya harus memiliki merek tersendiri. Hal ini dikarenakan, merk merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap perusahaan dan perlu diingat bahwa setiap perusahaan pastinya berbeda-beda sesuai dengan perusahaan tersebut.

Seperti Anda ketahui, bahwa merk merupakan tanda, baik yang berupa gambar, huruf, kata-kata, angka, kombinasi dari berbagai unsur, susunan warna, nama dan lain sebagainya yang dianggap memiliki daya pembeda yang digunakan dalam kegiatan perdagangan barang dan jasa.

Definisi Cek Merek Dagang

Menelusuri atau mengecek merek dagang memang sangat wajib untuk dilakukan terlebih dahulu. Dengan tujuan agar memastikan bahwa nama merek, warna merek ataupun logo merek tersebut sebelumnya tidak pernah terdaftar atau tidak terdata di dalam database Dirjen kekayaan intelektual.

Tujuan inti dilakukannya kegiatan mengecek merek dagang ini yaitu untuk memastikan bahwa logo, warna ataupun nama merek yang sudah Anda persiapkan tersebut tidak memiliki kesamaan sedikitpun dengan merek dagang yang lainnya.

Keuntungan Cek Merek Dagang

Seperti yang Anda ketahui, bahwa keberadaan merek yang sudah terdaftar secara resmi memang dipercaya mampu meningkatkan image perusahaan, baik di mata masyarakat ataupun pemerintah.

Baca Juga:  2 Cara Membuat m-Banking BNI dengan Mudah

Untuk lebih jelasnya di bawah ini akan disebutkan beberapa keuntungan cek merek dagang yang akan didapatkan oleh perusahaan.

Menghindari Kemungkinan Adanya Tuduhan Plagiarisme

Bagi setiap perusahaan baru, memang mengecek merek dagang terlebih dahulu sebelum mengajukan permohonan pada Dikjen HKI untuk diresmikan memang sangat perlu dilakukan. Hal ini dikarenakan, saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan atau organisasi yang ada, baik di Indonesia maupun mancanegara.

Dengan melakukan pengecekan merek dagang ini, maka akan menghindari berbagai kesamaan yang mungkin ada pada merek tersebut. Inilah yang menjadi salah satu keuntungan cek merek dagang bagi perusahaan.

Perusahaan Akan Mampu Mempermudah Konsumen

Secara umum, merk akan digunakan untuk menciptakan persepsi positif dari para konsumen. Tak bisa dipungkiri bahwa mayoritas masyarakat akan membeli barang dengan cara melihat covernya terlebih dahulu. Jika memang covernya meyakinkan, maka pasti mereka akan membeli.

Maka dari itu, bisa dipastikan bahwa setiap perusahaan baru memang harus memiliki merek yang khas. Sehingga nantinya, saat para konsumen ingin membeli produk Anda untuk kedua kalinya, mereka tidak salah dalam memilih produk karena Anda sudah memiliki merek tersendiri yang berbeda dengan perusahaan lain.

Meningkatkan Citra Masyarakat

Keuntungan cek merek dagang selanjutnya yaitu bisa meningkatkan citra masyarakat. Hal ini dikarenakan, salah satu manfaat cek merek dagang yaitu agar bisa mengetahui informasi mengenai sebuah produk.

Baca Juga:  5 Tips Membangun Personal Branding di Facebook

Dengan begitu, maka mampu meningkatkan citra masyarakat untuk mempercayakan transaksi jual beli pada perusahaan yang Anda miliki. Selain itu, merek yang sudah terdaftar secara resmi juga bisa mempermudah Anda selaku pemilik bisnis untuk melakukan proses pemesanan, baik pemesanan bahan baku ataupun lain sebagainya.

Menumbuhkan Kepercayaan Masyarakat

Perlu Anda ketahui bahwa merk juga bisa berperan untuk menjaga kestabilan harga produk. Dengan harga produk yang stabil tersebut, maka bisa menumbuhkan loyalitas pembeli. Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa dengan adanya merek perusahaan yang sudah Anda kembangkan tersebut bisa dipercaya oleh masyarakat luas.

Cara Mendaftarkan Merek Dagang

Setelah mengetahui beberapa keuntungan cek merek dagang di atas tentunya Anda sebagai pemilik perusahaan baru juga harus mengetahui cara mendaftarkan merek dagang tersebut di Hak Kekayaan Intelektual. Karena saat ini masih masa pandemi, maka Anda bisa melakukan pendaftaran merek dagang tersebut secara online dengan cara berikut ini.

  1. Tahap awal, pengecekan merek. Silahkan Anda email ke cs@patendo.com- Nama merek yang akan Anda daftarkan.
    – Jenis barang / jasa / usaha berupa apa saja.
    – Nama pendaftar.
    – Nomer telpon / WA.
  2. Email akan direply 1 sampai 3 jam ( dijam kerja) dan Anda akan diminta untuk transfer biaya pengecekan merek. Logo bisa anda email setelah pengecekan merek sudah selesai. Perorangan bisa juga mendaftar merek.
  3. Segera email bukti transfer ke cs@patendo.com
  4. Tim Hak Kekayaan Intelektual akan email hasil pengecekan merek dalam 2 hari kerja setelah Anda email bukti transfer.
  5. Apabila hasil pengecekan ada kesamaan dengan merek yang sudah ada maka diperlukan pengecekan merek ulang dengan biaya Rp 100.000. Apabila sudah ada merek yang sama dijenis usaha yang sama maka pendaftaran merek nantinya bisa ditolak.
  6. Apabila pengecekan merek hasilnya kosong maka merek bisa didaftarkan dan Anda akan diminta untuk mentransfer biaya pendaftaran merek.
  7. Harap kirim segera bukti transfer ke cs@patendo.com selanjutnya Anda mengisi data pendaftar lewat email.
  8. Setelah dokumen yang Anda tandatangani telah diemail maka pendaftaran merek akan selesai dalam 3 hari kerja. Merek yang sudah didaftarkan akan mendapatkan nomor permohonan pendaftaran merek dari Dirjen HKI.
  9. Setelah merek mendapatkan persetujuan dari Dirjen HKI, pendaftar akan mendapat sertifikat merek dari Dirjen HKI sekitar 2,5 tahun. Penerbitan sertifikat merek wewenang Dirjen HKI.
  10. Merek bisa langsung digunakan setelah didaftarkan tanpa harus menunggu terbitnya sertifikat merek.
Baca Juga:  15+ Jenis Ide Agribisnis yang Patut Anda Pertimbangkan

Penutup

Demikianlah informasi seputar keuntungan cek merek dagang bagi perusahaan yang harus Anda ketahui. Selain itu, di atas juga sudah disebutkan berbagai informasi lainnya seperti cara daftar dan definisi dari cek merek dagang. Setelah mengetahui beberapa keuntungan yang sudah disebutkan di atas, maka Anda tidak perlu khawatir lagi atau ragu untuk mengecek merek dagang Anda dan mendaftarkannya.

Tinggalkan komentar