7 Manfaat dan Efek Samping Bunga Saffron untuk Ibu Hamil

Belakangan ini, saffron telah menjadi pembicaraan masyarakat karena dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, dan juga termasuk untuk ibu yang sedang hamil. Rempah-rempah dari bunga Crocus Sativus ini mulanya digunakan untuk penyedap makanan, dan untuk permen. Tetapi karena mempunyai manfaat yang bermacam-macam, saffron akhirnya menjadi obat alami yang dipercayai bisa mengatasi beragam keluhan kesehatan, termasuk juga pada bumil.

Tetapi, apakah aman mengkonsumsi saffron pada saat sedang hamil? Mengkonsumsi saffron ketika hamil biasanya aman-aman saja. Tetapi karena tiap-tiap kondisi kesehatan ibu hamil berbeda-beda, dibutuhkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum menggunakan saffron.

Manfaat Bunga Saffron untuk Ibu Hamil

Di balik harganya yang mahal, apakah bunga saffron mempunyai manfaat yang benar-benar ada? Berikut ini Taukan.com telah merangkum manfaat bunga saffron untuk ibu hamil.

Mengontrol perubahan suasana hati

Mengontrol perubahan suasana hati

Salah satu khasiat bunga saffron bagi ibu hamil adalah mengatasi perubahan suasana hati. Ketika hamil, perubahan hormon membuat seorang perempuan mudah sekali sedih dan atau bahagia. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung saffron, dengan itu perubahan suasana hati yang dialami cenderung bisa lebih terkontrol. Karena saffron mempunyai sifat antidepresan sehingga bisa membantu mengatasi perubahan suasana hati selama kehamilan.

Baca Juga:  5 Cara Mengecek Tagihan BPJS dengan Mudah

Menurunkan tekanan darah

Menurunkan tekanan darah

Mengkonsumsi minuman atau makanan yang mengandung saffron dapat membantu mengatasi tekanan darah ibu hamil. Ada penelitian yang menunjukkan jika kandungan crocetin dan kalium yang ada pada saffron bisa membantu anda menurunkan tekanan darah.

Meringankan gejala morning sickness

Meringankan gejala morning sickness

Morning sickness adalah keluhan yang dirasakan ibu hamil pada saat 3 bulan pertama kehamilan. Jika ada bumil yang mengalaminya, bisa menjadikan saffron untuk solusi mengatasi dan meredakan morning sickness yang ibu alami. Saffron diyakini bisa mengatasi mual serta meredakan pusing ketika menderita morning sickness.

Baik untuk pencernaan

Baik untuk pencernaan

Keluhan kehamilan yang lainnya mungkin dirasakan ibu selama masa kehamilan adalah kembung serta sembelit. Sembelit dan kembung ketika hamil bisa terjadi karena sebab perubahan hormon, dan juga perkembangan janin yang memberikan tekanan di saluran cerna. Saffron bisa dijadikan obat tradisional bagi ibu hamil untuk mengatasi keluhan ini. Saffron bisa meningkatkan aliran darah pada sistem pencernaan serta meningkatkan metabolisme ibu hamil sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan pada saluran cerna ibu hamil.

Baca Juga:  5 Cara Cepat Hilangkan Bekas Jerawat yang Hitam

Mengurangi kram

Mengurangi kram

Saat janin di dalam Rahim tumbuh dalam kandungan, otot dan tulang bumil akan meregang untuk menyokong perkembangan janin di dalam kandungan. Hal tersebut kadang menyebabkan munculnya rasa sakit dank ram pada persendian dan perut bumil selama kehamilan. Manfaat saffron bisa dijadikan sebagai obat menghilangkan rasa sakit yang alami, dan menenangkan sakit maupun kram yang bumil derita saat hamil.

Memenuhi kebutuhan zat besi

Memenuhi kebutuhan zat besi

Ketika hamil, bumil harus memastikan agar asupan zat besi dapat terpenuhi dengan baik supaya terhindar dari anemia. Karena asupan zat besi yang cukup bisa mencegah bumil melahirkan bayi premature dan berat badan rendah. Untuk bisa memenuhi kebutuhan asupan zat besi selama hamil, bumil bisa mengkonsumsi bermacam-macam jenis makanan yang banyak mengandung zat besi, seperti saffron. Saffron adalah salah satu rempah-rempah yang kaya akan zat besi sehingga bisa membantu meningkatkan haemoglobin yang mencegah terjadinya anemia saat hamil.

Membuat tidur lebih nyenyak

Membuat tidur lebih nyenyak

Peningkatan hormon dan perubahan pada tubuh yang terjadi disaat kehamilan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, termasuk bisa menyebabkan bumil susah untuk tidur. Bumil yang mengalami kesulitan tidur bisa mengkonsumsi susu atau teh yang dicampurkan dengan bunga saffron agar dapat membantu mengatasi kesulitan tidur tersebut. Saffron bisa dijadikan “obat penenang” sehingga bisa membuat tubuh mama agak rileks sehingga dapat tidur lebih nyenyak.

Baca Juga:  Hidup Sehat Bersama Cataro dari Pyfahealth.com

Sadari Efek Samping Bunga Saffron bagi Ibu Hamil

Meskipun saffron mempunyai beragam manfaat dan khasiat bagi ibu hamil, mengkonsumsi minuman atau makanan yang mengandung saffron saat hamil juga ada beberapa efek sampingnya. Efek samping yang bisa ditimbulkan adalah merasakan kontraksi uterus yang mungkin bisa menyebabkan keguguran, tetapi sangat sedikit kasus seperti ini. Biasanya hal ini terjadi karena salah informasi tentang takaran saji saffron yang aman untuk dikonsumsi. Ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi saffron lebih dari 10 gram supaya terhindar dari keguguran, utamanya pada 3 bulan pertama masa kehamilan.

Selain bisa menyebabkan keguguran, efek samping lainnya yang mungkin timbul antara lain mual, pusing dan muntah, serta hilang keseimbangan, sakit kepala dan mulut kering. Bumil disarankan untuk segera ke dokter untuk berkonsultasi kalau mengalami hal tersebut setelah mengkonsumsi saffron.

Penutup

Itulah beberapa manfaat bunga saffron untuk ibu hamil dan juga efek sampingnya. Supaya lebih aman, Ibu hamil sebaiknya konsultasi dulu ke dokter dan mencari informasi yang benar tentang cara dan takaran saji yang baik untuk kesehatan bumil sebelum menggunakannya.

Tinggalkan komentar