7 Tips Merawat Konsol Nintendo Switch Agar Awet

Konsol Nintendo Switch akhir-akhir ini semenjak masa pandemi menjadi konsol idaman yang angka penjualannya meningkat tajam dan menjadi konsol nomor satu di antara konsol pesaingnya. Tapi tahukah Anda kalau Nintendo Switch itu tidak memiliki distributor resmi di Indonesia? Semua konsol yang beredar di Indonesia merupakan konsol yang diimpor langsung dari negara asalnya Jepang atau Amerika Serikat.

Tips Merawat Nintendo Switch

Karena hal ini membuat konsol Anda tidak akan bisa mendapatkan garansi secara resmi apabila mengalami kerusakan walaupun memang sudah banyak jasa reparasi Nintendo Switch di Indonesia khususnya di Jakarta. Oleh karena itu, Anda harus tahu tips-tips apa saja untuk merawat konsol Nintendo Switch Anda agar tetap awet dan tidak cepat rusak.

Gunakan Part Original

Saat Anda menggunakan sebuah alat yang menggunakan teknologi apalagi teknologi masa kini maka sebaiknya selalu gunakan part yang original karena sudah terjamin kualitasnya.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Masalah Sakit Tulang Belakang yang Menyakitkan

Menurut blog game anakdomba.id, walaupun konsol Nintendo Switch tidak mempunyai distributor resmi di Indonesia tetapi spare part atau aksesori original Nintendo Switch sudah banyak dijual di pasaran. Part original yang dimaksud di sini adalah seperti pro controller, charger dan kabelnya, memory card ataupun juga konsol itu sendiri (tidak bajakan).

Lihat Waktu Bermain

Selalu perhatikan waktu Anda bermain, jangan sampai menggunakan konsol sampai berjam-jam tanpa istirahat. Selain tidak baik untuk kualitas hidup Anda juga tentunya tidak baik untuk umur konsol itu sendiri. Walaupun konsol itu robot tapi masih butuh istirahat karena komponen elektronik yang terlalu panas akan semakin cepat mengalami kerusakan.

Lamanya waktu bermain yang paling ideal adalah 2-3 jam untuk sekali bermain, jika ingin bermain lebih dari itu disarankan untuk memberikan jeda waktu.

Perhatikan Cara Mengecas

Sama halnya dengan ponsel yang Anda gunakan sehari-hari, karena konsol Nintendo yang satu ini merupakan konsol hybrid yang bisa diubah menjadi mode handheld sehingga ada baterai yang digunakan sebagai sumber dayanya. Satu kali pengecasan selama kurang lebih 2 jam bisa bertahan hingga 6 jam dalam pemakaian non-stop.

Baca Juga:  6 Cara Ampuh Mengatasi Android Lemot

Tips saat mengecas adalah sebaiknya jika konsol sudah terisi penuh segera cabut kabel charger agar tidak ada daya yang masuk lagi. Selain itu juga sama seperti poin nomor 1 yaitu selalu gunakan charger original Nintendo agar lebih awet.

Gunakan Pro Controller

Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah adanya kondisi drifting pada joycon Nintendo Switch baik itu yang versi lite maupun versi regulernya. Masalah ini dikarenakan kemungkinan memainkan jenis game yang bisa dibilang bar-bar sehingga analog lama kelamaan akan rusak.

Untuk mengantisipasinya adalah sebaiknya menggunakan pro controller karena selain genggamannya lebih baik juga joypad yang digunakan sudah lebih kuat dibandingkan dengan joycon.

Gunakan Aksesori

Blog anakdomba.id juga pernah memberikan informasi mengenai aksesori-aksesori yang sudah banyak dijual di pasaran untuk menjaga kondisi konsol tetap dalam keadaan baik dan mulus. Sebagai contoh, gunakan pouch yang berbahan keras untuk menyimpan konsol Anda.

Kenapa? Karena jika Anda misalnya membawanya di dalam tas tapi tidak menggunakan pouch maka analog akan sangat mudah tertekan oleh benda-benda lain di dalam tas yang bisa mengakibatkan kondisi drifting tadi.

Baca Juga:  8 Alasan Pentingnya Email Profesional untuk Bisnis

Metode Penyimpanan

Jangan pernah menyimpan konsol di ruangan yang berdebu seperti ruangan yang agak terbuka ke lingkungan luar agar debu tidak masuk dan menumpuk di dalam konsol, simpan konsol di ruangan dengan suhu normal sehingga tidak ada panas berlebih yang bisa lama kelamaan merusak komponen elektronik.

Jauhkan dari Jangkauan Anak Kecil

Konsol tidak cocok dimainkan oleh anak kecil berumur di bawah lima tahun karena selain konsolnya yang akan terasa berat buat anak kecil untuk dipegang juga komponen dan bodi konsol Nintendo Switch ini bisa dibilang ringkih terutama di bagian joyconnya. Sehingga untuk menghindari kerusakan bodi dan part sebaiknya konsol ini dimainkan oleh minimal anak kecil yang sudah masuk sekolah.

Penutup

Itulah tadi tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga keawetan konsol Nintendo Switch Anda. Walaupun kita tahu harga spare part dan aksesori Nintendo tidaklah murah tapi mau tidak mau Anda harus menjaga dan merawat konsol Anda masing-masing agar tidak menjadi rusak dan justru membutuhkan dana yang lebih besar lagi untuk memperbaikinya.

Tinggalkan komentar