5 Tips Optimasi Core Web Vitals Terbaru

Pada bulan Mei 2021 yang lalu Google mengumumkan, bahwa core web vitals sekarang menjadi salah satu faktor perankingan. Awalnya, core web vitals bukan merupakan faktor perankingan di tahun-tahun sebelumnya tetapi apa yang terjadi?

Menurut Google, sebagian besar situs mengalami masalah dengan pengalaman pengguna, dan itu memengaruhi kecepatan dan kinerja situs, ini benar dalam banyak kasus.

Secara statistik, waktu yang dihabiskan orang di blog atau website rata-rata turun antara 1 menit hingga 2 menit, tergantung pada banyak faktor. Jadi apakah ini berarti pengalaman kecepatan halaman sekarang akan menjadi bagian dari SEO?

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, core web vitals bukanlah faktor SEO, itu jatuh ke dalam perspektif yang berbeda. Tetapi sekarang algoritma Google menjadikan ini bagian dari SEO. Ingatlah bahwa core web vitals berfokus terutama pada kecepatan halaman dan pengalaman pengguna.

Jadi ini entah bagaimana akan meningkatkan ranking Anda, tetapi itu tidak berarti situs Anda akan secara otomatis muncul di halaman pertama. Akankah pembaruan inti Google baru berdampak pada sebagian besar situs?

Ya, sudah, banyak blog dan website yang kehilangan ranking, ketika Google mencoba menguji pembaruan pada 22 Mei 2021, jika Anda baru memulai blog baru atau akan meluncurkan situs Anda maka tidak ada rasa takut.

Artikel ini akan memberikan semua panduan yang diperlukan untuk membantu Anda mengoptimasi core web vitals Anda. Sekarang mari kita langsung ke intinya.

Topik diskusi hari ini adalah tentang core web vitals dan cara meningkatkan kecepatan halaman Anda. Tetapi sebelum kita mulai, mari kita bicara tentang vital web inti terlebih dahulu, dan mengapa itu penting.

Apa itu Core Web Vitals?

Apa itu Core Web Vitals

Core web vital adalah pembaruan Google untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Inti ini sangat penting karena memberikan pengalaman pengguna dengan mengevaluasi kecepatan halaman dan respons dari suatu website. Ada tiga bagian core web vitals yang diperlukan untuk kecepatan dan kinerja halaman yang optimal:

  • Largest Contentful Paint (LCP)
  • First Input Delay (FID)
  • Cumulative Layout Shift (CLS)
Baca Juga:  Daftar 9 Tema WordPress Gratis Terbaik

Largest Contentful Paint (LCP)

Larget Contenful Paint adalah metrik pemuatan halaman yang digunakan untuk mengidentifikasi kecepatan pemuatan halaman untuk pengalaman pengguna yang lebih baik dengan menghitung kecepatan pemuatan elemen terbesar di halaman website.

First Input Delay (FID)

First Input Delay dihitung berdasarkan interaksi pengguna dengan website untuk pertama kalinya, yaitu pertama kali pengguna mengklik elemen website seperti tombol atau tautan untuk melihat dan berapa lama waktu yang dibutuhkan browser untuk merespons perpindahan pengguna.

Cumulative Layout Shift (CLS)

Cumulative Layout Shift mengacu pada pergeseran elemen website setelah memuat, memperkirakan waktu kumulatif yang dibutuhkan semua elemen pergeseran dalam 500 ms dari interaksi pengguna dengan website.

Setelah Anda lulus semua penilaian, situs Anda akan diacungi jempol. Periksa core web vitals Anda jika Anda sudah memiliki blog ataupun website.

Tips Optimasi Core Web Vitals

Tips Optimasi Core Web Vitals

Website memiliki kesalahan umum dan masalah pengembangan yang perlu diperiksa dan diperbarui secara konsisten untuk memenuhi penilaian core web vitals. Jadi mari kita lihat beberapa rekomendasi terbaik untuk meningkatkan kecepatan website.

Pilih Hosting yang Bagus

Selain mengoptimalkan situs WordPress Anda, ada hal lain yang perlu Anda lakukan pada saat yang sama, memastikan bahwa Anda memiliki perusahaan hosting yang handal. Setiap situs membutuhkan hosting yang baik, dan memilih penyedia hosting yang tepat adalah salah satu aspek yang paling penting. Beberapa perusahaan hosting yang terkelola terbaik dan dipercaya oleh kalagan rekan – rekan blogger:

Baca Juga:  Cara Setting Plugin LiteSpeed Cache di WordPress Terbaru

Salah satu di atas sangat disarankan untuk menghosting website Anda, tetapi jika website Anda menerima traffic dalam jumlah yang tinggi, maka saya akan menyarankan untuk menggunakan VPS. Berikut Rekomendasi VPS yang sering digunakan untuk para blogger:

Pilih Tema WordPress yang Bagus

Tema WordPress yang bagus adalah cepat, ringan, dan mudah digunakan. Banyak tema berisi script dan css yang berat, jadi mengubah tema Anda secara terus-menerus dapat menimpa script PHP yang ada dan dapat menyebabkan situs Anda melambat atau memengaruhi kecepatan pemuatan halaman, ini bahkan dapat merusak pemuatan server.

Setelah menginstal WordPress saatnya untuk menginstal tema kita pertama kali, yang saya rekomendasikan adalah Astra dan GeneratePress. Jangan ubah tema Anda saat ini jika sudah digunakan, Anda dapat kehilangan traffic karena melakukan hal ini.

Gunakan Plugin Cache

Apakah Anda menghadapi masalah pemuatan kecepatan lambat di website Anda? Apakah Anda ingin mempercepat website Anda dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, layanan berkualitas lebih baik?

Lebih dari 70% pengunjung Anda mengharapkan kecepatan pemuatan website kurang dari 4 detik. Jadi di situlah plugin cache memainkan peran penting untuk meningkatkan kecepatan dan kinerja website Anda. Jadi bagaimana mereka bekerja?

Plugin cache dapat menghindari banyak langkah yang tidak perlu setiap kali website Anda dimuat, ini juga meningkatkan kecepatan website Anda dengan membuat file statis pada disk. Setiap kali pengguna mengunjungi website Anda, plugin ini menempatkan versi file yang lebih ringan daripada script PHP yang berat dan langsung memuat website Anda. Plugin cache menangani hal berikut:

  • Menghapus CSS dan Javascript yang tidak digunakan
  • Mengoptimalkan dan mengubah ukuran gambar
  • Meminimalkan permintaan http
  • Menghilangkan sumber daya pemblokiran render
  • Memperkecil CSS, Javascript, dan html
Baca Juga:  Apa Itu SEO? Pengertian Beserta Penjelasannya Lengkap

Memang banyak plugin cache pada WordPress, namun sejauh ini saya rasa cukup menggunakan plugin gratis seperti Litespeed Cache ataupun Autoptimize.

Tambahkan CDN

Content Delivery Network (CDN), membantu mengirimkan konten, CSS, Javascript, dan gambar Anda secara efisien dari berbagai lokasi di seluruh dunia dengan ketersediaan tinggi dan kinerja tinggi, dengan menyajikan konten dari lokasi yang sedekat mungkin dengan pengunjung Anda.

Memanfaatkan content delivery network adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kecepatan website Anda. Cara kerjanya adalah dengan menyalin konten Anda di beberapa server yang berlokasi strategis di seluruh dunia, jadi begitu orang mengunjungi situs Anda, konten yang diinginkan akan dikirimkan dari layanan terdekat, yang meningkatkan kecepatan sebagian besar.

Meskipun ada banyak penyedia CDN yang tersedia, yang terbaik yang sangat saya rekomendasikan adalah Bunny CDN, mudah digunakan, terjangkau, dan ramah di kantong.

Kesimpulan

Meningkatkan dan mengoptimalkan core web vitals untuk website Anda memainkan peran penting dalam kecepatan halaman, pengalaman pengguna, dan perankingan. Semoga artikel ini dapat membantu mengoptimalkan core web vitals website Anda dengan baik.

Selain itu harus diingat, bahwa setiap website memiliki sweet spot settingan yang berbeda beda. Jadi tetaplah mencoba – coba settingan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika ada pertanyaan silahkan kirim pertanyaan Anda di kolom komentar dibawah, terimakasih.

Tinggalkan komentar