15+ Jenis Ide Agribisnis yang Patut Anda Pertimbangkan

Setiap tahun selalu ada trend bisnis baru yang menghebohkan dunia. Namun, ada satu bisnis yang tidak pernah mati. Bisnis yang tidak pernah mati tersebut adalah agribisnis. Pengertian agribisnis sendiri adalah bisnis dengan dasar pertanian atau peternakan.

Alasan Memilih Bidang Agrisbisnis

Alasan Memilih Bidang Agrisbisnis

Ada banyak sekali bidang dalam bisnis. Namun, bidang agribisnis selalu menguntungkan setiap tahunnya karena alasan berikut ini:

Ramai Pembeli

Bidang agribisnis meliputi penanaman bahan pokok, seperti beras dan sayur hingga bidang peternakan, seperti ayam atau sapi. Semua bahan pokok harus melalui bidang agribisnis terlebih dahulu sebelum bisa dijual. Hal ini membuat produk bidang agribisnis pasti selalu laku.

Bisa Dimulai dengan Modal Kecil

Modal untuk memulai agribisnis cukup terjangkau. Anda bahkan bisa memulai tanpa memiliki tanah jika ingin memulai bisnis tanaman. Anda bisa menggunakan sistem hidroponik di salah satu ruangan rumah Anda.

Ide Agribisnis sebagai Pertimbangan

Ide Agribisnis sebagai Pertimbangan

Jika dilihat dari dua alasan utamanya, bidang agribisnis berpotensi membuat Anda menjadi kaya. Modal yang kecil dengan potensi pasar yang besar akan membuat keuntungan yang Anda dapat kan menjadi besar. Namun, ide agribisnis apa yang harus Anda jalankan?

Budidayakan Sayur Organik

Pengetahuan masyarakat terhadap kesehatan kian meningkat. Hal ini juga berpengaruh terhadap makanan yang dipilih. Seperti namanya, sayuran organik ditumbuhkan menggunakan bahan-bahan organik sehingga lebih aman dikonsumsi.

Baca Juga:  Beberapa Keuntungan Cek Merek Dagang Bagi Perusahaan

Sayuran organik tentu memiliki harga yang lebih mahal sehingga Anda harus membidik pasar kalangan ekonomi menengah hingga atas.

Budidayakan Buah Organik

Selagi menanam sayur organik, Anda juga bisa menanam buah organik. Prinsip kerja kedua tanaman ini sama saja. Harga buah organik tentu lebih mahal dibandingkan buah biasa.

Budidayakan Jamur

Salah satu ide agribisnis terbaik yang dapat Anda lakukan adalah membudidayakan jamur. Jamur, khususnya jamur tiram sangat disukai masyarakat Indonesia. Anda tidak membutuhkan lahan yang luas untuk mengembangkan jamur. Cukup gunakan satu ruangan kecil di rumah Anda.

Menanam Padi

Anda sudah tahu kalau beras adalah makanan pokok di Indonesia. Bercocok tanam padi memiliki risiko gagal yang sangat kecil. Untuk menanam padi, pastinya Anda membutuhkan sawah yang sedikit lebih besar dibandingkan budidaya tanaman lainnya.

Menanam Rempah

Selain makanan pokok, Anda juga bisa menjual bumbu masakan karena memiliki peluang penjualan yang sama besar dengan makanan pokok. Anda dapat menanam jahe, lengkuas, bawang, kunyit, dan tanaman rempah lainnya. Anda juga dapat menjualnya langsung atau mengolahnya dulu menjadi bumbu halus.

Beternak Ayam Bangkok

Ada banyak kelebihan berbisnis ternak ayam bangkok, yaitu modalnya yang murah, bisa dijual sebagai ayam petarung atau ayam potong, dan bisa menjual telurnya.

Modal untuk ayam bangkok cukup murah karena Anda hanya perlu menyiapkan kandang kecil dan pakan. Ayam bangkok bisa dijual hingga ratusan ribu Rupiah. Selain itu, daging dan telur ayam juga makanan favorit di Indonesia.

Ternak Kroto

Ada sejenis semut yang disebut kroto. Jenis semut yang satu ini bisa berguna untuk masakan dan sangat berguna untuk kesehatan. Semu kroto juga bisa dijadikan pakan hewan.

Anda bisa memulai bisnis ternak kroto dengan modal nol Rupiah karena semut yang satu ini bisa didapatkan dari sarang semut. Sedangkan harga jual kroto bisa mencapai 23 ribu Rupiah.

Baca Juga:  10+ Ide Cara Menghasilkan Uang Melalui Website Terbaru

Berbisnis Ternak Sapi

Bisnis ternak sapi seperti tidak ada matinya karena setiap daging sapi menjadi salah satu daging favorit di Indonesia. Permintaan daging kambing akan semakin tinggi menjelang beberapa hari raya.

Beternak sapi lebih cocok kalau Anda tinggal di daerah dengan padang rumput yang masih sangat luas. Hal ini membuat Anda tidak perlu menyediakan banyak pakan untuk sapi.

Membudiyakan Tanaman Obat

Salah satu kebutuhan manusia yang tidak bisa ditolak adalah obat. Setiap orang harus menyediakan obat di rumah mereka masing-masing untuk keadaan mendesak. Tanaman obat akan selalu laku, terlebih kalau Anda bisa menjual ke pabrik obat dengan kebutuhan yang sangat banyak. Tanaman obat yang bisa Anda tanam adalah jahe, lidah buaya, dan daun cincau.

Bisnis Tanaman Hias

Meski bukan kebutuhan utama, tetapi tetap saja ada pangsa pasar untuk tanaman hias. Orang yang hobi mengumpulkan tanaman hias akan rela mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar.

Tanaman hias bisa terjual jutaan Rupiah tergantung dari jenis yang Anda jual. Modal yang Anda keluarkan tentu lebih murah jika menanamnya dari benih. Dengan sedikit kesabaran, Anda bisa mendapatkan untung berkali-kali lipat.

Bisnis Lebah Madu

Madu juga menjadi salah satu produk yang cukup dimintai masyarakat Indonesia. Orang yang peduli akan kesehatan biasanya mengonsumsi madu secara rutin. Dengan peluang ini, Anda dapat beternak lebah madu.

Lebah madu biasanya akan menghasilkan madu dalam waktu 2 minggu. Modal yang perlu keluarkan hanyalah sekitar 3 juta Rupiah untuk membeli mesin pemeras madu dalam sarang lebah madu.

Budidaya Cacing

Memang terdengar menjijikan dan meragukan, tetapi beternak cacing bisa memberikan untung yang sangat besar. Cacing bisa digunakan pakan beberapa ternak lainnya.

Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan modal untuk beternak cacing karena Anda bisa mencari cacing di sawah. Harga jualnya sangat tinggi, bisa mencapai 80 ribu Rupiah untuk 1kg.

Baca Juga:  4 Cara Menghasilkan Uang dari Instagram

Budidayakan Berbagai Jenis Ikan

Hampir semua jenis ikan disukai oleh masyarakat Indonesia. Anda dapat membudidayakan ikan nila, ikan lele, ikan patin, ikan bawal, dan banyak ikan lainnya. Semua jenis ikan tersebut memiliki harga yang cukup mahal di pasar.

Beternak Belut

Belut memiliki nutrisi yang sangat tinggi, tetapi masih sangat sedikit para peternak yang menangkap peluang ini. Harga belut bisa mencapai 85 ribu Rupiah. Anda hanya butuh kolam kolam dari drum atau terpal untuk merawat belut.

Menjual Bibit dan Pupuk

Kalau Anda memiliki keterbatasan dalam pengetahuan merawat atau tidak memiliki lahan yang luas, Anda tetap bisa memulai bisnis dalam bidang agribisnis. Anda bisa menjual menjadi penjual bibit dan pupuk dari para petani.

Dari cara ini, Anda bisa menaikkan keuntungan sendiri. Namun, ingat untuk mengikuti harga di pasar agar harga yang anda tawarkan dapat diterima oleh konsumen.

Beternak Lovebird

Meski bukan makanan, lovebird juga tetap memiliki pangsa pasar tersendiri yang rela mengeluarkan uang untuk membelinya. Anda juga dapat mengadakan perlombaan untuk lovebird agar konsumen semakin setia kepada Anda,

Budidayakan Udang Vaname

Usaha agribisnis terakhir yang harus Anda coba adalah budiaya udang vaname. Keuntungan bisnis udang vaname adalah modalnya yang kecil, mudah, dan untung yang besar.

Siapkan kolam terpal, indukan udang vaname, dan pakan. Dalam waktu 6 bulan, udang vaname akan siap Anda panen. Perawatannnya perlu Anda ketahui saja beberapa penyakit udang vaname yang mungkin menyerang, dipelajari lalu Anda bisa meminimalisir serta menanggulanginya sendiri.

Penutup

Itulah ide agribisnis yang mungkin bisa Anda coba. Manakah yang akan Anda jalankan? Sesuikan dengan kemampuan dan kondisi Anda saat ini.

Tinggalkan komentar